UK sebuah negara di Eropa menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Negara yang berbentuk Monarki Konstitusional itu membuat semua orang ingin berkunjung ke sana. Tapi tahukah kalian jika ternyata UK banyak menyumbang sumbangsih kepada dunia? Mungkin jika UK tidak pernah ada, 5 hal ini juga tidak akan pernah ada di dunia. Apa saja 5 hal tersebut? Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Asal Mula Studi Hubungan Internasional

Studi tentang Hubungan Internasional

Studi tentang Hubungan Internasional via https://www.youthmanual.com

UK adalah ibu dari banyak ilmu, salah satunya Ilmu Hubungan Internasional. Ilmu HI diciptakan sebagai salah satu cara menyelesaikan Perang Dunia Pertama hingga dibentuklah Liga Bangsa-Bangsa oleh Bapak Woodrow Wilson. Meski perang tidak bisa berakhir karena Perang Dunia Kedua muncul setelahnya tapi pemikiran tentang hubungan antar negara dijadikan sebuah di siplin ilmu yang dimulai di Aberystwyth, Universitas Wales (kini berubah menjadi Aberystwyth University).

Kini Ilmu HI sudah mudah kita jumpai di berbagai universitas di dunia, Indonesia salah satunya. Banyak perguruan tinggi di Indonesia berbondong-bondong membuka jurusan Hubungan Internasional. Coba bayangkan jika UK tidak ada mungkin Ilmu HI juga tidak akan pernah ada di dunia ini.

2. Jangan Harap Bisa Saling Menelpon

Telephone di UK

Telephone di UK via http://www.greeners.com

Advertisement

Siapa yang tidak tahu Alexander Graham Bell, sang penemu telepon? Kita patut berterimakasih kepada ilmuwan dari UK tersebut. Melalui telepon, teknologi lain bisa dikembangkan. Kita tidak perlu repot-repot mengirim pesan lewat burung merpati cukup membeli pulsa kita bisa mengobrol dari kejauhan.

Selain itu kini telepon bertranformasi menjadi lebih canggih, kita bisa internetan, main game di sebuah mesin bernama smartphone. Tentu saja, smartphone tidak akan pernah ditemukan kalau telepon juga tidak ditemukan. Kita bisa menjumpai telepon khas UK di sepanjang jalan UK. Telepon tersebut sangat melegenda dan replikanya sering dibuat oleh-oleh ketika berkunjung ke negeri big ben berada.

3. Suka Naik Kereta? Berterima kasihlah pada UK

Kereta Api di UK

Kereta Api di UK via http://home.bt.com

Banyak yang tidak tahu kalau kereta api pertama kali ditemukan di UK. Moda transportasi teraman di dunia tersebut sudah ada di UK ratusan tahun yang lalu. Dia adalah George Stephenson. Peneliti selanjutnya banyak terinspirasi dari Bapak Kereta Api tersebut hingga kereta api bisa semodern sekarang ini. Moda transportasi kereta api juga dinilai bisa mengurangi kemacetan di jalan raya maka tak heran banyak warga memilih naik kereta api ketimbang transportasi lainnya yang sering tidak on time.

4. Pertanyaan Zaman Dulu yang Akhirnya Terjawab Berkat UK

Isaac Newton

Isaac Newton via https://www.kaskus.co.id

Advertisement

Zaman dulu hal-hal mistis selalu muncul karena minimnya ilmu pengetahuan yang mampu menjawabnya, contohnya saja kenapa sebuah benda bisa jatuh ke bawah? tidak ke atas atau ke samping. Pertanyaan manusia tersebut sering ditanyakan dari zaman purba namun belum ditemukan jawaban yang meyakinkan.

Kita bisa tidur lelap dengan terjawabnya pertanyaan tersebut oleh seorang ilmuwan asal UK, Isaac Newton. Isaac Newton mengemukakan bahwa gaya tarik bumi adalah penyebab benda jatuh ke atas setelah beliau memperhatikan apel yang jatuh. Buah pemikiran tersebut pun melahirkan inovasi-inovasi baru di dunia teknologi.

5. Menyatukan Dunia

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris via https://m.viva.co.id

Percaya atau tidak, bahasa Inggris telah menyatukan orang-orang di dunia. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan di dunia. Pelajaran bahasa Inggris pun sudah menjadi pelajaran wajib bagi pelajar di seluruh dunia. Kalau bahasa Inggris tidak ada, bagaimana jadinya dunia ini.

Mungkin saja kita tidak akan pernah mengerti apa yang dikatakan orang di negara lain. Kita bisa berkomunikasi dan bebas berekspresi dengan orang asing melalui bahasa. Bahkan sumber-sumber ilmu pengetahuan pun kini lebih banyak tersedia dalam bahasa Inggris dari pada bahasa lainnya di dunia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya