Alasan apa yang membuat kamu ingin menjadi seorang penulis? Jika sudah menjadi penulis apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu serius ingin menjadi penulis? Pertanyaan itu kerap terlontarkan oleh sekitar ketika kita berpikiran untuk menjadi seorang penulis. Atau bahkan, pertanyaan itu datang dari diri kita sendiri. Ya nggak sih? hehehe….

Tiap impian itu berharga. Tak terkecuali ingin menjadi seorang penulis hebat dimasa depan. Bagi kamu yang bercita-cita jadi penulis, mantapkan hatimu terlebih dahulu. Dan buat kamu yang udah melangkah, hilangkan keraguan yang datang. Karna, semakin tinggi pohon, makin besar badai yang menerjang. Apa sih yang masih kamu ragukan? mungkin 5 Hal berikut ini? kalo iya, buang jauh-jauh deh!

1. Saingannya banyak

Ngerasa minder

Ngerasa minder via http://google.com

Nggak cuma pelukis, pegawai, pengusaha, atau pun yang lainnya. Pekerjaan seorang penulis pun juga punya daya saing yang tinggi. Apalagi kalau udah berurusan sama penerbit, wiuhh… jangan tanya gimana rasanya jadi seorang penulis yang naskahnya bertubrukan, bersaing dengan naskah milik penulis lainnya.

Advertisement

Tapi, jangan anggap itu sebagai masalah yaa…. apapun pekerjaanmu pasti punya tantangan dan hambatannya. Kalo gak mau punya pesaing, ya duduk diem aja ditempat. Daripada menyerah sebelum berperang, lebih baik siapkan senjata ampuhmu mulai dari sekarang.

2. Takut naskahmu ditolak editor

merenungi ketakutan yang gak ada habisnya

merenungi ketakutan yang gak ada habisnya via http://google.com

Nah, kan. Lagi-lagi kamu kebanyakan takutnya. Belum juga mencoba udah angkat bendera putih duluan. Nggak cuma kamu kok yang ngerasain hal itu, bahkan sebagian besar, khusunya penulis pemula pasti pernah berpikiran seperti itu. Belum apa-apa udah pesimis, ya? Hilangkan kekhawatiranmu dan segera kirim naskahmu, siapa tahu kamu beruntung dalam sekali kirim. Siapa yang tahu?? Kalau beneran ditolak, it's okay.

Dunia gak akan kiamat saat itu juga,bahkan diluar sana ada yang ditolak naskahnya berkali-kali. Bangkit dan buat karya yang baru lagi. semangatt!!

3. Takut gak ada yang suka

Pasti ada pembaca ditiap karya

Pasti ada pembaca ditiap karya via http://pinterest.com

Advertisement

Hey kamu! Kalo menatap masa depan itu ya yang serius. Jangan serba takut.

"Kayaknya karyaku jelek deh!"

"Enggak kok, lumayan."

"Iya, lumayan jelek."

"Emang siapa aja yang ngomong kalo karyamu jelek?"

"Aku."

tepuk jidat.

4. Suka buntu ide

Badmood musuh penulis

Badmood musuh penulis via http://pinterest.com

Salah satu permasalahan yang kerap dihadapi oleh penulis adalah, kekosongan ide. Yupp!! apalagi kalo badmood menerjang, wah gak karuan lagi, serasa kepala mau pecah. Kalo udah gitu, susah buat karya yang kreatif. Biar gak sampe badmood, coba deh sesekali refreshing. Penulis juga butuh rekreasi lohh… karena imajinasi baru akan melahirkan ide-ide kreatifnya.

5. Sering diremehin

Buang jauh rasa rendah diri

Buang jauh rasa rendah diri via http://pinterest.com

Kamu pernah diremehin waktu orang sekitarmu tahu kalo kamu ingin jadi penulis? yang sabar yaaa… karena mereka gak tahu kalo penulis itu berjasa. Karena karyanya, seseorang tahu akan hal baru. Karena karyanya, seseorang bisa termotivasi. Dan satu, jadi penulis itu gak segampang ngrebus air yang tinggal pantengin, terus matang deh airnya. Gak gitu penulis bahkan harus punya kecerdasan jenis apapun, fisual, emosional, dan yang lainnya, agar bisa menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Kerenkan??

Jadi sekarang gimana nih? masih ragu juga? enyahin deh keraguanmu itu segera. Dan semoga, suatu saat kamu yang bermimpi jadi penulis hebat, bakal terwujud. Siapkah kamu jadi penulis hebat yang karyanya menggelegar?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya