Sudah mendekati musim dingin ya untuk beberapa negara yang memiliki 4 musim. Pas winter begini ini biasanya tiket-tiket pesawat menjadi murah dan pas banget sama liburan sekolah yah kan... Nah, buat kamu yang pingin berlibur di negeri yg lagi turun saljunya, penting banget buat kamu siapin segala sesuatunya biar gak jatuh sakit di sana. Berikut ini beberapa list yang perlu kamu siapin;

1. Pakaian

Pakaian (dok. pribadi) via https://www.facebook.com

Kamu butuh banget buat persiapin pakain musim dingin. Karena pakain musim dingin tentu aja beda banget dengan pakaian penghangat biasa.

Biasanya pakaian musim dingin ini terdiri dari long john (baju dalam yang panjang dan hangat, biasanya agak kasar dan sedikit tebal dan molor), baju biasa, sweater, jaket anti air (dalamnya biasa berisi bulu domba atau angsa dan luarnya terbuat dari kulit atau bahan yang anti air, agar tidak basah jika kena salju), syal, sepatu boot anti air yang memiliki kulit dalam yang hangat dan halus, dan dasarannya tidak halus / tidak mudah slip. (Banyak juga yang pake sepatu kets, tapi kalau saljunya tidak menempuk sih gak masalah, takutnya kalau masuk ke kaki dijamin bakalan dinginnnnnn banget).

2. Bawa Obat!!

Advertisement

Yang namanya obat pribadi harus selalu dibawa, terutama buat kamu yang punya penyakit serius atau punya alergi dingin seperti aku, selalu siap sedia obat ya. Terus obat umum seperti obat anti masuk angin, mabuk, koyo, balsem, minyak kayu putih, dsb.

Jangan terlalu banyak membawa obat cair karena ada ketentuan batas maksimal membawa zat cair dalam pesawat. Jadi aku saranin bawa obat padat aja, minyak yang kecil-kecil aja.

3. Pelembab

Jangan lupa buat bawa pelembab. Pelembab wajah, badan dan bibir sangat diperlukan, karena di keadaan yang bersalju atau dingin pasti udaranya sangat kering sehingga dapat menyebabkan kulit kita kering dan pecah-pecah, rasanya pasti sangat perih dan sakit tentunya. Jadi cowok maupun cewek usahakan gak usah malu pakai pelembab, kalau memang keperluannya buat kesehatan dan kebaikan kita juga kan….

4. Olahraga

Olahraga via http://waktuku.com

Advertisement

Buat kita yang tebiasa hidup di negara yang subtropis, pasti bakalan kaget kalau tiba-tiba harus berhadapan dengan cuaca dingin di bawah 0 derajat Celcius. Biar tubuh kita bisa beradaptasi dengan baik, setidaknya sebulan sebelum perjalanan kita beradaptasi dengan cara melakukan olah raga secara rutin. Agar tubuh kita tidak mudah down di TKP tentunya.

5. Siapkan Botol Minuman

Botol minum via http://akupeduli.com

Untuk menghindari hipotermia, banyak-banyak minum terutama minuman hangat (jangan minum kopi atau alkohol), biar tetap menjaga cairan dan suhu normal dalam tubuh. Agar hemat serta menjaga lingkungan, lebih baik bawa botol sendiri dari rumah ya..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya