Indonesia

Ide memang tidak datang begitu saja, terkadang kita harus terus mengolahnya dari hal-hal simpel dalam hidup dan akhirnya akan menjadi sebuah tulisan yang begitu saja tertuliskan. Nggak salah lagi kita pasti pernah mengalami writing block atau tiba-tiba aja stuck dan menunda tulisan kita, padahal banyak sekali hal yang ingin dituliskan. Mungkin 5 hal ini bisa bantu kamu untuk mengatasi writing block.

1. Menuliskan mimpimu setelah bangun dari tidur

Menuliskan mimpimu

Menuliskan mimpimu via https://unsplash.com

Memang sedikit sulit untuk menuliskan kembali mimpi yang baru kamu alami. Terkadang kita lupa apa yang kita mimpikan semalam, dengan menuliskan mimpi kamu semalam kamu dapat melatih ingatanmu. Terlebih lagi mimpi itu terkadang terjadi dengan sangat random. Bisa saja kamu mendapat ide untuk membuat tulisan yang menarik dari mimpi yang kamu alami semalam.

2. Kamu bisa mencari inspirasi dari film atau bahkan lagu

Watching movie or Listening music

Watching movie or Listening music via https://www.pexels.com

Terutama kamu pecinta film yang genrenya mulai berkembang sama halnya dengan lagu, kamu bisa banyak mendapat inspirasi dari sebuah film dan lagu. Kamu bisa menggabungkan 2 genre yang berbeda dan kamu bisa menentukan bagaimana akan berakhirnya tulisan kamu tersebut, seperti genre horor ditambah romance dan digabungkan dengan sci-fi pasti akan twisted banget. Dapat juga kamu menjadikan lagu sebagai inti dari ceritamu.

3. Tuliskan bagaimana kamu akan hidup di masa depan

Advertisement

Bicara tentang masa depan memang tidak akan ada habisnya, kamu juga bisa berandai-andai akan jadi apa kamu kelak. Kamu bisa menebak-nebak apa yang kamu akan lakukan nanti, apa yang akan terjadi nanti, dan akan jadi apa nanti. Kamu juga bisa berandai-andai dengan menambahkan perkembangan yang tidak akan terduga ke depannya, seperti alat transportasi yang bukan di jalan raya lagi tapi di udara atau hal yang tidak terduga.

4. Tuliskan kejadian yang baru saja kamu atau orang lain alami

Inspirasi memang bisa kamu dapat dari mana pun, terutama sekeliling kamu. Kamu pasti pernah menjadi tempat curhat orang-orang terdekatmu, kamu bisa terinspirasi dari sana. Bisa dari bagaimana caranya memecahkan suatu masalah, karakternya atau akhir dari cerita tersebut. Jangan lupa minta izin sebelum membuatnya, mungkin dengan kamu meminta izin kamu akan dibantu untuk membuat tulisan yang lebih menjiwai.

5. Perbanyak membaca buku

Reading book

Reading book via https://www.pexels.com

Film juga terkadang diadopsi dari buku-buku yang sudah terkenal dan sama halnya juga dengan film yang memiliki berbagai macam genre, buku memiliki keistimewaan. Keistimewaan itu berada pada saat kita membaca buku tersebut, mengapa? Karena pada saat kita membaca kita melatih visuallisasi kita untuk menggambarkan apa yang tertulis dan menebak-nebak apa yang akan terjadi di bab selanjutnya. So, nggak salah memang bahwa buku itu gudangnya ilmu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya