Orang-orang bilang, bahwa kehidupan manusia itu seperti roda. Kadang ada masanya kita di atas, ada masanya juga kita di bawah. Tentunya ada banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan ketika kehidupanmu sedang berada di puncak, tapi apa jadinya ketika kamu tiba-tiba berada di bawah?

Berada di bawah adalah semacam ujian, yang pastinya akan berlalu. Tapi yang menjadi poin adalah bagaimana kita bisa keluar dan bisa menyelesaikan waktu ini dengan baik. Bukan kabur, tapi menghadapinya dengan lapang dada supaya tidak stres berlarut-larut.

Nah, berikut ini beberapa hal yang harusnya kamu lakukan saat down atau depresi. 🙂

1. Ikuti kata hatimu, jangan mengelak. Pahami bahwa kamu memang sedang down

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah pahami bahwa kamu memang sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Dengan begitu kamu pun bisa mengukur seberapa down atau seberapa stres kamu. Lalu, kamu juga bisa sembari mengevaluasi apa saja yang menjadi kesalahan yang membuatmu menjadi se emosional ini.

2. Apabila kamu sudah bisa memahami diri, hindarilah menyendiri

find some friend

find some friend via http://pixabay.com

Advertisement

Sesi menyendiri sudah selesai, guys. Langkah selanjutnya sudah siap kamu ambil. Ya! Hindari untuk menyendiri, terutama di kamar. Kenapa? Karena menyendiri justru akan memberikan peluang pikiranmu untuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan negatif yang sesungguhnya tidak berfaedah. Hal ini juga malah memperkeruh mood kamu dan bisa jadi malah tambah stres.

So, get out of your room and find some friend!

3. Ceritakan kisahmu kepada orang ternyamanmu

Sharing

Sharing via http://pixabay.com

Carilah orang ternyaman yang bisa kamu mintai pendapat atau seorang teman yang bisa menjadi pendengar yang baik. Dalam hal ini, yang ada memang hanya mengeluh, mengeluh, dan mengeluh. Tapi percayalah, ini akan membuatmu lega dengan menceritakannya bersama temanmu.

Advertisement

Selain bercerita, ada banyak hal gila yang bisa kamu lakukan bersama dia.

4. Pergi, bukan kabur tapi menenangkan diri sejenak

Jangan pernah kabur dari masalahmu, karena kamu akan berakhir menjadi pengecut.

Tapi kamu bisa melakukan perjalanan, bukan untuk kabur tapi menenangkan diri. Kamu bisa memilih untuk pergi bersama teman atau bisa juga sendiri. Benefit kamu ketika melakukan perjalanan solo adalah kamu bisa lebih mengenal dirimu sendiri. Solo traveling ini juga bisa jadi wadah refleksi diri, serta mempersiapkan diri untuk menjadi diri kamu yang baru.

5. Kembali dan jadi dirimu yang baru

Cukupkan dirimu agar tidak berlalut-larut dalam masa terpurukmu. Masih banyak hal yang perlu diurusi. Bangkit, tengadahkan kepala, dan kembali ke kehidupanmu.

Hidup harus tetap berjalan 😉

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya