Kamu sebagai anak kost pasti pernah mengalami kehabisan uang? Apalagi memasuki tanggal tua, uang pasti menjadi hal yang paling ditakuti dan paling dicemasi di akhir-akhir bulan. Oleh karena itu, hal-hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mendapat tambahan uang jajan bagi kita-kita sebagai anak kostan, Yuk simak 5 hal yang bisa kamu coba dari sekarang!

1. Menjadi Ojek Online

Pertama kamu bisa menjadi ojek online mahasiswa yang terdapat di sekitaran kampus, biasanya para ojek ini merupakan mahasiswa yang mempunyai kendaraan bermotor dan ingin mengisi waktu luang serta menambah sedikit demi sedikit uang jajan. Biasanya mereka mempunyai tarif tersendiri tergantung dengan tujuan, seperti sekitar kampus, bandara maupun stasiun. Selain mengantar penumpang, para ojek online ini juga membuka jasa untuk delivery order makanan.

2. Menjual Makanan

Advertisement

Untuk kamu yang suka memasak, ada cara untuk menambah uang jajanmu! Yaitu menjual makanan, kamu bisa memasak lalu menjual itu sendiri masakan yang sudah kamu buat di sekitaran kampus maupun di kelasmu sendiri. Kamu bisa menjual makanan ringan seperti kentang goreng, otak-otak, sphagetti, dan lain-lain.

3. Buka Jasa Print

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang jajanmu adalah membuka jasa print! Ya, jika kamu punya printer kamu bisa membuka jasa untuk mengeprint tugas-tugas temanmu dengan tarif yang murah. Wah dengan bermodalkan printer kamu bisa menghasilkan uang lho…

4. Part Time di Restoran atau Cafe

Selanjutnya hal yang bisa kamu lakukan ialah bekerja part time di restoran maupun cafe-cafe di sekitarmu, kamu bisa bekerja jika jam kuliah sudah selesai maupun di sela-sela jam kuliahmu. Hal ini banyak dilakukan para mahasiswa untuk menambah uang jajan mereka.

5. Mengirim Karya ke Media Massa

Advertisement

Yang terakhir, jika kamu yang suka menulis maupun beropini, kamu bisa mengirim karyamu seperti puisi, cerpen, opini maupun artikel ke media massa baik cetak maupun online. Darisitu kamu bisa mendapatkan honor jika karyamu terpilih untuk diterbitkan di media massa. Honornya pun sangat lumayan untuk kita sebagai anak kost yang sebagian besar merantau jauh dari orangtua…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya