Modal kita sebagai manusia hanya usaha dan do'a. Selebihnya, biarlah Tuhan yang berencana :)

Kamu kadang merasa hidup ini tidak adil, rasanya mau marah. Eitsss, jangan marah-marah dulu, ada sedikit tips nih supaya kamu punya ketenangan hati bahkan kesabaran kalau kamu mungkin saja saat ini sedang disakiti. Kalau cuma modal marah saja, semua orang juga bisa. Ini nih, keahlian yang nggak semua orang bisa punya.

1. Ketahuilah bahwa Tuhan tidak tidur

www.google.com

www.google.com via http://google.com

Apapun yang orang lain lakukan terhadap kamu dan apapun yang kamu lakukan terhadap orang lain, tidak pernah luput dari perhatian Tuhan. Tidak perlu menghakimi mereka yang menyakiti kamu. Bertindaklah sewajarnya tanpa berniat membalas.


Sekali lagi ingat, Tuhan tidak tidur. Sebelum bertindak, minta bimbingan Tuhan.


2. Tetaplah berbuat baik, karena kamu tidak sama dengan mereka

www.google.com

www.google.com via http://www.google.com

Advertisement

Kalau menurutmu mereka salah, lalu apa yang membuatmu berbeda dengan mereka? Bukankah membalas mereka hanya menunjukkan kalau kamu sama saja dengan mereka? Lalu apa yang membuatmu berbeda? Pikirkan 3 hal itu untuk menyikapi mereka yang mungkin saja menyakitimu.


Mereka berperilaku tidak baik berarti mereka sedang menunjukkan siapa dirinya, sementara caramu merespon, menunjukkan siapa sebenarnya dirimu.


3. Perbanyak waktumu dengan mereka yang punya pikiran positif

www.google.com

www.google.com via http://www.google.com

Habiskan waktumu dengan teman-teman yang bisa membangun karakter yang positif. Jadikan saran dari mereka sebagai alternatif kamu bertindak menghadapi mereka yang menyakitimu.

Advertisement


Ingat, perbanyak waktu dengan teman-teman yang punya pikiran positif saja. Pernah dengar, bergaul sama tukang parfum ketuleran wanginya. Bergaul sama perampok, bisa ketuleran merampok. Nah, kurang lebih begitu.


4. Apa yang mereka tabur akan mereka tuai, begitupun dirimu

www.google.com

www.google.com via http://www.google.com


Pernah mendengar pepatah : "Hidup ini Tidak Adil?"


Kata siapa hidup ini tidak adil? Hidup ini adil, hanya melihat keadilan itu terkadang butuh waktu. Sama seperti menanam buah, hari ini tanam benih, beberapa waktu akan panen buah. Setelah berperilaku, baik yang baik maupun yang buruk, kamu akan menuai buahnya nanti. Jadi jangan habiskan waktumu berusaha membalas mereka yang mungkin menyakitimu.


Akan ada waktunya mereka memetik "buah" hasil perilakunya sendiri.


5. Pada akhirnya kamu sadar bahwa ketenangan hati itu diri sendiri yang ciptakan, bukan orang lain

www.google.com

www.google.com via http://google.com

Coba perhatikan mereka yang mungkin menyakitimu. Apa yang mereka dapat? Ketenangan? Kesehatan? Kekayaan? Jangan salah, jangan-jangan hidup mereka sekarang malah tidak tenang karena pikirannya terlalu dipenuhi mungkin rasa benci, iri hati dan dendam pada dirimu.

Jangan salah, hidup yang penuh benci, dendam dan minim ketenangan itu rawan menimbulkan stres. Nah loh, nanti yang ada badan jadi digerogotin penyakit. Jangan salah, menyakiti orang itu tidak pernah membuat kaya. Yang ada karena kamu gak tenang, bekerja juga jadi gak fokus.


Jadi pada akhirnya kamu sadar, bahwa menganggap mereka yang menyakitimu adalah "angin lalu " saja adalah pilihan terbaik. Coba tengok lagi mereka, pandangi matanya dan lemparkan senyum, sebagai tanda bahwa kamu bukan saja menang menghadapi mereka tapi juga menang mengendalikan dirimu dari hal-hal yang tidak baik.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya