Pernah Anda bermain game di smartphone untuk mengisi waktu luang? Misalnya ketika menunggu kereta, saat di perjalanan, atau pada jeda sebelum rapat kantor. Kalau iya, berarti kamu tidak sendirian. Hal itu menandakan bahwa seiring berkembangnya teknologi smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tapi juga dijadikan sebagai sarana hiburan, seperti bermain game.

Banyak alasan yang melatarbelakangi smartphone menjadi platform game saat ini. Mulai dari bisa dimainkan di mana saja, praktis, hingga banyak game yang dapat dimainkan secara cuma-cuma alias gratis. Bermain game online memang memiliki sebuah keseruan tersendiri bagi para gamer.

Dalam memainkan game online, gamer bisa bermain bersama gamer lain (multiplayer) atau teman-temannya, dan alur cerita seru dan beragam yang dimiliki oleh game online. Tapi, walaupun keseruan dalam bermain game online dapat membuat gamer menjadi tergila-gila, masih ada aja hal yang membuat gamer jengkel untuk bermain game online.

Lalu, apa lagi yang suka bikin kesal saat main game di smartphone?
Berikut ini di balik kepraktisannya, bermain game lewat smartphone juga sering bikin kesal pemainnya:

1. Server yang Sering Penuh

Tidak bisa masuk server advance

Tidak bisa masuk server advance via https://goo.gl

Pernahkah kamu merasa kesal karena pada saat mau bermain game online, servernya malah penuh. Hal itu memang sering membuat para gamer menjadi jengkel. Mau menikmati sebuah game, kok servernya malah penuh. Sebenarnya hal ini dapat kamu antisipasi loh!

Bagaimana caranya? Yaitu kamu dapat bermain pada jam-jam di mana sedikit player yang sedang memainkan game itu, seperti tengah malam.

2. Lag atau Lemot

Sinyal lag

Sinyal lag via https://goo.gl

Advertisement

Kamu pernah kesal karena game yang tiba-tiba tersendat atau lag? Apalagi ketika game tiba-tiba tersendat saat sedang war atau momen penting lainnya. Nah, ini bisa saja membuat peringkat game kamu turun atau bahkan kalah.

Ada banyak kemungkinan bisa menyebabkan hal itu. Salah satunya karena kapasitas random access memory (RAM) yang kurang mumpuni. Seperti yang diketahui, RAM merupakan penentu "lemot" atau tidaknya performa smartphone.

3. Koneksi Terputus

Connection lost

Connection lost via https://goo.gl

Ini yang paling dibenci oleh pemain game online. Musuhnya adalah Connection Lost.
Ping tinggi saja sudah membuat emosi karena nge – lag.
Apalagi koneksinya terputus dan tidak bisa kembali ke room permainan.
Padahal sudah kill banyak dan hampir menang, malah terputus. Ikhlaskan saja ya.

4. Loading Lama

Loading lama kek siput

Loading lama kek siput via https://goo.gl

Advertisement

Permasalahan keempat yang sering membuat kesal saat main game di smartphone adalah proses loading yang lama.
Banyak faktor yang menyebabkan proses loading game memakan waktu cukup lama. Itu bisa terjadi lantaran koneksi internet yang tidak stabil atau jelek. Atau, bisa juga akibat keterbatasan perangkat keras pada smartphone kamu.

5. Download Data Tambahan Setelah Instal

Permanent ban

Permanent ban via https://goo.gl

Anda yang sering bermain game di smartphone pasti pernah mengalami hal ini. Setelah menginstal game berukuran besar, Anda terkadang diharuskan kembali mengunduh data tambahan yang juga berukuran besar.

Proses pengunduhan data tambahan di dalam aplikasi ini merupakan strategi yang diterapkan oleh pengembang game untuk memaksimalkan fitur dalam game. Selain itu, data tambahan ini juga berfungsi agar game berjalan lancar ketika dimainkan.

Itulah 5 hal yang paling menjengkelkan saat bermain game online. Walaupun hal tersebut dapat membuat gamer jengkel, game online masih mampu menjadi pilihan banyak gamer ketimbang game offline. Karena kemampuan bermain multiplayer membuat para gamer masih dapat melakukan interaksi sosial, walaupun hanya di dalam game.

Semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya