Betapa pun waktu terus berlalu, kisah baru terlukis dan ingatan terkikis dalam hidup banyak sekali hal yang tidak disangka semuanya berlalu begitu cepat. Rasanya baru kemarin kamu lulus sekolah dasar lalu masuk SMP negeri favorit di daerahmu, rasanya baru kemarin mama dan papa mengantarkanmu wisuda di sekolah menengah kejuruanmu, rasanya baru kemarin kamu merayakan gembiranya sweet seventeen bersama keluarga. Tapi, sekarang usiamu sudah menginjak kepala dua saja. Usia yang di mana mau tidak mau kita dituntut akan banyak hal dan tentunya tidak boleh dianggap remeh karena itu semua penentu kelanjutan hidupmu.

1. Tujuan masa depan yang jelas

Di usiamu yang mulai lewat 19 tahun, harusnya memang kamu sudah memiliki ratusan macam list planning dan mimpi yang harus dikejar. Menulis dream list terlihat seperti hal yang kecil memang. Tapi, dampaknya besar, lho. Dengan begitu, terlihat jelas mana saja impianmu yang belum dan sudah tercapai, mana saja yang harus kamu prioritaskan. Di usia ini bukan lagi waktu untuk kamu banyak bermain dan menghabiskan waktu untuk hal tidak penting. Jangan takut bermimpi besar karena kita punya Tuhan yang lebih maha besar. Dia akan membantumu meraih itu semua. Mulai sekarang, rencanakan semua inginmu yang terbesit di pikiranmu agar arah hidupmu jelas sampai ke depannya.

2. Keseriusan dalam menjalin hubungan percintaan

relationship via https://www.pinterest.com

Masa-masa SMP dan SMA rasanya sudah cukup jadi waktu untuk kamu bermain-main di banyak hati. Sekarang saatnya kamu jalin hubungan yang serius bersama orang yang kamu sayang karena di umur menginjak kepala dua seperti kamu adalah umur di mana kamu hampir dekat dengan pernikahan. Maka dari itu, kenali lebih dalam pasanganmu mulai sekarang, karena untuk hidup bersama banyak hal yang harus dimengerti dari pasanganmu jadi kamu harus terbiasa dengannya .

3. Penghasilan tetap

Advertisement

Meskipun saat ini kamu sedang menempuh pendidikan di perkuliahan, persoalan tentang penghasilan bukan berarti tidak harus kamu pikirkan. Karena tidak mungkin rasanya kamu terus-terusan bergantung dengan orang tua dalam hal keuangan, justru di usia ini saatnya kamu mulai sedikit demi sedikit menabung untuk investasi jangka panjangmu. Kamu bisa memulainya dengan usaha kecil-kecilan seperti online shop ataupun freelancer writer. Semua yang besar berawal dari yang kecil, bukan? Jika sedari kamu berkuliah sudah terbiasa berkerja, kamu tidak akan kaget ketika benar-benar terjun di dunia kerja nantinya. Tapi tetap ingat, tujuan awalmu kuliah ya.

4. Kemandirian

Kalau biasanya masih sering “mah, bajuku sobek”, “mah sakit perut”, dan sebagainya, apa-apa datengnya ke mama, cobalah mulai belajar mengatasi permasalahan mulai dari yang kecil secara sendirian. Meskipun kamu anak tunggal, tidak ada alasan untuk terus bermanja-manjaan dengan mama dan papa di rumah. Jangan khawatir, seberapapun kamu tumbuh besar kamu tetap anak mama dan papa yang menggemaskan, kok. Mencoba merantau di kota orang juga bisa kamu jadikan latihan supaya kamu lebih mampu menjadi insan yang mandiri, lho.

5. Kedewasaan

Bagaimana cara kamu dalam menanggapi masalah yang datang di hidupmu juga perlu kamu ubah di usiamu yang mulai beranjak dewasa ini. Karena jika kamu terus menerus bertingkah seperti anak kecil lalu ketika mendapati masalah serius kamu sedikit kaget mengatasinya.

Advertisement

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya