Tren bisnis ekspor impor cukup naik dalam 3 tahun terakhir ini. Bisa jadi jenis bisnis ini cocok untuk Anda yang sering bepergian ke luar negeri. Memang sepertinya sangat menarik bisa melakukan bisnis ekspor impor ini. Anda tidak perlu menjadi pihak yang berpusing ria memikirkan bagaimana produksi barang. Anda “hanya perlu” mencari pasar dan mencari cara bagaimana logistiknya. Tapi tentu saja, setiap jenis bisnis memiliki tantangannya sendiri.

Bagaimana Anda tahu barang yang pilih bisa cepat terjual? Apakah akan menghasilkan keuntungan? Bagaimana Anda menentukan harga barang? Semua pelaku ekspor impor harus memikirkan hal-hal ini dengan matang agar bisa sukses.

1. Pilih Barang yang Berkualitas

Mulailah dengan produk yang Anda yakin akan terjual. Tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Anda harus punya mata yang jeli melihat tren produk di pasar. Dan kemampuan ini tidak dimiliki secara cuma-cuma. Pengetahuan seputar produk dan riset pasar yang baik akan sangat membantu.

Jika Anda sudah tahu segmen pasar mana yang ditarget, Anda bisa menyesuaikan produk apa yang kira-kira akan laku dibeli segmen tersebut. Atau sebaliknya. Bermula dari sebuah produk yang Anda nilai mempunyai kualitas bagus. Kemudian uraikan segmen pasar mana saja yang bisa masuk menjadi target penjualan produk ini. Semua kembali pada kualitas produk. Ada harga ada rupa. Makin berkualitas, Anda bisa menjualnya dengan harga yang pantas untuk mendapatkan profit.

2. Selalu Cek Kondisi Finansial Bisnis

Dengan memantau

Dengan memantau via http://blog.sas.com

Advertisement

Apa pun jenis bisnis yang Anda lakukan, jangan terlambat sadar berada dimana Anda dalam kondisi finansial saat ini, 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun mendatang. Cek semua metrik dalam laporan bulanan seperti kondisi income, balance dan cash flow.

Jika Anda belum bisa menciptakan penjualan, Anda harus mulai mempertanyakan apa yang salah, perhitungan detail apa saja yang terlewat. Apakah sudah ada angka minimal penjualan, atau benar-benar hanya ada angka pengeluaran.

Lakukan monitoring secara berkala untuk membaca sampai mana pertumbuhan bisnis ekspor impor Anda. Hal ini tidak hanya membantu Anda mengendalikan pengeluaran, tapi juga melihat kesehatan bisnis secara keseluruhan.

3. Ciptakan Harga yang Kompetitif

Ada harga, ada rupa

Ada harga, ada rupa via http://promptcloud.com

Advertisement

Meski Anda tahu bahwa kualitas produk yang dijual merupakan kelas tinggi, Anda tidak bisa seenaknya memberi harga. Akan selalu ada kualitas dan harga pembanding. Posisikan produk Anda di titik harga kompetitif. Perhitungkan beberapa faktor seperti : kualitas, harga beli, ongkos pengiriman ,baru tidaknya produk, kelangkaan barang, harga kompetitor, pajak dari pemerintah, dan beberapa faktor lainnya.

4. Pikirkan Pengiriman Produk

Ada 2 pilihan. Jika Anda tidak mengirimkan produk dalam jumlah yang sangat banyak, Anda hanya perlu menggunakan jasa ekspedisi pengiriman. Mereka yang akan menyelesaikan semua urusan. Namun jika Anda melakukan pengiriman produk dalam jumlah yang sangat banyak, Anda membutuhkan jasa freight forwarder.

Batasan jumlah ini bisa berbeda dalam setiap jenis produk dan di setiap negara. Lakukan riset pembanding agar mendapatkan gambaran harga yang paling optimal. Jika menggunakan jasa freight forwarder atau pun ekspedisi pengiriman biasa, pastikan perusahannya menyediakan program asuransi. Hal ini sangat penting dalam mengetahui perusahaan mana yang berkualitas. Tidak ada salahnya menjaga kondisi produk Anda bukan?

5. Networking ke Sesama Pelaku Bisnis Ekspor Impor

Berjejaring

Berjejaring via https://mashable.com

Networking atau berjejaring merupakan aktivitas yang esensial dalam jenis karir apa pun. Kita tidak hidup sendiri. Namun jangan salah pemahaman. Networking bukan tentang siapa saja yang Anda kenal, tapi juga siapa saja yang mengenal Anda dan dalam hal apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu orang lain.

Anda bisa coba berbagi dengan pebisnis lainnya yang bergerak di bidang serupa. Hadirilah pertemuan komunitas bisnis atau bergabung ke jejaring sosial media yang berkaitan dengan bisnis ekspor impor. Networking akan membuka cakrawala Anda lebih cepat daripada harus mencari semuanya sendiri.

Tidak ada bisnis yang baru dimulai dan dalam semalam bisa menghasilkan keuntungan tanpa menghadapi kendala. Jika memang ada, pasti ada faktor X dibaliknya. Jangan menyerah sebelum memulai. Selamat berbisnis!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya