5 Ide Aplikasi Warna-warna Japandi dalam Hunian

warna-warna pada desan Japandi

Buat kalian para pecinta desain interior atau yang emang lagi cari referensi buat ngedekor tempat tinggalnya, sadar enggak, sih, kalau Japandi atau Japanese-Scandinavian masih jadi salah satu desain interior paling populer sekarang ini.

Merupakan salah satu gaya interior yang ngebawa konsep modern dan minimalis, Japandi disukain banyak orang karena tampilan dan estetikanya yang khas, yang masih ada sisi fungsional dan fleksibel juga.

Enggak heran juga karena Japandi emang diambil dari dua filosofi yang bikin Japandi punya karakteristik yang khas. Pertama, wabi-sabi dari Jepang yang artinya keindahan dalam ketidaksempurnaan, sama lagom dari Skandinavia yang artinya keseimbangan dalam kehidupan.

Hasilnya, gaya interior yang fokus sama desain sederhana, esensial, multifungsi, tapi tetep stylish buat ningkatin kualitas gaya hidup pemilik hunian. Bahasa desainnya ini kelihatan dari beberapa karakteristik dan fitur dari Japandi. 

Nah, salah satunya adalah palet warna. Bukan cuma dalam Japandi aja, warna itu bagian yang enggak bisa dipisahin dari desain interior. Bahkan buat jadi seseorang yang mahir dalam jasa desain rumah, seseorang harus belajar teori soal warna dari para ahli, loh! 

Jadinya, ada beberapa warna yang bisa dibilang Japandi banget, nih. Banyak faktor yang nentuin, salah satunya pencahayaan alami dan hangat yang jadi salah satu karakteristik Japandi. Inilah yang berpengaruh sama pilihan warna buat desain Japandi.

Warna-warna ini bisa berdiri sendiri, tapi ngebosenin enggak, sih, kalau ruangan cuma terdiri dari satu warna doang. Kombinasi warna-warna khas Japandi inilah yang bikin identitas Japandi itu kentara banget.  

Makanya itu, buat kalian yang tertarik buat ngedesain rumah dengan gaya Japandi, Dekoruma mau ajak kamu ngelihat gimana, sih, kerennya hasil warna-warna ini kalau digabungin. 

Advertisement

1. Kombinasi warna putih dan material kayu muda yang apik dan enggak pernah salah. Khas Japandi banget, deh, pokoknya!

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Warna utama Japandi itu putih. Kalau dijabarin, idealnya warna putih itu biasanya 60% dari keseluruhan warna dalam satu ruangan. Cuma, kalau satu ruangan warnanya putih doang ngebosenin, dong. Jadinya, ada warna-warna sekunder dan aksen yang akan dijelasin di bawah.

Selain warna polos, material alami kayak kayu dan rotan juga jadi pendamping warna-warna Japandi. Contohnya kayak foto dapur di atas ini. Putih jadi warna utama di dapur yang kelihatan dari kabinet, kitchen set, dan backsplash-nya.

Advertisement

Lalu, material kayu warna muda dipakai di rak dan laci dapur buat kasih aksen yang menarik dan enggak ngebosenin. Apalagi kombinasi rak ambalan di samping kulkas yang jadi tempat pajangan tanaman dan toples bumbu.

2. Krem dan putih buat area ruang keluarga, dapur, dan area meja makan. Kasih nuansa hangat, earthy, lapang, dan terang

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Selanjutnya, ada krem yaitu warna sekunder dari Japandi. Biasanya, krem dipadukan sama putih dengan porsi 40 persen. Kelihatan dari foto desain interior ruang tengah apartemen ini. Temboknya dicat warna krem agak tua yang digabungin sama dapur bernuansa putih dan kayu muda.

Suasananya jadi lebih hangat dan earthy, sambil masih ngasih tampilan monokrom yang lain daripada putih yang dominan. Terus, sebagai aksen dipasang meja makan, sofa warna biru tua, dan meja kopi bundar yang bikin tampilan ruangan jadi lebih dewasa dan kalem. 

Advertisement

3. Bikin kamar tidur jadi makin seronok, ramai, dan cerah. merah menyala di antara warna-warna yang lebih netral

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Selain krem, warna sekunder yang identik banget sama Japandi adalah abu-abu. Terutama abu-abu muda dan sedang. Kombinasi putih dan abu-abu bisa kasih tampilan monokromatik yang bersih dan enggak terasa gitu-gitu aja. Cuma, kalau kamu tipe orang yang pengin ada warna terang di dalam ruangan, kenapa enggak diaplikasikan aja?

Meskipun terkenal sama warna-warnanya yang monokrom, netral, atau earthy, Japandi juga cukup fleksibel dengan hadirnya beberapa turunan desain Japandi. Salah satunya adalah Japandi Urban.

Masih mempertahankan desain Japandi konvensional yang seimbang, cuma warna-warna terang kayak merah, biru atau hijau pastel masih bisa masuk. Jadi, kamu bisa punya unsur wow di dalam kamar tidur, kan.
Lihat dari gambar, tembok di depan meja belajar menyala warna merah di antara tempat tidur abu-abu, rak buku putih, dan furnitur kayu di beberapa sudut. 

4. Dapur dan ruang makan bergaya Japandi Industrial. Perpaduan warna netral terang, gelap, kayu, dan material ekspos khas Industrial yang maskulin dan tegas

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Japandi juga bisa dikombinasikan sama desain interior Industrial. Jadi salah satu desain minimalis dan modern yang populer juga, Japandi Industrial identik sama warna-warna netral yang lebih kalem dan membumi. Misalnya, putih, krem, abu-abu yang digabungkan sama kayu berwarna tua dan material ekspos kayak besi, bata ekspos, dan semen atau bata ekspos.

Tampak dari gambar di atas, kesan industrial yang tegas, maskulin, dan trendi kelihatan dari kolom besi warna hitam, bata ekspos di bagian atas jendela dapur, dan penggunaan kayu berwarna coklat. Nuansa industrial juga dibantu sama laci dapur yang berwarna abu-abu tua yang dipadukan sama kabinet dinding dan backsplash warna putih. 

5. Bikin temen-temenmu mupeng sama dapur Instagramable di rumah. Kabinet hijau pastel dengan detail emas yang trendi dan keren banget

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Warna-warna yang ini sebenernya bisa diaplikasikan ke dalam dua gaya Japandi, nih. Cuma yang pasti, warna hijau mint pastel kayak gini yang digabungin sama putih dan detail emas bakal kelihatan instagramable banget! 

Warna pastel yang terang kayak gini lebih sering dipakai buat desain Japandi Urban yang memang lebih suka warna-warna terang kayak biru, hijau, atau pink pastel. Namun, detail emas di keran air dan gagang kabinet adalah gaya dari Japandi Modern yang mengedepankan nuansa elegan dan mewah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE