Untuk mendapatkan penghasilan tambahan ketika sekolah bukanlah hal yang mustahil. Berikut beberapa ide bisnis sederhana yang dapat dilakukan:

1. Menjadi Seorang Pengajar (Guru Les)

Guru Les via http://google.com

Menjadi seorang pengajar atau guru les merupakan sebuah altenatif untuk mendapatkakn penghasilan tambahan selain menjadi seorang mahasiswa kampus.

Advertisement

Cara ini selain meningkatkan penghasilan tambahan juga dapat menambah softskill / keterampilan kamu dalam berinteraksi terhadap orang lain.

Modal yang dibutuhkan hanyalah kemampuan/ilmu yang telah dipelajari selama masa sekolah.

Jadi, menjadi seorang guru les/privat merupakan alternatif yang paling sederhana dengan menghasilkan banyak manfaat baik itu untuk diri sendiri maupaun orang lain.

2. Berjualan PIN / Sticker

Pin dan stiker via http://google.com

Advertisement

Selama kamu menjadi mahasiswa pastinya terdapat mengikuti organisasi internal maupaun eksternal. Setiap organisasi terkadang membutuhkan sebuah identitas / simbol baik itu berupa PIN maupun stiker. Modal yang dibutuhkan dalam melakukan bisnis ini juga tak terbilang besar sehingga dapat dilakkukan untuk mahasiswa yang terbilang belum memiliki modal cukup untuk dapat berdiri secara mandiri

3. Cetak Kaos

Cetak kaos via http://google.com

Jasa cetak kaos merupakan alternatif lain dalam memperoleh penghasilan tambahan dengan modal yang tak terbilang besar namun memperoleh keuntungan yang lumayan. Setiap organisasi di lingkungan kampus pastinya membutuhkan kaos, baju, maupun untuk masing – masing angkatannya. Maka dari itu, bisnis jasa cetak kaos merupakan alternatif yang mudah untuk dilakuakn bagi seorang mahasiswa.

4. Jasa Desain Grafis

Desain Grafis via http://google.com

Bagi Kamu yang memiliki kemampuan dalam hal desain grafis hal ini merupakan alternatif yang dapat dilakukan. Dengan modal komputer beserta software desain grafis kamu dapat mendapatkan penghasilan yang lumayan untuk menambah uang jajan kuliah.

5. Berjualan Pulsa

jual pulsa via http://google.com

Berjualan pulsa kepada teman sendiri merupakan suatyu alternatif yang dapat dilakuakn untuk mendapatkan penghasilkan tambahan. Biasanya modal yang dibutuhkan ekitar 250 – 500 ribu. Untuk dapat berjualan pulsa terdapat beberapa pembubukan secara rapi. Karena biasanya teman sendiri tidak langsung membayar melainkan hutang terlebih dahulu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya