5 Ide Dekorasi Nuansa Ramadan, Bikin Kamu Semangat Beribadah Puasa

Dekorasi khas bulan ramadan

Marhaban Ya Ramadan! Nggak terasa umat Muslim di seluruh dunia kembali menjalankan ibadah puasa selama Ramadan yang mulai pada 12 April di tahun ini. Walaupun masih dalam situasi pandemi, masyarakat Indonesia tetap antusias menyambut bulan Ramadan tahun ini. Karena situasi pandemi ini juga, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Mungkin kangen juga, ya, bisa buka puasa atau tarawih bersama sama keluarga besar atau temen-temen dalam jumlah besar. Tapi, berpuasa dan beribadah di rumah juga bisa khusyuk dan menyenangkan, kok.

Supaya suasana bulan puasa masih tetap terasa walaupun di rumah aja, kenapa nggak coba untuk pasang berbagai dekorasi Ramadan di rumah selama satu bulan ini. Kalau kamu biasanya melihat dekorasi khas Ramadan di mal, restoran, atau pusat keramaian lainnya, itu bisa jadi inspirasi buat dekorasi bernuansa Ramadan di rumah. Banyak dekorasi yang bisa kamu lakukan, mulai dari mengubah atau mengatur desain interior di rumah, sampai bikin sendiri dekorasi khas Ramadan.

Advertisement

1. Variasi dekorasi DIY bernuansa Ramadan. Hadirkan suasana bulan puasa dalam rumah dengan kreativitasmu

Photo by Annum Munir

Photo by Annum Munir via https://www.annum-munir.com

Kita mulai dari yang relatif paling gampang dulu. Kegiatan ini juga cocok banget buat dikerjain sambil ngabuburit bareng saudara-saudara. Apalagi yang anak-anak yang masih kecil. Kalian bisa mulai dengan bikin dekorasi buatan sendiri atau do it yourself (DIY) dari bahan-bahan kertas, karton, kardus, kain, cat, atau glitter.

Kalau bahan-bahan prakaryanya udah siap, tinggal cari tutorial di internet atau pakai kreativitas kalian buat bikin dekorasi khas Ramadan. Ornamen lampion timur tengah dari kardus bekas, tulisan “Ramadan Kareem” yang bisa digantung, atau ornamen-ornamen lain berbentuk masjid atau bulan dan bintang.

Advertisement

2. Lilin aromaterapi berbentuk bulan bintang. Ciptakan suasana rileks sambil ngabuburit menunggu beduk magrib

Photo by About Her

Photo by About Her via https://www.abouther.com

Selain prakarya, satu kerajinan tangan yang bisa kalian bikin sendiri adalah lilin aromaterapi yang bentuknya bulan dan bintang. Bikin lilin aromaterapi juga relatif gampang. Kalian tinggal siapin parafin berwarna, sumbu lilin, dan minyak esensial yang aromanya sesuai selera kalian.

Dari situ, tinggal cari cetakan bentuk bulan dan bintang. Masukkan parafin yang udah leleh dan minyak esensial. Terus, tunggu sampai mengeras, deh. Kalau udah jadi, taruh di atas meja dan lilin bisa dipakai buat kamu yang bersantai sambil nunggu berbuka puasa. 

3. Ramadan tiba, saatnya renovasi mushola di rumah. Hadirkan suasana Nyaman Buat Ibadah Lebih Khusyuk

Advertisement
Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://id.pinterest.com

Biasanya sebagian orang memanfaatkan momentum Ramadan buat patuh sama salat lima waktu, nih. Biar ibadahnya semakin nyaman dan khusyuk, coba segarkan tampilan musala setiap bulan puasa. Mungkin, kamu juga bisa merenovasi musala setiap beberapa tahun sekali supaya selalu terasa nyaman.

Bukan cuma tata ruang dan estetika desain interior aja yang diperhatikan, kamu bisa mulai memperhatikan aspek kehematan ruang (space-saving) dan pakai furnitur multifungsi. Kamu bisa jadikan ruang kosong di bawah tangga sebagai musala dan pasang furnitur-furnitur yang multifungsi. Misalnya, lemari kabinet untuk menyimpan sajadah dan mukena yang juga jadi partisi musala. 

4. Buka puasa bareng keluarga terasa lebih spesial. Dekorasi meja makan bernuansa Ramadan yang elegan

Photo by About Her

Photo by About Her via https://www.abouther.com

Jadi jarang bukber karena lagi situasi pandemi, mungkin ini saatnya buat bikin suasana ruang makan jadi lebih keren ala-ala restoran. Kalian bisa mulai dengan pasang taplak meja, alas makan, piring, alat makan, dan wadah makanan yang bernuansa timur tengah. 

Biasanya warna-warna yang identik sama dekorasi meja makan khas bulan puasa itu emas dan ungu. Begitu juga, motif ukiran khas timur tengah. Nah, kalian bisa masukin unsur-unsur ini ke dalam benda-benda di meja makan untuk suasana ruang makan kayak di restoran. Siapa tahu, dari situ kalian bisa ajak saudara, keluarga, atau teman-teman buka puasa di rumah. Tapi, dalam jumlah yang wajar dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, ya!

5. Pasang lentera khas Timur Tengah sebagai alternatif lampu meja. Hadirkan penerangan indah bernuansa Ramadan

Photo by Bayut

Photo by Bayut via https://www.bayut.com

Dekorasi terakhir di daftar ini adalah lentera dengan desain khas timur tengah, nih. Sebagai pengganti atau tambahan lampu meja selama Ramadan, coba pasang lentera yang biasanya punya motif ukiran yang kompleks ini. Bagian dalamnya diisi bohlam lampu yang warnanya bisa disesuaikan sama selera kamu dan keluarga.

Cahaya yang keluar dari sela-sela ukiran ini bakal nimbulin pola bayangan yang menarik banget, lho. Kelihatan keren banget apalagi kalau malam dan suasana  gelap. Bisa jadi dekorasi kalau lampu-lampu rumah sudah dimatiin dan biarkan lentera-lentera ini dinyalain sebagai aksen. 

Gimana? Menarik dan relatif gampang, kan, buat dilakuin? Meski bulan Ramadan ini enggak beda jauh sama tahun lalu, kalian tetap bisa menikmati suasana Ramadan yang kental dan khusyuk di rumah. Tetap semangat sampai Idul Fitri, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE