5 Ide Padupadan Warna Abu-abu, dari Japandi sampai Industrial pun Bisa!

Ide ruangan warna abu-abu

Seperti dua warna dasar—hitam dan putih yang membentuknya, abu-abu itu salah satu warna yang khas banget dalam interior design. Apalagi di desain interior minimalis. Abu-abu itu dilambangkan sebagai warna yang netral. Serius, stabil, dan dewasa. Keren banget, kan? Cuma ada yang bilang juga kalau abu-abu itu juga ngebosenin dan monoton.

Hmm… mungkin ada benernya juga kalau misalnya satu ruangan itu warnanya abu-abu semua. Sebagai penetral, abu-abu bisa, kok, tampil menarik kalau dipadupadankan sama warna-warna lain. Desain-desain interior populer sekarang ini seperti industrial, scandinavian, dan Japandi (japanese-scandinavian), abu-abu hampir selalu ada di dalamnya. Mau itu sebagai aksen utama, aksen tambahan, atau masuk ke dalam detail-detail pemanis.

Terutama Japandi dan turunannya. Terinspirasi dari gaya desain Jepang dan Skandinavia, Japandi yang mengedepankan desain yang sederhana dan fungsional cocok banget sama abu-abu yang bisa menghasilkan karakteristik itu. Nah makanya, Dekoruma udah ngumpulin beberapa contoh, nih, gimana kalau abu-abu dipadupadankan sama warna-warna lain dalam hunian. Mulai dari industrial sampai Japandi, lihat gimana abu-abu bisa bertransformasi kalau pasangan warna atau materialnya pas.

Advertisement

1. Abu-abu dan biru yang elegan, maskulin, dan teduh. Cocok buat diaplikasikan di ruang keluarga atau kamar tidur

Photo by Home Designing

Photo by Home Designing via http://www.home-designing.com

Kombinasi pertama adalah abu-abu dan biru bikin suasana yang terasa maskulin dan teduh. Abu-abu yang netral dan tidak terlalu memantulkan cahaya mendukung warna prussian blue bertekstur yang jadi headboard dan aksen kamar tidur pada gambar di atas.

Tampak kalau padupadan warna ini nyaman di mata karena nggak terlalu mencolok. Penggunaan kayu abu-abu dan dinding yang bermotif stained juga ngasih efek tekstur yang cozy. Perpaduan warna ini cocok ditaruh di ruangan untuk kamu istirahat atau konsentrasi kayak ruang keluarga, kamar tidur, atau ruang kerja. 

Advertisement

2. Keselarasan Abu-abu, Putih, dan Material Kayu. Perpaduan yang Minimalis, Hangat, dan Nyaman

Photo by Home Designing

Photo by Home Designing via http://www.home-designing.com

Padupadan ini bisa dibilang adalah kombinasi yang khas banget sama gaya scandinavian dan juga Japandi. Putih masih jadi warna yang dominan pada dinding dan beberapa furnitur kayak meja kopi dan armchair. Sementara abu-abu dan kayu muda berperan sebagai aksen di lantai, sofa, dan kabinet TV.

Kombinasi ini bisa dibilang adalah definisi dari interior modern dan minimalis saat ini. Kalau kamu cari gambar interior minimalis, tiga kombinasi atau minimal dua kombinasi ini selalu ada dalam desain interior minimalis. 

3. Pertemuan abu-abu tua dan abu-abu muda. Ruangan Serba abu-abu yang nggak monoton dan minimalis

Photo by Home Designing

Photo by Home Designing via http://www.home-designing.com

Daritadi udah digabungin sama warna lain, gimana kalau abu-abu dikombinasikan sama abu-abu juga? Kombinasi abu-abu tua dan abu-abu muda yang tepat juga bisa bikin ruangan tampil lebih menarik dan estetik, lho. 

Misalnya di dapur, kamu bisa pasang lemari dapur warna abu-abu muda yang dipasangin sama konter dan laci dapur warna abu-abu tua kayak gambar di atas. Dapur tetap terasa luas dan terang karena abu-abu muda yang dominan, tapi konter dan laci abu-abu tua jadi aksen yang menarik. 

4. Prediksi tren 2021: Abu-abu dan kuning. Dua warna yang saling bertolak belakang, tapi malah berpadu dengan menarik

Photo by My Move

Photo by My Move via https://www.mymove.com

Dua warna yang bertolak belakang satu sama lain. Benar-benar kontras, tapi begitu digabungin ternyata keren juga, ya. Beberapa ahli desain interior dan media memprediksi kalau abu-abu dan kuning bakal jadi kombinasi warna yang digemari pada tahun ini.

Melihat visualnya, ada benarnya juga, sih. Warna kuning yang mencolok tentunya jadi stand out di antara abu-abu yang kalem dan netral. Kuning bisa jadi aksen yang porsinya nggak terlalu besar kayak ditaruh di sarung bantal sofa, kursi, atau pot bunga. Tapi, kuning juga bisa jadi warna yang porsinya mirip sama abu-abu untuk tampilan ruangan yang lebih funky dan kontras.

5. Permainan tekstur khas desain interior industrial, ekspos material untuk dinding kasih suasana tegas dan mentah

Photo by Home Designing

Photo by Home Designing via http://www.home-designing.com

Material ini adalah ciri khas dari desain industrial atau mungkin turunan desain Japandi, Japandi industrial. Material ekspos biasanya dipakai buat dinding atau lantai. Beton ekspos atau semen ekspos tampil dengan warna abu-abu dan punya tekstur yang raw dan industrial. 

Digabungkan dengan warna abu-abu lainnya atau material lain kaya kayu atau furnitur dengan finishing matte, material ekspos kasih tampilan yang tegas dan maskulin ke dalam ruangan. Itu dia lima ide padupadan warna abu-abu dari kami. Keren, kan? Kelihatan kalau abu-abu itu warna yang fleksibel dan netral. Bisa berdiri sendiri, bisa digabungin sama warna-warna yang bener-bener beda, atau dikombinasikan antara abu-abu muda dan abu-abu tua. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE