5 Ide Ruang Makan di Rumah yang Bikin Kamu Betah Makan Berlama-lama!

inspirasi ruang makan

Berdasarkan namanya, ruang makan, ya, tentunya adalah tempat buat makan, kan. Setidaknya, ada kursi dan meja makan yang posisinya kurang lebih deket sama dapur. Ruang makan emang tempat buat makan, cuma seringkali ruang makan juga jadi pusat kegiatan dari orang-orang yang ada di rumah.

Bukan enggak mungkin, ruang makan jadi tempat bersantai setelah pulang kerja, tempat anak-anak ngerjain pekerjaan rumah (PR) dari sekolah, atau juga tempat ngobrol-ngobrol sekeluarga waktu akhir pekan.

Untuk sebagian keluarga, ruang makan jadi tempat mereka untuk ketemu dan berkumpul sebelum dan sesudah beraktivitas. Apalagi untuk keluarga sibuk yang masing-masing anggotanya banyak kegiatan. Waktu makan juga disempetin untuk ngobrol dan cerita banyak hal.

Nah, supaya ritual sarapan dan makan malem bareng atau makan siang wajib keluarga di hari Minggu, ruang makan juga mesti tampil keren dan nyaman, dong, pastinya. Supaya kamu dan keluarga betah makan dan berlama-lama di situ.

Desain interior Japandi (Japanese-Scandinavian) bisa jadi pilihan dasar buat ruang makan yang modern dan minimalis yang estetik dan nyaman. Gaya ini juga fleksibel kalau mau digabungin sama gaya-gaya interior lainnya.

Maka dari itu, coba lihat lima ide desain ruang makan di bawah ini dari Dekoruma. Siapa tahu ada yang cocok sama selera dan keinginanmu dan keluarga. 

Advertisement

1. Ruang makan berkonsep Japandi Industrial yang memikat. Ketangguhan desain maskulin dengan sentuhan modern-minimalis

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Industrial emang masih jadi salah satu desain interior paling favorit sekarang ini. Cuma kadang-kadang, rumah yang didesain murni dengan industrial aja bisa bikin penghuninya terasa dingin dan terlalu polos. Makanya, untuk kasih tampilan industrial yang tetap tangguh, maskulin, tapi tetap terasa homey, coba lihat desain Japandi Industrial berikut ini.

Kesan industrial masih terasa banget dari pemilihan dinding bata ekspos sebagai focal point ruang makan. Begitu juga railing tangga jaring-jaring dan aksen black metal di railing, gantungan lampu, bingkai jendela, dan balok plafon.

Advertisement

Lalu, elemen-elemen yang tegas banget ini digabungin sama furnitur dan material yang lebih kalem. Misalnya kursi dan meja makan kayu, gorden transparan, dan tanaman di sudut ruang makan. Kasih kombinasi yang nyaman di mata. 

2. Elegan dan mewah, tapi tetap homey dan nyaman. Ruang makan berdesain Japandi Modern yang estetik

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Desain ruang makan Japandi Modern ini bisa dibilang titik tengah antara desain interior yang luxurious dan minimalis. Kadang-kadang desain interior yang mewah kayak American Classic atau Modern French dirasa terlalu mewah.

Terutama dengan marmer, finishing emas atau brass, dan ornamen-ornamen lain yang kadang-kadang terasa terlalu dingin dan kaku.

Nah, di sinilah peran Japandi untuk menyeimbangkannya. Masuk elemen-elemen yang lebih modern dan minimalis. Kayu medium di kabinet dapur, kursi makan, dan kabinet dapur warna biru tua pastel.

Berpadu sama marmer dan finishing emas di gantungan lampu dan gagang pintu kabinet dapur, hadir tampilan ruang makan modern yang tetap homey

3. Selangkah dari dan menuju kitchen set. Ruang makan yang menempel dengan dapur dan berlimpah cahaya alami

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Ruang makan yang nyaman dan bikin betah berlama-lama buat makan dan ngobrol bukan cuma yang desain interiornya menarik dan estetik. Ruang makan yang terang dan terasa luas juga bisa bikin kamu betah berlama-lama, loh. Tempatkan ruang makan di area yang dekat dengan jendela yang besar.

Cahaya matahari alami yang masuk bakal bikin ruangan jadi terang tanpa perlu lampu dan rasanya kamu enggak “terkurung” dalam satu ruangan. Selain itu, biar hemat tempat (space-saving), gabungin dapur dan ruang makan di satu area yang sama.

Banyak cara yang bisa dilakuin dengan pintar dan multifungsi. Misalnya kayak bangku meja makan yang menyatu sama konter dapur. Multifungsi banget, kan? Apalagi di bagian sampingnya juga masih bisa jadi ruang penyimpanan. 

4. Permainan kayu yang dominan. Kasih kesan hangat dan alami dalam balutan desain Japandi Natural

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kayu adalah salah satu material yang paling sering dipakai buat desain interior minimalis. Warna dan tekstur alaminya cocok digabungin sama warna-warna khas minimalis kayak putih, krem, dan abu-abu. Juga, jadi aksen yang lebih natural buat tampilan ruangan yang lebih earthy dan hangat.

Desain ruang makan yang dominan material kayunya seperti ini masuk ke dalam kategori Japandi Natural. Yang tentunya, elemen alaminya datang dari kayu warna light-medium kayak Oak, Teak, dan Light Walnut.

Motif kayu yang ruas-ruasnya besar dan tampak jelas kayak gambar di atas, yang juga matching antara lemari rak, meja, dan kursi makan, bikin ruang makan jadi lebih hidup. Apalagi ditambah banyak tanaman yang ditaruh di rak atau lantai yang semakin ngedukung suasana alaminya. 

5. Akses dapur bersih yang gampang dan hemat ruang. Ruang makan modern dan minimalis tepat di sebelah pantry

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Masih soal menghemat ruang dengan enggak ngejadiin satu area sebagai ruang makan aja, ruang makan yang menyatu sama dapur bersih atau pantry juga bisa jadi pertimbangan. Dengan begitu, kamu bisa punya akses yang lebih gampang kalau mau ambil cemilan, minuman, atau bumbu buat makan.

Ruang makan yang terpisah dari dapur kotor juga akan lebih bersih dan bebas dari bau asap masakan atau kotoran saat proses memasak. Jadi, kamu dan keluarga bisa makan dengan lebih tenang dan bebas dari gangguan waktu ngobrol, deh.  

Cukup banyak dan beragam, kan, inspirasinya? Seperti yang dibilang sebelumnya, ruang makan bisa aja bukan cuma jadi tempat makan di rumahmu. Ruang makan juga bisa jadi jantungnya rumah yang jadi tempat kamu dan keluarga ngobrol dan bercengkrama.

Biar semakin mudah dan terbantu ketika mau bangun atau renovasi ruang makan seperti ini, coba cari dan konsultasikan visimu ke perusahaan jasa desain rumah pilihan, ya.  

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE