5 Ide Ruangan dengan Tembok Batu Bata

Interior Hunian dengan Tembok Batu Bata

Setidaknya, kamu pasti pernah lihat rumah temenmu atau saudaramu yang di salah satu ruangannya ada tembok batu bata. Kalau enggak ngerti, mungkin kamu bingung, kenapa temboknya enggak diplester terus dicat? Sebenernya ini salah satu teknik arsitektur dan desain interior yang sengaja dilakuin, loh.

Menghadirkan tembok batu bata ekspos adalah desain interior industrial. Inspirasinya dateng dari gudang dan pabrik di abad ke-19 dan 20 yang dindingnya terdiri dari batu bata yang enggak diselesaikan untuk kepraktisan dan utilitarianisme. 

Tampilan unfinished finished look ini malah populer. Terutama dengan booming-nya, tren hunian loft di New York pada 1960-1970-an. Seniman-seniman yang enggak punya uang mengubah bekas pabrik dan gudang jadi studio dan tempat tinggal mereka. Salah satu karakter desain yang ada, ya, tembok batu bata ini.

Jadi, bisa dibilang membiarkan tembok batu bata terekspos awalnya karena kendala biaya dan masalah finansial pemilik hunian. Namun sekarang, tembok batu bata ekspos jadi tren yang digemari buat hunian bergaya industrial. 

Bahkan sekarang ini, efek bata ekspos ini bisa didapetin bukan cuma pakai batu bata asli. Sebagai opsi yang lebih terjangkau lagi, tembok bisa dihiasi dengan wallpaper motif batu bata yang jenisnya macem-macem.

Kalau kamu salah satu orang yang kepincut sama desain industrial yang raw, tegas, maskulin, dan enggak neko-neko, Dekoruma punya lima ide buat kamu memanfaatkan tembok batu bata untuk semakin memperindah ruangan dengan cara yang enggak biasa.

Advertisement

1. Ruang Tamu atau Ruang Keluarga Anti Ngebosenin dengan Tembok Batu Bata. Bikin Furnitur dan Dekorasi Minimalis Jadi Lebih Cetar

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Salah satu kelebihan dari hadirnya tembok batu bata merah adalah furnitur dan dekorasi minimalis di hunianmu jadi tampil lebih menarik. Kontras antara tekstur batu bata yang keras dan kasar dengan furnitur seperti sofa minimalis, meja kopi, dan karpet justru bikin tampilan ruangan jadi semakin keren.

Tembok batu bata juga jadi latar belakang yang kece banget buat kamu yang suka pasang lukisan atau karya seni di rumah. Lukisan-lukisan yang punya warna cerah dan kompleks bakal stand out waktu dipasang di tembok batu bata. 

Advertisement

Ketika kedatangan tamu atau keluarga yang main ke rumah, desain interior dengan tembok bata seperti ini bisa jadi pujian buat tuan rumah, loh. Apalagi sama mereka yang mengerti soal nilai estetikanya.

2. Buat Yang Ngerti Cara Pembuatan Batu Bata, Dapur Bisa Dibilang Ruangan Paling Cocok Secara Prinsip Sama Batu Bata

Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via http://www.decoist.com

Kalian tahu enggak, sih, cara batu bata dibikin? Setelah dibentuk dari tanah liat, adonan batu bata itu dibakar dalam suhu yang tinggi. Secara prinsip, sama enggak, sih, sama fungsi dapur? Cuma kalau di dapur fungsinya buat manasin berbagai macam makanan.

Advertisement

Selain disatuin sama elemen api yang ada di dapur, tembok batu bata emang selalu cocok buat ada di dapur. Misalnya, dari oven pizza tradisional di Italia yang terbuat dari batu bata atau dekorasi French Bistro tradisional yang juga ada tembok batanya.

Tembok batu bata biasanya dipasang di deket kompor atau kitchen set. Dipasangin sama lantai kayu warna gelap kayak di gambar juga oke, mengingat kayu juga salah satu elemen desain industrial

3. Batu Bata Enggak Selalu Harus Merah. Batu Bata Putih yang Lebih Modern Buat Menghias Ruang Kerja di Rumah. Betah, Deh, Selama WFH

Sumber: DigsDigs

Sumber: DigsDigs via http://www.digsdigs.com

Batu bata emang paling dikenal sama warnanya yang merah atau oranye. Cuma, opsi warna batu bata enggak cuma itu aja, kok. Ada juga batu bata warna putih, abu-abu tua, atau hitam buat tampilan batu bata yang lebih modern. 

Pembuatan batu bata berwarna ini sama kayak batu bata konvensional. Namun, alih-alih langsung dijemur setelah dibakar, batu bata ini direndam dalam larutan pewarna untuk menghasilkan warna yang diinginkan.

Buat kamu yang pengin tampilan interior yang lebih monokrom, tapi masih pengin tambahin unsur batu bata, batu bata putih atau hitam bisa jadi pilihan. Contohnya kayak di ruang kerja ini.

Ditambah cahaya dari atas dan balok kayu di plafon, nuansa industrial berpadu sama furnitur kerja minimalis dan modern kayak kursi dan meja kerja, serta rak dinding. 

4. Kasih Aksen Tembok Batu Bata Khas Loft New York di Kamar Tidurmu. Pasangkan Sama Headboard Kayu Buat Tampilan Industrial Maksimal

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via http://www.thespruce.com

Satu hal yang bisa jadi inspirasi dari desain interior loft khas New York adalah tembok bata yang sampai muncul di kamar tidur. Posisinya sebagai tembok aksen di belakang headboard tempat tidur. 

Selain ngasih nuansa industrial yang kental dan kontras sama keseluruhan desain interior kamar, tembok batu bata juga jadi focal point dari kamar tidur.

Furnitur kayu seperti headboard, kursi, serta lantai kayu juga jadi perpaduan yang pas sama tembok batu bata. Suasana kamar tidur juga terasa lebih hangat dan nyaman buat beristirahat. 

5. Siapa Bilang Tembok Batu Bata Enggak Cocok di Kamar Mandi? Tinggalin Kesan Kamar Mandi Yang Terlalu Licin dan Steril dengan Kehadiran Tembok Batu Bata

Sumber: Houzz

Sumber: Houzz via http://www.houzz.com

Biasanya, kamar mandi dihias sama keramik di tembok dan lantainya. Umumnya, sih, begitu, cuma lama-lama ngebosenin juga, ya. Apalagi kalau keramiknya warna putih, marmer, atau cuma sekadar pasang tegel aja. Nah, kenapa enggak coba pasang tembok bata di kamar mandi?

Batu bata yang terekspos sendiri sebenernya material yang enggak boleh terlalu sering kena air dan basah. Ini karena air akan masuk ke pori-pori batu bata, bikin retak, bahkan hancur.

Untuk itu, pastikan posisikan tembok batu bata di area kering kamar mandi. Misalnya, di dekat wastafel atau toilet. Hadirnya jendela atau exhaust fan juga membantu buat menjaga sirkulasi udara kamar mandi supaya tembok batu bata enggak lembap.

Tembok batu bata bisa jadi pilihan buat kamu yang pengin kasih aksen unik dan enggak biasa di rumah. Gaya minimalis dan modern bisa punya tampilan beda ketika disandingkan sama tembok batu bata.

Kalau kamu mau pasang tembok bata asli yang bukan wallpaper atau tempelan, pastikan hubungi jasa desain rumah supaya hasilnya maksimal, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE