5 Inspirasi Dapur Cantik Untuk Kamu yang Doyan Masak

ide desain dapur

Bagi kamu sang koki di rumah, dapur tentunya jadi tempat paling favorit buat berkreasi atau bereksperimen sama masakan-masakan. Di beberapa rumah sekarang, dapur juga jadi salah satu pusat aktivitas di rumah, khususnya pas weekend. Kamu bersama pasangan atau anak-anak bisa memasak bersama sambil bercengkrama untuk makan siang.

Maka dari itu, pemilik rumah saat ini mulai sadar buat mendesain dapur dengan lebih serius. Dapur yang tampil cantik bisa membuat penghuni rumah yang suka masak jadi berasa lebih nyaman dan semangat. Mereka yang suka membantu atau nongkrong di area dapur juga bisa menikmati suasana dapur yang apik.

Kamu boleh percaya atau nggak dapur yang rapi dan tampil menarik bisa mempengaruhi hasil dan rasa masakannya, loh. Nah, banyak banget referensi dari berbagai gaya desain interior dapur yang bisa bikin tampilan dapurmu cantik.

Lihat beberapa inspirasinya berikut ini. Dekoruma udah ngumpulin lima desain dapur cantik dalam berbagai gaya dan elemen, nih. Simak di bawah ini, ya. 

Advertisement

1. Tingkatkan estetika dapur dengan mudah melalui permainan backsplash dapur yang menarik

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Buat yang belum tahu apa itu backsplash, backsplash adalah tembok pemisah antara bagian atas konter dapur dan lemari dapur atas. Normalnya, backsplash bisa aja dibiarin polos dan warnanya sesuai sama warna cat dinding dasar. Tapi, sekarang ini pemilik rumah berlomba-lomba buat bikin tampilan backsplash-nya semenarik mungkin.

Mulai dari diberi warna cat yang kontras dengan cat dinding dapur, pasang keramik subway tiles yang industrial, moroccan tiles yang eksotis, keramik bermotif geometris, ataupun wallpaper bermotif macam-macam.  

Advertisement

2. Serasa jadi koki restoran mewah bintang lima. Bawa suasana french bistro yang stylish dan elegan ke dapur rumah

Sumber: One King's Lane

Sumber: One King’s Lane via https://www.onekingslane.com

Pernah punya pengalaman ke restoran mewah berdesain french bistro? Selain makanannya yang enak, suasana khas restoran Perancis mewah juga membentuk pengalaman yang menyenangkan ke restoran itu. 

Kamu juga bisa menghadirkan suasana french bistro yang mewah dan klasik di dapur rumah. Gaya interior yang dihadirkan adalah modern french country yang bernuansa rustic dan mewah. French country dikenal dengan pemilihan warna-warna netralnya, namun kamu juga bisa berkreasi dengan warna-warna cerah.

3. Klasik tidak pernah salah. Perpaduan all white dan gold yang elegan dan tak lekang oleh waktu

Advertisement
Sumber: Elle Decor

Sumber: Elle Decor via https://www.elledecor.com

Desain interior dapur yang satu ini masih menjadi tren sampai saat ini dan memang menjadi salah satu desain yang timeless dan elegan. Dengan warna utama putih di seluruh ruangan, dapur akan terasa lapang. 

Meski dominan warna putih, jangan takut kalau furnitur-furnitur dapur bakal kotor. Furnitur-furnitur sekarang lebih mudah dibersihkan, apalagi kalau memang ditempatkan di dapur. Membuatnya nyaman saat memasak. Kemudian, hadir aksen warna emas di pegangan pintu kabinet, laci, juga keran bak cuci yang menghadirkan efek mewah yang halus.

4. Bangun suasana dapur yang beda dari yang Lain. Pakai material kayu yang dominan untuk mood hangat dan alami

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Material kayu yang dominan seringkali bukan jadi pilihan pertama seseorang waktu akan membangun dapur. Padahal, dapur yang furniturnya banyak terbuat dari kayu bisa memberikan suasana yang lebih alami, hangat, dan tropis di rumah. Warna kayu yang kalem bikin dapur jadi terasa lebih adem. Terlebih kalau kamu juga mengoleksi tanaman, kamu bisa meletakkan tanaman-tanaman ini di dapur untuk memberikan efek yang lebih segar. 

5. Lantai dapur keramik hitam putih ala papan catur. Timeless, klasik, dan cocok untuk ragam desain Interior dapur

Sumber: Houzz

Sumber: Houzz via https://www.houzz.co.uk

Pernah menjadi tren beberapa tahun ke belakang, lantai keramik hitam putih seperti papan catur di dapur sudah menjadi salah satu desain interior dapur yang klasik dan timeless. Lantai keramik hitam putih ini memang merupakan aksen yang menarik dan masuk ke dalam berbagai jenis desain interior. Fleksibilitasnya bikin gaya ini nggak gampang terasa kuno dan mampu bikin suasana dapur terasa lebih glamor. 

Itu dia lima inspirasi dapur cantik untuk kamu yang hobi berkutat sama masakan waktu lagi di rumah. Dalam menentukan desain interior dapur yang diinginkan, jangan lupa untuk tetap dicocokan sama desain interior rumah secara keseluruhan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE