5 Inspirasi Dapur dengan Meja Bar, Estetik dan Nyaman Banget!

Model meja bar cantik

Punya meja bar di dapur sebelumnya mungkin bukan jadi furnitur yang umum di dapur orang Indonesia. Bar identik sama tempat untuk nyimpen dan bikin minuman beralkohol. Begitu juga bar di rumah, seperti yang sering kalian lihat di film-film Hollywood.

Meskipun begitu, bar sebenernya enggak selalu buat nyimpen dan bikin minuman beralkohol, kok. Kalau kalian mengonsumsi minuman beralkohol tidak masalah, cuma bar di dapur juga bisa jadi tempat makan yang lebih praktis. Ini juga sebenernya kebiasaan yang lebih sering dilakukan di luar negeri. Seseorang enggak selalu makan di meja makan, terutama kalau cuma sendiri dan makan makanan yang gampang dan cepet kayak sarapan atau snack.

Jadinya mereka akan makan di meja bar setelah ngambil makanan dari kulkas atau masak sebentar di dapur. Jadinya, enggak perlu jauh-jauh jalan ke ruang makan. Bukan cuma itu, meja bar juga bisa jadi tempat buat duduk-duduk, ngumpul, dan ngobrol-ngobrol bareng orang rumah atau buat jadi tambahan area konter dapur kalau lagi persiapan masak yang banyak. Kalau kalian tertarik buat ningkatin desain interior dapur di rumah, Dekoruma kasih lima inspirasi dapur dengan meja bar yang estetik dan nyaman banget. 

Advertisement

1. Duet warna putih dan kayu, perpaduan elemen desain minimalis yang selalu kelihatan klasik dan cemerlang

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Ngomongin soal desain minimalis, perpaduan warna putih sama kayu warna medium kayak gini emang enggak pernah salah, deh. Warna putih yang dominan di tembok, kabinet, sampe konter ngingetin sama desain Japandi atau Japanese-Scandinavian, yang mana putih jadi warna utama.

Posisi meja bar ada di seberang kompor dan sebelah kulkas. Dengan finishing kayu yang senada sama konter dapur. Kasih akses yang gampang buat naruh makanan atau minuman. Enggak lupa kursi bar atau bar stool dan pendant lamp yang tampilannya rustic dan vintage. 

Advertisement

2. Bold dan sleek dengan gaya Japandi Urban. Tampilan kontras furnitur minimalis yang dibalut dengan warna pastel yang ngejreng

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Masih seputar desain modern minimalis, khususnya Japandi. Inspirasi ini cocok buat kamu yang suka tampilan yang lebih trendi dan ngejreng. Warna-warna pastel kayak biru muda ini, digabungin sama kabinet dan konter dapur tanpa gagang pintu. Ngasih tampilan yang lebih sleek apalagi dengan tambahan warna putih di permukaan konter dan backsplash.

Meja bar hadir dengan bar stool berdudukan bundar dari material kayu muda, buat tampilan yang lebih natural di dapur. Desain kayak gini adalah Japandi Urban yang memang karakternya terlihat dari furnitur yang kontemporer, tapi tetap minimalis dan punya aksen pastel.

3. Dapur bergaya Industrial-Natural dengan tembok bata ekspos, kayu warna muda, dan bar tanpa kursi bar

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kitchen set ini tampilannya cukup normal dengan furnitur perpaduan putih dan kayu muda. Cuma, yang jadi focal point adalah tembok bata ekspos di sebelah kiri. Identik sama gaya industrial. Ditambah sama finishing black metal di pintu dapur dan jendela konter yang bikin dapur lebih terang dan lapang karena melimpahnya sinar matahari.

Kesan natural didapatkan dari konter dapur dan meja bar dari kayu dan tanaman hias di sudut-sudut dapur. Menariknya, bagian kiri bar dijadikan rak terbuka untuk nyimpen piring dan gelas. Terus, bukannya pakai kursi bar, bangku panjang bisa jadi alternatif kursi bar yang lebih nyaman, nih.

4. Pondasi meja bar dari roster beton. Menyulap tampilan dapur jadi lebih unik dengan sedikit drama

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Dari tadi meja barnya gitu-gitu aja, enggak, sih? Dibandingin sama meja bar di dapur ini, meja bar sebelumnya emang jadi kelihatan biasa aja, sih. Kamu bisa kasih tampilan yang unik dan menarik perhatian banget di dapur. Daripada cuma pakai fondasi HPL atau blok kayu, roster beton bisa jadi pilihan yang enggak biasa dan estetik.

Roster beton sendiri adalah beton dengan rongga-rongga. Sejatinya, lebih sering dipakai untuk fasad bangunan atau eksterior untuk ningkatin sirkulasi udara, tapi akhir-akhir ini uda mulai dipakai buat interior karena nilai estetikanya. Berpadu sama tembok bata ekspos di bagian kanannya, dapur ini tampil lebih dramatis karena roster beton. 

5. Nuansa rustic ala farmhouse di pedesaan dengan dapur dan meja bar berdesain Japandi Klasik.

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Farmhouse atau rumah peternakan adalah dekorasi yang diambil dari gaya khas rumah-rumah di pedesaan dan peternakan Amerika Serikat. Beberapa ciri desain yang identik sama farmhouse itu kayak furnitur dari kayu warna putih, dengan panel-panel yang kelihatan jelas. Terus, plafon dengan balok kayu dan suasana yang hangat dan homey.

Inspirasi ini yang kemudian di-capture dan digabungin sama gaya Japandi dan menghasilkan Japandi Klasik. Warna putih mendominasi dengan profil kabinet dan rak berpanel dan bergagang pintu. Kursi dan bar stool yang dipilih juga punya tampilan rustic buat tampilan klasik yang lebih maksimal. 

Hmm… kebayang, kan, enaknya bangun pagi, terus nyiapin sarapan dan makan di meja bar yang keren dan nyaman ini? Nah, sekarang kalian yang udah tahu fungsi meja bar di dapur, konsultasikan aja sama perusahaan jasa desain rumah pilihanmu tentang gimana masukin meja dapur ke dalam desain dapur yang akan segera dibangun. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE