5 Inspirasi Interior Rumah Bernuansa Hijau, Asri dan Seger Banget!

Desain Ruangan Warna Hijau yang Cantik

Kalian di sini ada yang familiar sama psikologi warna, kah? Psikologi warna itu sendiri adalah sebuah teori yang menyatakan kalau sebuah warna bisa punya pengaruh terhadap aspek emosional manusia. Mulai dari suasana hati, karakter, perasaan, sampai perilaku manusia, loh.

Setiap warna punya psikologi warnanya sendiri dan ini merupakan ilmu psikologi yang sudah dipelajari sejak berabad-abad lalu, loh. Makanya, pemilihan warna yang efeknya sesuai dengan yang diharapkan itu penting. Termasuk untuk desain interior hunian. Sebagai tempat tinggal, warna-warna yang ada di rumah harus yang membawa emosi-emosi yang positif, dong.

Salah satunya adalah warna hijau. Warna hijau tentunya paling melambangkan alam dan suasana yang asri dan segar. Hijau juga diyakini sebagai warna yang membawa rasa aman, tenang, kesehatan, bahkan kesuburan. Hijau juga warna yang mengurangi tingkat stress.

Enggak heran, hijau masih menjadi tren warna interior menjelang tahun 2022 ini. Khususnya warna-warna hijau yang lebih muda dan pucat seperti Sage Green, Mint Green, Jade Green, atau Kelly Green. Lalu, buat warna hijau yang lebih tua ada Forest Green, Army Green, atau Marine Green.

Tentunya nuansa asri dan segar enggak cuma didapat dari warna cat tembok atau furnitur aja, tapi juga tanaman di dalam ruangan yang membentuk genre desain interior seperti Natural, Tropical Modern, atau Urban Jungle yang memanfaatkan banyak tanaman hias.

Dari dua cara untuk membangun nuansa hijau di rumah, kombinasi dekorasi interior hijau dan tanaman hias yang indah bakal bikin tampilan interior ruangan yang alami, menenangkan, dan pastinya fresh.

Sebagai inspirasi, Dekoruma udah ngumpulin lima inspirasi dari berbagai ruangan di rumah yang bernuansa hijau. Begitu ngelihat pasti langsung jatuh cinta dan pengin mendekorasi rumah jadi kayak gini. 

Advertisement

1. Nyaman, Rileks, dan Tenang Waktu Kumpul dan Santai di Ruang Keluarga. Tembok Warna Sage Green Yang Indah dan Kalem

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Ketika kamu mau mendekorasi rumah dengan nuansa hijau, kuncinya adalah jangan terlalu lebay. Jangan malah semua dekorasi, warna cat dinding, dan furnitur jadi warna hijau. Proporsinya harus pas dan seimbang. Kalau temboknya berwarna hijau, furniturnya tidak perlu warna hijau juga.

Sementara kalau dindingnya warna netral, furniturnya baru bisa menggunakan dominasi warna hijau. Contohnya kayak ruang keluarga yang ada di foto ini. Temboknya dicat pakai warna Sage Green yang asri dan kalem.

Advertisement

Terus, penggunaan sofa dan karpet warna orange bata dan merah, serta meja TV dari material kayu muda kasih kontras yang menawan dengan dinding warna hijaunya. Enggak lupa tanaman hias di samping sofa dan akses langsung ke taman samping rumah yang bikin cahaya matahari melimpah masuk. 

2. Warna Hijau dan Tanaman Hias di Ruang Kerja. Tingkatkan Produktivitas dan Jauhkan Kamu Dari Stress Selama Bekerja

Sumber: Livingetc

Sumber: Livingetc via https://www.livingetc.com

Dua fakta tentang warna hijau dan tanaman hijau yang perlu kamu tahu. Warna hijau mampu membawa efek yang menenangkan untuk mengurangi tingkat stress seseorang. Begitu juga tanaman hijau yang apabila dirawat dengan rutin juga bisa mengurangi tingkat stress pemiliknya.

Advertisement

Dengan begitu, cocok banget, kan, buat diaplikasikan ke ruang kerja. Lebih lanjut warna hijau dan tanaman juga mampu meningkatkan fokus dan produktivitas selama bekerja, loh.

Tembok warna hijau yang sedikit lebih gelap jadi bingkai buat rak buku, meja komputer, dan kursi kantor warna putih yang minimalis dan modern. Sebagai tambahan dekorasi, ada ottoman warna hijau juga dengan motif naga dan tanaman hias di atas meja dan di ujung ruang kerja yang semakin memperkuat nuansa segar dan alaminya. 

3. Tren Interior Dapur yang Bakal Jadi Klasik. Perpaduan Warna Hijau dan Emas Buat Kitchen Set Dapur yang Elegan dan Kekinian

Sumber: Ideal Home

Sumber: Ideal Home via https://www.idealhome.co.uk

Kalian yang suka desain interior pasti familiar kalau salah satu tren warna dapur yang paling hot beberapa tahun ke belakang adalah warna hijau dan emas. Lemari, kabinet, rak, dan konter dapur dibuat berwarna hijau dalam beberapa jenis warna hijau yang berbeda.

Barulah, furnitur yang terbuat dari metal seperti keran bak cuci piring, gagang kabinet dapur, tarikan laci, sampai lampu gantung menggunakan warna emas yang memberikan kesan mewah dan elegan. 

Begitu pula dengan countertop marmer atau granit yang semakin memperindah tampilan kitchen set hijau dan emas yang trendi dan menawan. Serta, tanaman hias yang semakin memperkuat kesan alaminya. 

4. Stand Out di Antara Warna dan Material Netral. Aksen Dinding Warna Hijau di Tengah Ruang Utama

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Masih tentang gimana aksen warna hijau bisa bikin tampilan ruangan jadi lebih menarik dan menawan, desain ini adalah salah satu contoh yang bagus. Tampak bahwa living area didominasi warna dan material yang netral dan alami. 

Seperti penggunaan kayu pada kabinet dapur, meja makan, dan kursi makan, serta warna putih dan abu-abu pada konter dapur dan nuansa ruang keluarga. Barulah di tengah-tengah ada dinding yang dicat penuh warna hijau. Hasilnya area living space jadi terasa fresh dan menawan. 

5. Kamar Mandi Serba Hijau Berkonsep Urban Jungle. Asri dan Segar Serasa Lagi Mandi di Tengah Taman

Sumber: Archi-living.com

Sumber: Archi-living.com via https://www.archi-living.com

Desain interior Urban Jungle jadi salah satu gaya interior yang bisa memaksimalkan penggunaan warna hijau di dalamnya. Urban Jungle sendiri adalah desain interior yang mengedepankan unsur alami dan eksotis pada hunian melalui unsur-unsur seperti warna-warna yang membumi (earthy), material alami, atau motif hewan.

Hijau sendiri masuk ke dalam kategori warna yang earthy dan cocok dipadukan material alami seperti kayu. Inilah yang diterapkan di kamar mandi pada foto di atas. 

Di antara jumlah tanaman hias yang banyak, terlihat bahwa pemilik rumah memasang wallpaper hijau dengan motif daun palem. Penggunaan lantai kayu bermotif chevron juga memberikan tampilan yang keren dan modern. Suasana lagi mandi terasa asri banget, kan? 

Variasi warna hijau yang banyak dan beragam memberikan banyak kesempatan untuk pemilik rumah melakukan eksplorasi. Pastinya, pilihan warna hijau yang tepat akan menciptakan nuansa asri dan segar yang juga menawan dan punya daya tarik maksimal. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE