5 Inspirasi Kamar Tidur Bergaya Loft, untukmu yang Punya Kamar Sempit dan Banyak Barang

Kamar tidur loft

Desain apartemen menggunakan loft bed banyak kita temukan pada hunian-hunian modern. Loft sendiri sebenarnya merujuk pada lantai atas atau loteng sebuah bangunan. Dengan kata lain, ini adalah ruangan yang langsung berada di bawah atap.

Pada bangunan apartemen, loft biasanya digunakan untuk menambah ruang horizontal yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Sekarang banyak yang menjadikan konsep loft untuk mendesain ranjang di kamar yang ukurannya dianggap kurang luas. Dengan menjadikan loft sebagai tempat tidur multifungsi, kamu bisa memiliki ruang lebih untuk melakukan beragam aktivitas mulai dari membuat ruang kerja hingga penyimpanan pakaian.

Lantas, bagaimana cara membuat loft bed yang artistik sekaligus nyaman untuk tempat beraktivitas? Simak beberapa inspirasi desain dari Arsitag berikut ini!

1. Loft bed sekaligus ruang kerja

Tempat Tidur Loft dan Ruang Kerja Multifungsi

Tempat Tidur Loft dan Ruang Kerja Multifungsi via https://www.thespruce.com

Advertisement

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ranjang dengan konsep loft biasanya digunakan sebagai ruang multifungsi. Salah satunya adalah sebagai ruang kerja yang bisa kita lihat pada contoh desain di atas. Kalau kamu membutuhkan ruangan yang sama, Harpoon House yang ada di Portland Oregon ini menggunakan konsep loft dengan tempat tidur yang sekaligus berfungsi sebagai kantor rumahan. Di bagian bawah, sang desainer memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan pakaian dan aneka keperluan lain.

2. Loft bed sekaligus room divider atau penyekat ruangan

Sekat Ruangan Dialihfungsikan Menjadi Ranjang dan Tempat Penyimpanan

Sekat Ruangan Dialihfungsikan Menjadi Ranjang dan Tempat Penyimpanan via https://www.thespruce.com

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pemilik apartemen adalah kurangnya pembatas antara ruang tamu, dapur, dan kamar tidur. Jordan Parnasse membuat gagasan merancang tempat tidur loteng yang juga berfungsi sebagai sekat antar ruang sekaligus tempat penyimpanan. Loft bed ini tidak memerlukan tangga karena rak di sini juga difungsikan menjadi tangga.

3. Ranjang loft dengan pemandangan langit yang memukau

Ranjang Loft dengan Pemandangan Langit yang Memukau

Ranjang Loft dengan Pemandangan Langit yang Memukau via https://www.thespruce.com

Buat kamu yang menginginkan nuansa berbeda dalam rumah, konsep loft bed satu ini adalah salah satu ide brilian yang bisa ditiru. Sang desainer sengaja meletakkan ranjang dekat dengan skylight yang langsung mendapatkan sinar matahari dari balik kaca tebalnya. Pada siang hari, ruangan akan mendapatkan cukup pencahayaan alami, di malam hari ada pemandangan langit bertabur bintang malam yang bisa kamu nikmati. Menarik sekali, bukan?

Advertisement

4. Ranjang loft dengan banyak ruang penyimpanan

Ranjang Loft dengan Ruang Penyimpanan Serbaguna di Bawahnya

Ranjang Loft dengan Ruang Penyimpanan Serbaguna di Bawahnya via https://www.thespruce.com

Tempat tidur dengan tangga adalah desain loft bed yang umum kita temukan. Akan tetapi, desain ini menampilkan sesuatu yang berbeda dengan memaksimalkan semua ruang di bagian bawah ranjang sebagai area penyimpanan. Dengan bahan kayu yang tampak cozy, sang desainer membangun kabinet-kabinet menjadi tangga. Di bagian bawahnya masih ada walk-in closet untuk menyimpan koleksi pakaian. Tertarik?

5. Ranjang Loft di Atas Dapur

Ranjang Loft di Atas Dapur

Ranjang Loft di Atas Dapur via https://noordinaryhome.com

Apartemen kecil dengan desain modern serba putih ini mencoba mengatasi kekurangan ruang dengan cara menyulap ranjang menjadi bagian atap dapur. Mungkin kamu belum pernah membayangkan konsep semacam ini sebelumnya, tetapi sang desainer berhasil melakukan eksekusi dengan baik lewat desain yang modern. Tidak hanya multifungsi, tetapi juga menarik secara visual.

Desain loft memang merupakan salah satu pilihan jitu untuk mengatasi keterbatasan ruang. Beberapa contoh loft bed di atas bisa Anda terapkan di rumah atau apartemen yang Anda miliki. Selamat mencoba! 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE