5 Inspirasi Kombinasi Warna di Ruangan, Rumah Jadi Lebih Atraktif!

ide perpaduan warna di ruangan

Waktu kamu ditanya, warna apa yang paling sering dilihat di rumah, mungkin yang pertama kali terlintas di kepalamu adalah putih. Ya, warna putih bisa dibilang warna wajib yang pasti ada di rumah. Sifatnya yang netral dan bisa dipadukan dengan warna apa saja, bikin warna putih jadi warna paling aman buat dipakai di rumah.

Biasanya, warna putih dipadukan sama warna-warna netral lain seperti abu-abu, krem, hitam, atau mungkin warna kayu muda atau tua. Palet warna ini adalah signature dari rumah berdesain modern dan minimalis sekarang. 

Tapi setiap hari cuma melihat warna-warna ini lama-lama bosen juga, deh. Pilihan warna netral mungkin paling aman buat bikin rumah jadi kelihatan lebih rapi, luas, dan bersih, tapi warna-warna lain yang lebih cerah dan variatif bikin rumah bakal tampil lebih atraktif.

Kamu mungkin bisa memanfaatkan kekuatan warna putih atau warna netral lainnya yang cocok dikombinasiin sama berbagai warna atau motif. Setiap jenis warna punya aura dan efek yang berbeda-beda dan mampu mentransformasi ruangan untuk punya suasana dan karakter tersendiri yang beda dari ruangan-ruangan lain.

Makanya, kalau kamu lagi punya lebih banyak waktu luang sekarang ini, mungkin salah satu cara buat mengisi waktu adalah dengan mengecat ulang kamar tidur, ruang kerja, atau ruang tengah di rumah dengan warna baru yang disukai. Lihat lima inspirasi kombinasi warnanya dari Dekoruma di bawah ini, ya.

Advertisement

1. Kalem, alami, dan segar. Perpaduan warna putih, hijau muda, dan kayu muda di kamar tidur untuk istirahat yang lebih nyaman

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Selain melambangkan kesuburan dan kesehatan, warna hijau juga dipercaya membawa aura yang menenangkan, alami, nyaman di mata, bahkan menyembuhkan, lho. Makanya beberapa rumah sakit punya seragam perawat atau interior yang berwarna hijau. Kamu bisa merasakan suasana ini di kamar tidur dengan menambahkan warna hijau, khususnya hijau muda di kamar tidur.

Dipadukan dengan warna putih dan warna kayu muda dari beberapa furnitur seperti rangka tempat tidur, meja komputer, dan lemari baju, kamar tidurmu bakal tampil lebih segar, alami, dan bikin istirahatmu jadi semakin nyenyak dan berkualitas.

Advertisement

2. Menambahkan nuansa industrial yang kental dengan warna merah bata di dapur. Buat dapur jadi menarik dengan aksen tembok bata

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Gaya industrial modern juga jadi salah satu desain interior yang populer akhir-akhir ini. Elemen desain yang sering dipakai adalah tembok bata. Batu bata ekspos justru bikin ruangan jadi terkesan maskulin dan jadi daya tarik tersendiri, terlebih ketika digabungkan dengan warna-warna netral seperti putih atau coklat muda.

Kamu bisa bangun sendiri tembok bata ini dengan batu bata asli, tapi kalau nggak memungkinkan, kamu bisa pasang wallpaper dinding atau mengecat dinding dengan bermotif batu bata. Pastinya warna merah bata yang khas itu bakal jadi aksen yang menarik di ruangan.

3. Warna oranye kemerahan yang menyala, berikan Pop of Colour di ruangan

Advertisement
Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Seperti yang dibilang sebelumnya, ruangan yang cuma ada warna-warna netral lama-lama bakal bikin bosen, deh. Makanya, kamu bisa dengan instan bikin pop of colour dengan pasang warna-warna yang cerah dan nyentrik. Misalnya oranye kemerahan seperti ini atau juga pilihan antara keduanya. 

Keluarga warna merah-oranye yang memberi kesan berani, kegembiraan, semangat, dan kekuatan bakal ngasih suasana yang sama di ruangan yang tadinya cuma warna putih polos. Tampilan ruangan bakal langsung kelihatan gres banget, deh.

4. Lembut dan feminin sesuai kepribadian sang kepala dapur. Perpaduan warna lilac dan putih untuk dapur yang tampil beda

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Walaupun sekarang masak-memasak di rumah bukan cuma urusan perempuan aja, umumnya kepala dapur di rumah itu istri atau ibu. Sebagai bentuk apresiasi, dapur juga bisa tampil lebih lembut dan feminin dengan perpaduan warna lilac seperti gambar di atas. 

Gabungan warna lilac, putih, dan kayu muda dari lantai, konter dapur, kursi, dan meja makan memberikan suasana yang hangat dan lebih romantis, dibandingkan dapur yang biasanya memakai palet warna yang lebih netral.

5. Nuansa elegan dan mewah dengan biru tua. Ruangan hadir dengan palet warna yang lebih tegas dan kuat

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kamu mungkin pernah denger ungkapan “blue is the warmest colour” yang sebenarnya diambil dari judul film Hollywood. Merujuk sama warna laut, biru memang memberikan suasana yang hangat dan tenang, tapi aura biru tua, biru muda, dan jenis warna biru lain di antaranya juga beda-beda.

Biru tua bisa mengubah suasana ruangan jadi lebih elegan dan mewah. Secara psikologi warna, biru tua memberikan kesan yang cerdas, profesional, keahlian, dan stabilitas. Pastinya, biru tua memberikan aksen yang lebih kuat dan tegas dalam sebuah ruangan terutama saat dipadukan dengan warna-warna yang lebih netral. 

Itu dia, lima kombinasi warna di berbagai ruangan di rumah buat inspirasi kamu yang sedang mau bangun rumah atau renovasi rumah. Supaya kamu lebih yakin dan nggak salah pilih soal kombinasi warna apa yang cocok, kamu tentunya bisa atau perlu konsultasi dengan perusahaan jasa desain rumah supaya pemilihan warnanya sesuai dengan selera dan apa yang kamu mau, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE