5 Inspirasi Padupadan Warna Pastel pada Hunian

desain ruangan warna pastel

Warna pastel emang lagi jadi tren di berbagai bidang. Mulai dari fesyen, teknologi, sampai tentunya desain interior. Ketika dipandang, warna pastel kelihatan menarik karena tekstur warnanya yang halus dan pucat, tapi juga masih cerah dan menyenangkan. 

Saking populernya, beberapa orang bilang kalau pastel itu “the new neutral” atau mulai menggantikan dominasi warna-warna netral khas desain interior minimalis kayak putih, abu-abu, krem, atau coklat.

Menariknya, pucat dan halusnya tekstur warna pastel itu didapat dari campuran warna putih yang jumlahnya diatur sedemikian rupa. Jadi, warna putih itu rasio campurannya harus pas. Putih yang kebanyakan atau kedikitan enggak bakal menghasilkan warna khas pastel yang kita kenal. 

Sekarang ini, warna-warna pastel yang sekarang sering dipakai adalah pink, kuning, biru, mint, dan hijau. Pastel juga bakal jadi aksen warna yang menarik untuk desain interior bergaya minimalis seperti Japandi atau Scandinavian, yang mana banyak warna netral dipakai. 

Walaupun bisa berdiri sendiri, memadukan dua atau lebih warna pastel dalam satu ruangan bisa bikin hunian jadi lebih menarik, loh. Dekoruma kasih lima inspirasi dari kombinasi warna pastel di beberapa ruangan di rumah.

Advertisement

1. Perpaduan salmon, turquoise, dan baby blue. Bikin dapur punya tampilan yang youthful, segar dan super menggemaskan

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Jangan ragu buat berkreasi dengan warna pastel. Dengan kombinasi yang tepat, dua atau lebih warna pastel dalam satu ruangan bakal bikin ruangan punya nuansa yang muda dan menggemaskan. Lihat aja foto di atas. Dengan dinding warna salmon, konter dapur warna turquoise, sama pintu biru muda, serasa kayak di Pinterest, ya? Pemilihan lantai kayu juga cocok sama warna-warna pastel yang dipilih, bikin ruangan jadi estetik.

2. Warna pastel sebagai aksen. Menggabungkan putih sebagai warna dasar dan biru muda pastel untuk nuansa yang lebih elegan dan dewasa

Sumber: Home and Decor Singapore

Sumber: Home and Decor Singapore via https://www.homeanddecor.com.sg

Buat suasana yang lebih elegan, pastel bisa jadi aksen warna yang mengambil porsi kecil dari palet warna ruangan. Misalnya, ruangan yang warna utamanya putih dipadukan sama biru muda pastel seperti di foto. Warna pastel dipakai di backsplash dapur dan bagian tengah kitchen bar supaya ruangan enggak monoton. 

Advertisement

Teknik ini juga bisa kamu terapin di ruangan lain. Ngecat dinding di belakang kasur pakai warna pastel atau pasang karpet pastel di ruang keluarga. Formulanya less is more.

3. Upgrade suasana ruang keluarga dengan mudah dan artistik. Menghias ruang keluarga dengan artwork geometris serba pastel

Sumber: Home and Decor Singapore

Sumber: Home and Decor Singapore via https://www.homeanddecor.com.sg

Supaya bukan cuma jadi warna cat dinding aja, coba variasikan pastel sebagai artwork atau karya seni di dinding ruangan. Dengan warna dasar pastel yang senada, kamu bisa berkreasi dengan berbagai teknik seni yang kamu tahu. Mulai dengan pola geometris yang simpel atau bikin artwork yang lebih kompleks seperti mural atau karakter. Ini akan kasih aksen yang beda daripada cuma tembok berwarna pastel. 

4. Kombinasi yang tidak pernah salah. Memadukan pastel dengan motif floral. Hadirkan sentuhan feminin dalam ruangan

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Dengan karakternya yang pucat dan lembut, salah satu motif yang cocok sama pastel itu adalah motif floral atau bunga-bunga. Hadirkan nuansa yang lebih feminin dengan motif floral di ruangan. Mulai dari motif daun atau bunga berlatar belakang pastel sampai furnitur bernuansa floral. Cover sofa bed bunga-bunga atau sprei bermotif floral untuk tempat tidur. Tentunya, motif floral ini bisa memakai warna pastel juga.

Advertisement

5. Bukan cuma di tembok, alihkan aksen warna pastel ke furnitur. Buat ruangan jadi lebih hidup dengan furnitur berwarna pastel

Sumber: Liv Space

Sumber: Liv Space via https://www.livspace.com

Inspirasi warna pastel yang kita lihat seringkali lebih banyak kasih lihat warna-warna pastel yang dipakai buat cat dinding, backsplash, dijadikan warna daun pintu, atau bingkai jendela. Padahal, furnitur berwarna pastel bakal bikin ruangan jadi lebih hidup dan menarik. 

Terutama kalau kamu pengin mempertahankan keseluruhan nuansa rumah atau ruangan yang minimalis dan netral. Memasukkan warna-warna pastel melalui furnitur kayak sofa, karpet, lemari, kabinet, meja, dan kursi makan bisa mendukung palet warna netral yang pengin dipertahankan. 

Setelah ngelihat inspirasi-inspirasi ini jadi makin suka dan enggak sabar buat memadupadankan warna-warna pastel di rumah, ya? Selamat berkreasi!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE