5 Inspirasi Penempatan Cermin Sebagai Dekorasi Rumah

ide penempatan cermin di rumah

Cermin itu bisa dibilang perabot yang cukup unik. Setidaknya kamu mesti punya satu di rumah buat bercermin, dandan, membersihkan muka dan gigi. Tapi, sebenarnya cermin bukan perabot yang bener-bener perlu seperti sofa minimalis. Nah, jadinya gimana, tuh?

Bagaimana pun kamu menggunakan cermin untuk aktivitas-aktivitas di atas, cermin itu juga jadi dekorasi yang efektif buat meningkatkan keindahan sebuah ruangan. Tersedianya banyak bentuk, warna, dan ukuran cermin sekarang bikin kita lebih gampang buat cari cermin yang akan dijadikan dekorasi rumah.

Penempatannya pun juga macam-macam. Cermin buat dekorasi nggak cuma dipasang di kamar tidur atau kamar mandi. Ada yang dipasang di pintu masuk rumah, lorong antara pintu masuk dan ruang keluarga, di sebelah tangga, bahkan dapur.

Sebagai dekorasi, cermin cocok banget dipasang di sudut ruangan yang kesannya kosong dan gelap. Selain sebagai pengisi ruangan, pantulan dari cermin bisa meningkatkan pencahayaan di ruangan itu. 

Dekoruma sudah mengumpulin lima inspirasi yang bisa kamu lihat dan terapkan tentang cermin dekorasi, di mana, dan bagaimana enaknya kamu pasang. Pastinya, estetika rumah bakal langsung meningkat, deh. 

Advertisement

1. Siapa bilang cermin cuma bisa digantung di dinding? Manfaatkan cermin secara pintar dan nggak biasa dengan kombinasi furnitur dan cermin

Sumber: Lux Deco

Sumber: Lux Deco via https://www.luxdeco.com

Cermin yang digantung di dinding atau berdiri sendiri udah biasa banget enggak, sih? Sebagai salah satu furnitur yang sering dipakai buat kasih ilusi ruangan yang terasa lebih luas, bukan cuma cermin biasa yang bisa ngelakuin tugas itu. Lihat furnitur yang digabungkan sama cermin kayak kabinet buffet yang satu ini. 

Diapit sama dua kursi, tampilan kabinetnya lebih keren dengan tambahan motif segi enam di cerminnya, pantulan lantai marmer dari cermin di bagian depan itu kasih kesan lantai yang lebih luas, lho.

Advertisement

Furnitur apalagi yang multifungsi kayak gini? Lemari pakaian berpintu cermin, lemari obat dengan cermin, atau cermin lipat yang menyatu sama meja rias.

2. Cermin di plafon ruangan ala hotel berbintang. Bukan cuma buat selfie dan gaya, ternyata punya fungsi juga, lho

Sumber: Pinterest.com

Sumber: Pinterest.com via https://www.pinterest.com

Saat kamu staycation di hotel berbintang, beberapa kamar hotel ada yang punya fitur ini, nih. Cermin yang dipasang di atas tempat tidur. Ini jadi elemen desain interior yang nggak biasa, tapi menarik banget, nih. Biasanya, dijadiin spot selfie buat diunggah di Instagram.

Advertisement

Hal ini bukan cuma buat estetika aja, tapi beneran ada fungsinya. Posisi cermin di plafon ini bikin cahaya memantul lebih optimal dan luas. Mau itu cahaya matahari atau lampu, ruangan akan terasa lebih terang dan tentunya luas.

Jadi, sebenarnya cermin plafon kayak gini bisa juga dipasang di ruangan lain kayak ruang keluarga, misalnya. 

3. Buat ruangan jadi lebih hidup dan spesial. Memposisikan cermin sebagai pusat perhatian untuk estetika visual di ruangan itu

Sumber: Lux Deco

Sumber: Lux Deco via https://www.luxdeco.com

Dalam dunia desain interior, ada yang namanya focal point dari sebuah ruangan. Ini artinya furnitur atau ornamen dekorasi yang jadi pusat perhatian dari ruangan itu. Ibaratnya, waktu kamu masuk ke dalam ruangan itu, benda pertama yang kamu lihat, ya, benda itu.

Cermin gantung cocok banget buat jadi aksen yang jadi centerpiece sebuah ruangan. Pilih cermin yang tampilannya menarik; cermin yang bundar, punya bingkai yang menarik dan dihiasi berbagai ornamen, dan voila! Estetika visual ruangan langsung naik tajam. 

4. Cermin harus selalu bulat, persegi panjang, atau kotak? Nggak juga, ah! Pasang cermin dengan bentuk Aneh buat tampilan unik

Sumber: House Beautiful

Sumber: House Beautiful via https://www.housebeautiful.com

Bentuk cermin yang paling umum, ya, kebanyakan kalau nggak kotak, persegi panjang, atau mungkin bundar. Tapi, bosen nggak, sih, sama cermin yang bentuknya gitu-gitu aja? Apalagi kalau mau jadi aksen utama sebuah ruangan. Selain cermin yang bingkainya unik dan kompleks, ada juga cermin yang bentuknya unik, nih.

Misalnya, cermin yang bentuknya lonjong dan nggak beraturan kayak di foto atau masih banyak lagi. Ada yang motif kipas, matahari dengan bingkai yang tajam, panjang, dan warna emas, atau bentuk-bentuk non konvensional lainnya. Keren, 'kan?

5. Cermin kamar mandi yang memendarkan cahaya, hasilkan sumber pencahayaan yang dramatis waktu mau sikat gigi

SUmber: Homedit

SUmber: Homedit via https://www.homedit.com

Selain jadi alat buat kasih ilusi optik buat ruangan yang lebih luas, ornamen dekorasi buat ruangan, cermin juga bisa jadi sumber penerangan tambahan, loh. Cermin LED bisa jadi pilihan, terutama buat kamar mandi atau meja rias yang mana butuh cahaya penerangan tambahan ke arah muka.

Kamu bisa pilih yang klasik kayak cermin berbingkai bohlam lampu kayak meja rias yang di film-film atau cermin yang LEDnya ditempel di bagian belakang. Kasih efek berpendar yang lebih dramatis dan elegan. 

Bener, kan, kalau macam-macam dan penempatan cermin enggak cuma gitu-gitu aja? Cermin yang pas bisa jadi elemen desain interior yang penting dan ningkatin estetika hunian dengan signifikan, lho.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE