5 Inspirasi Perpustakaan Kecil di Rumah, Surganya Kamu yang Hobi Membaca

ide perpustakaan mini di rumah

Karena kondisi sekarang yang mengharuskan semua kegiatan di rumah saja, kamu yang punya hobi membaca mungkin jadi punya lebih banyak waktu buat menyalurkan hobi itu. Membaca di rumah juga bisa jadi salah satu cara supaya kamu nggak bosen di rumah. Dengan masih ada di situasi pandemi, beraktivitas di rumah menjadi pilihan yang paling bijak dan salah satu cara untuk mengisi waktu adalah dengan membaca.

Punya hobi membaca dan koleksi buku segudang memang mengasyikan, tapi kalau nggak ada tempat buat menyimpannya malah bisa bikin berantakan, lho. Belum lagi kalau rumahmu ada di area rawan banjir. Banjir yang tidak terduga seperti yang terjadi beberapa minggu lalu bisa merusak buku-buku di rumah kalau tidak disimpan dengan baik. 

Kehadiran sudut membaca juga meningkatkan konsentrasi dan mengurangi gangguan selama membaca buku. Kamu bisa punya ruang pribadi untuk me time, beristirahat sambil melakukan hobi yang disukai.

Kalaupun masih jadi mimpi atau kamu memang lagi siap-siap mau bikin perpustakaan sendiri di rumah, cek lima inspirasi perpustakaan kecil di rumah dari Dekoruma berikut ini, yuk. Mungkin ada yang desainnya menarik dan pengin kamu terapkan di perpustakaanmu.

Advertisement

1. Memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Perpustakaan kecil yang tersembunyi di bawah tangga rumah

Untuk alasan space-saving atau memanfaatkan setiap sudut rumah dengan sebaik mungkin, menggunakan area bawah tangga dalam desain interior rumah udah cukup umum dilakukan. Ada yang menjadikan area bawah tangga sebagai gudang kecil, kabinet sepatu, menaruh rak TV, atau tentunya bisa banget jadi perpustakaan kecil.

Bukan cuma memasang rak buku, kamu bahkan juga bisa memasang sofa seperti yang ada di gambar. Multifungsi, kan? Kamu bisa dengan gampang menyimpan buku dan kalau mau baca buku nggak usah jauh-jauh ke ruang keluarga atau kamar, kamu tinggal duduk di bawah rak buku.

Advertisement

2. Bangun dinding buku versimu di rumah. Rak dinding bertingkat untuk menyimpan buku dan hadirkan elemen dekorasi baru

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Salah satu mimpi orang yang hobi baca buku adalah punya ruangan khusus sebagai tempat koleksi buku. Kamu bisa memulainya dengan membuat dinding buku sendiri di rumah. Kalau koleksi bukumu sudah cukup banyak buat mengisi dinding buku ini, pasang beberapa rak dinding tingkat di ruang kerja, ruang keluarga, atau kamar tidur.

Buku-buku yang berjejer rapi di dinding akan mempermudah kamu untuk mencarinya. Selain itu, dinding buku bisa jadi elemen dekorasi yang menarik. Pastinya nunjukkin rasa cintamu sama membaca buku.

3. Bangku dan rak buku di sudut ruangan. Sederhana nan efektif buat menyimpan buku

Advertisement
Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kadang-kadang, di rumah hampir nggak ada sisa ruang lagi untuk bisa dijadikan perpustakaan mini. Cobalah untuk menjadikan salah satu sudut di rumah buat jadi reading corner-mu. Pasang satu bangku atau sofa dengan rak buku di sebelahnya dan kamu sudah punya perpustakaan kecil!

Sebagai permulaan, ukuran perpustakaan nggak perlu terlalu besar. Yang penting bisa menyimpan koleksi buku dengan rapi dan punya tempat untuk duduk dan membaca buku. Walaupun kecil yang penting berfungsi dengan sesuai, kan?

4. Perpustakaan kecil di rumah menyatu dengan ruang keluarga melalui penggabungan fungsi rak TV dan rak buku.

Bukan cuma karena keterbatasan tempat buat membangun perpustakaan mini di rumah, menggabungkan rak TV dan rak buku bisa jadi aksen ruang keluarga yang menarik. Warna-warni buku yang membingkai TV memberikan tampilan yang lebih elegan di ruang keluarga. Kamu juga nggak perlu jauh-jauh kalau mau baca buku. Tinggal duduk di sofa minimalis depan TV setelah memilih buku. Eits! Sebelum membaca pastikan enggak lupa buat matikan televisi supaya bisa lebih berkonsentrasi.

5. Ada loteng kosong di rumah? Sulap loteng yang pengap dan berdebu jadi perpustakaan mini yang nyaman tanpa gangguan

Sumber: Houzz

Sumber: Houzz via https://www.houzz.com

Kalau rumahmu punya loteng kosong, ubah loteng tersebut jadi perpustakaan kecil. Apalagi kalau rumahmu selalu ramai sama adik-adik yang masih kecil atau kesibukan orang tua, punya area privat sendiri supaya kamu bisa membaca buku dengan tenang bakalan mengasyikan banget. Kamu bisa me time sambil baca buku, makan cemilan dan tidak perlu diganggu orang rumah.

Menyimpan buku-buku di tempat tinggi juga bisa jadi salah satu cara supaya nggak khawatir kalau rumah kebanjiran dan koleksi bukumu terendam. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah sering-sering membersihkan buku dari debu karena posisi perpustakaan yang ada di loteng.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE