5 Inspirasi Taman Dalam Rumah, Bikin Rumah Lebih Sejuk!

ide taman dalam rumah

Taman di rumah, ya, biasanya lokasinya di halaman depan atau halaman belakang. Cuma gimana kalau bikin taman di dalam rumah? Emang bisa, ya? Bisa banget, dong! Desain interior rumah zaman now udah banyak yang nampilin taman dalam rumah.

Selain jadi cara buat ningkatin keindahan interior rumah dan meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah, taman di dalam rumah juga ada kaitannya sama feng shui, loh. Misalnya aliran air di dalam rumah untuk energi positif yang didapat dari air mancur kolam ikan di taman.

Juga pilihan tanaman berbunga yang diyakini mampu menangkal energi negatif untuk masuk ke dalam rumah. Apapun alasannya, punya taman di dalam rumah pasti akan bikin tampilan dalam rumah jadi lebih asri, sejuk dan teduh. Tentunya, enggak semua rumah bisa punya taman di dalam rumah. Terutama, kalau kalian beli rumah di perumahan dari pengembang yang desainnya seragam. Susah buat diutak-atik lagi layout-nya. 

Nah, kalau kalian lagi dalam proses bangun rumah secara mandiri pakai desain sendiri, enggak ada salahnya buat bikin rumah jadi lebih sejuk dengan bangun taman di dalam rumah. Dekoruma udah ngumpulin lima inspirasi taman dalam rumah yang bisa kamu tiru. 

Advertisement

1. Asri kayak di bali. Kamar mandi ala villa yang sejuk pakai konsep semi-outdoor bathroom.

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Pernah liburan ke Bali atau baru aja pulang dari work from Bali? Satu hal yang jadi daya tarik utama liburan di Bali adalah villa-nya yang estetik dan asri. Ada yang berdesain modern ataupun tradisional. Nah, seringkali vila-vila di Bali ini menerapkan konsep semi-outdoor buat kamar mandinya.

Jadi, ada taman kecil di area kamar mandi supaya terasa lebih rileks dan adem. Misalnya area shower outdoor dengan batu-batuan, rumput, bahkan tanaman seperti semak-semak di sekitar shower. Ditambah atap yang terbuka bikin kamu mandi sambil menyatu dengan alam. Bayangin kalau ini diterapin di rumahmu. Wih! Bakal serasa liburan di Bali setiap hari, kan?

Advertisement

2. Bangun tidur, buka pintu, wah! Langsung taman. Lakukan morning routine-mu di taman depan kamar tidur

Sumber: Casa Indonesia

Sumber: Casa Indonesia via https://www.casaindonesia.com

Taman di depan kamar tidur ini goals banget, sih! Ruang terbuka di area kamar tidur utama bisa disulap jadi taman kecil buat area bersantaimu. Kamu bisa pasang lantai untuk naruh lounge chair yang nyaman. Tembok batu bata buat aksen dan di sekelilingnya ditanami tanaman-tanaman hijau yang asri.

Bahkan, kamu juga bisa nanem pohon yang tidak terlalu tinggi buat suasana taman yang maksimal. Ini bakal jadi tempat yang nyaman dan asyik banget buat kamu ngelakuin beragam aktivitas.

Bangun pagi langsung melipir ke taman. Nyempetin untuk olahraga pagi di taman sebelum sarapan, minum kopi, sambil baca buku atau berita. Goals banget, deh! 

Advertisement

3. Tampilan taman yang enggak biasa. Jadi dekorasi unik di dalam rumah dengan hadirnya taman vertikal indoor. Enggak butuh banyak space

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Lahan terbatas atau enggak punya lahan sama sekali karena tinggal di apartemen? Jadikan tanaman buat dekorasi dinding. Wah gimana, tuh, caranya? Vertical garden bisa jadi pilihan. Taman vertikal sendiri punya beragam bentuk dan metode. Ada yang dibangun dengan kabinet yang ditaruh tanaman di dalam pot.

Atau taman vertikal yang langsung menyatu sama dinding. Kalian bisa pakai rumput sintetis sebagai material dasar yang melapisi dinding. Baru dari situ, pasang tanaman-tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan. 

Hasilnya kayak foto di atas dinding rumah di belakang sofa minimalis, meja makan, bahkan dapur jadi penuh sama tanaman dan taman vertikal yang unik dan menarik banget. 

4. Bawa nuansa zen garden ke dalam rumah. Taman di tengah rumah buat mengisi area void. Ngasih tampilan dramatis yang asri

Sumber: Archdaily

Sumber: Archdaily via https://www.archdaily.com

Metode yang paling sering dilakukan waktu ngebangun taman di dalam rumah adalah buat ngisi area void rumah. Selain taman dengan tanaman atau mungkin pohon, ada juga yang milih buat ngejadiin tamannya ini kolam ikan. Barulah di sekeliling kolam ikan ditanemin berbagai tanaman.

Gemericik air emang bakal ngasih suasana yang asri dan alami banget. Apalagi kalau kalian pelihara ikan kayak koi yang bakal jadi favorit anak-anak di rumah. Beberapa orang juga kadang ngasih ornamen patung untuk mempercantik tampilan.

Buat yang percaya feng shui, ornamen patung di taman ini dipercaya bisa mendatangkan rezeki, loh. Melimpahnya cahaya matahari dari void bikin tampilan yang dramatis dan asri dari taman di tengah rumah ini. 

5. Tinggal di apartemen studio, tapi enggak punya balkon? Enggak masalah! buat apartemenmu lebih asri dan segar dengan bangun taman sudut

Sumber: Cafemom

Sumber: Cafemom via https://cafemom.com

Kamu tinggal sendiri di apartemen studio yang enggak punya balkon? Enggak jadi masalah! Bikin taman atau memelihara tanaman enggak harus punya lahan dengan tanah, kan, sekarang ini. Bikin “taman” sendiri di salah satu sudut apartemen. Isi sama tanaman-tanaman yang udah jadi koleksimu.

Mulai dari kaktus, monstera, lidah mertua, lidah buaya, begonia, dan masih banyak lagi tanaman-tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan. Manfaatkan perabot-perabot seperti kursi bar, kabinet vintage, bahkan sampai keranjang pakaian buat ngasih aksen yang menarik.

Jadi, kamu masih bisa punya sudut taman yang asri dan sejuk walaupun di apartemen studio sekalipun!

Ngelihat yang hijau-hijau, tuh, emang bisa bikin mood jadi lebih seneng dan tenang, ya, kan? Kalau kalian tertarik bikin taman di dalam rumah pastikan desainnya juga selaras dengan keseluruhan interior design hunianmu juga, ya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE