5 Inspirasi Taman Rumah Cantik, Nyantai Jadi Makin Asyik

Ide Taman Rumah yang Nyaman dan Menawan

Punya taman yang ukurannya lumayan luas di rumah bisa dibilang jadi privilese tersendiri, loh, sekarang ini. Dengan rumah-rumah di perkotaan yang ukurannya makin kecil, seringkali area taman jadi berupa sepetak kebun kecil yang cuma bisa ditanami tanaman yang dipasang di dalam pot.

Padahal sayang banget kalau taman cuma jadi tempat buat nanem tanaman atau pohon. Kalau rumah kamu punya taman yang cukup luas, banyak peruntukan lain buat taman, loh. Pastinya, taman bisa jadi area buat bersantai ketika lagi di rumah.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, waktu di rumah jadi lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Terutama buat kalian yang suka kena sinar matahari dan udara segar, taman bisa jadi tempat beraktivitas selama di rumah.

Mulai dari berjemur rutin buat meningkatkan imun tubuh, olahraga, duduk-duduk di pagi atau sore hari buat nikmatin suasana, sampai makan dan kerja. Terlebih kalau di rumah juga ada kolam renang yang jadi bagian dari lanskap taman.

Buat kamu yang enggak suka terkurung di dalam ruangan buat bersantai, coba lihat lima inspirasi taman berikut ini dari Dekoruma. Ternyata banyak hal yang bisa kamu lakuin di taman.

Baik sendirian ataupun sama pasangan, anak-anak, atau keluarga. Enggak cuma nyantai, kamu juga bisa produktif, loh, di taman. Menarik, kan? Simak berikut ini, ya. 

Advertisement

1. Lagi Masa-masa Work From Home (WFH) Gini, Daripada Work From Cafe atau Work From Bali, Mending Work From Garden. Dapet Nuansa Adem dan Tenang Saat Kerja di Taman Rumah

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Lagi masa-masa work from home (WFH) kayak gini, bosen enggak, sih, cuma kerja di kamar atau di ruang kerja doang? Biar punya suasana baru tanpa perlu jauh-jauh ke Bali atau ke luar rumah, jadikan taman sebagai area kerja selama WFH.

Kalian bisa pasang meja serta kursi yang nyaman dan suportif untuk badan di teras atau taman belakang rumah. Kerja dikelilingi tanaman terbukti meningkatkan fokus dan produktivitas kerja, loh.

Advertisement

Apalagi kalau di rumah ada kolam ikan atau kolam renang. Suasana kerja bakal tambah rileks sambil dengerin gemericik air. Dijamin WFH bakal anti suntuk dan anti bosen di taman rumah.

2. Makan Cantik di Rumah Serasa Lagi Liburan di Bali Setiap Hari. Sulap Area Kosong di Taman Jadi Pantry dan Ruang Makan Outdoor

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Buat kamu yang suka kumpul dan makan bareng keluarga, baik keluarga inti atau keluarga besar, coba bikin area ruang makan dan pantry outdoor di taman rumah. Pilih desain minimalis dan tropis supaya suasananya mirip kayak di villa-villa Bali.

Advertisement

Makan di tengah taman sambil menghirup udara segar dan menikmati suasana asri emang terbaik, deh. Rasanya makanan dan minuman jadi lebih enak. Obrolan sama keluarga, sahabat, atau pasangan juga jadi lebih seru.

Apalagi masih dalam situasi pandemi kayak gini. Berkumpul di area luar ruangan bisa mengurangi kekhawatiran terhadap virus COVID-19 daripada kumpul di ruangan tertutup. 

3. Tidur Siang Sambil Berayun-ayun dan Merasakan Angin Sepoi-sepoi. Pasang Hammock atau Tempat Tidur Gantung di Halaman Belakang

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Kalau taman di rumah kalian punya dua pohon besar yang kuat dan posisinya sejajar, pasang tempat tidur gantung atau hammock, deh. Kayak yang sering kalian lihat di film-film itu, loh. Pastikan pilih hammock yang bahannya nyaman dan kuat, ya. 

Rebahan sambil main handphone, baca buku, atau tidur siang di atas hammock itu enak banget. Rasanya berayun-ayun sambil menghirup udara segar, kena angin sepoi-sepoi, dan mungkin ada suara burung atau jangkrik. Suasananya nyaman dan rileks banget. Bikin betah berlama-lama di atas hammock.

4. Aktivitas Santai dan Produktif di Sela-sela WFH Atau Akhir Pekan. Bangun Kebun Sayur dan Buah Sendiri di Taman Rumah Buat Kamu yang Hobi Berkebun

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Bukan cuma rebahan atau duduk-duduk aja, kalau kamu punya hobi berkebun, bercocok tanam adalah aktivitas yang bikin kamu happy dan santai. Salah satu sudut taman yang luas bisa didedikasikan buat jadi kebun sayur, buah, atau herba. Kamu bisa nanem segala sayur, buah, atau bumbu-bumbu yang sering dikonsumsi di rumah.

Mulai dari selada, parsley, daun mint, tomat, basil, dan masih banyak lagi. Seru, loh, berkebun dan bisa dapet produk segar secara mandiri tanpa perlu beli ke supermarket. Aktivitas ini juga bisa dilakuin bareng pasangan, anak, atau anggota keluarga lain yang juga suka berkebun.

5. Kumpul Keluarga Lebih Tenang dan Menyenangkan. Hadirkan Area Ruang Keluarga Outdoor Buat Suasana Baru dan Asri

Sumber: Business Wire

Sumber: Business Wire via https://www.businesswire.com

Selain makan bareng di ruang makan outdoor, kalian juga bisa menambahkan area outdoor living room di taman. Pasang sofa minimalis, coffee table, dan karpet selayaknya ruang tamu di dalem rumah. Area ruang keluarga outdoor ini bakal jadi tempat yang asyik buat kumpul keluarga.

Lebih lanjut, kalian juga bisa tambahin atap pergola supaya jadi gazebo. Biar makin asyik, kalian juga bisa pasang TV atau pemutar musik supaya suasana makin seru waktu nongkrong di situ.

Jangan lupa pastiin kalau area outdoor living room bakal bebas hujan juga, apalagi kalau ada barang elektronik kayak televisi. Mungkin bisa disimpan di lemari custom khusus anti air. 

Kelihatannya seru banget, kan? Jadi beruntung banget, deh, buat kalian yang punya taman yang ukurannya besar di rumah. Siapa tahu bisa jadi lebih bermanfaat dengan mengubahnya jadi area-area seperti yang dijabarkan di atas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE