Dalam kehidupan sehari-hari untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan kepada orang lain yaitu melalui komunikasi. Komunikasi sendiri tidak terbatas pada ucapan saja namun juga menggunakan tulisan ataupun menggunakan isyarat dimana antara orang satu dengan yang lain saling memahami maksud yang diungkapkan.

Namun tahukah kamu? Tidak semua negara memiliki budaya yang sama. Budaya yang bermakna positif di negara kita belum bermakna negatif di negara lain. Yuk simak apa saja isyarat yang bermakna negatif di negara lain!

1. Tersenyum

makna tersenyum

makna tersenyum via http://coretansunny.com

Dalam budaya Indonesia setiap bertemu dengan orang baik yang dikenal ataupun tidak biasanya kamu tersenyum, karena tersenyum memiliki makna bahwa kamu orang yang ramah dan tidak sombong. Nah, berbeda sekali dengan negara Rusia, Polandia, Norwegia.

Advertisement

Tersenyum kepada warga negara tersebut malah justru bermakna bahwa kamu bodoh bahkan ada yang menganggap kamu gila karena tersenyum ketika bertemu dengan orang lain. Kenapa seperti itu ya? Karena menurut mereka seseorang tersenyum harus memiliki alasan atau ada sebabnya. Jika tidak ada alasan atau sebab tertentu kemudian kamu tersenyum akan dianggap bodoh.

2. Mengacungkan jempol

isyarat tidak sopan

isyarat tidak sopan via http://wowasiknya.com

Ketika ingin mengungkapkan suatu kekaguman atau memuji sering kali ya di Indonesia cukup menggunakan isyarat mengacungkan jempol yang bermakna "bagus", "keren", "top" maka akan membuat orang lain senang.

Namun jangan sekali-kali memberikan isyarat ini jika sedang berada di negara lain seperti di Amerika, Italia, Yunani, dan lain-lain. Lho kenapa? Karena di negara lain ternyata mengacungkan jempol bermakna negatif sama halnya kamu mengacungkan jari tengah kepada orang tersebut. Wow! hati-hati ya guys!

3. Tangan terbuka

isyarat negatif

isyarat negatif via http://tahupedia.com

Advertisement

Di Indonesia sudah familiar dengan membuka tangan yang memiliki makna berhenti atau stop.Siapa sangka kalau ternyata membuka tangan memiliki makna negatif. Di Yunani membuka tangan disebut moutza yang memiliki makna pelecehan atau menghina.

Wow, hati-hati ya jangan sampai membawa kebiasaan ini ke luar negeri jika tidak mengetahui maknanya!

4. Ok

isyarat tangan

isyarat tangan via http://wowasiknya.com

Hal yang familiar selanjutnya di Indonesia ketika sudah biasa di lakukan yaitu isyarat "Ok". Ketika ditanya cukup memberi isyarat ''Ok'' maka orang lain akan mengerti. Berbeda jika kamu ke luar negeri "Ok" ternyata memiliki makna mengatai orang lain lain kosong (bodoh) di beberapa negara Eropa. Sedangkan di Brazil itu bermakna "anus" yang berarti mengatakan orang lain homo.

5. Mengangkat 2 jari

isyarat tangan

isyarat tangan via http://inotzines.com

Isyarat peace kalau di Indonesia dikenal dengan makna "minta maaf atau hanya bercanda" dan juga bisa bermakna kemenangan. Berbeda dengan di Britania, Inggris, Australia, Italia telapak tangan berbentuk "V" melambangkan "vagina" yang bermakna dirikan kepunyaanmu (bermakna konotasi negatif).

Wow! Jadi itu tadi 5 isyarat familiar di Indonesia yang ternyata bermakna negatif di luar negeri. Kebudayaan antar negara memang berbeda-beda dan perlu dipelajari untuk memperlancar komunikasi pastinya. Jangan sampai komunikasi terhambat karena ketidaktahuan ya guys. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya