Britania Raya identik dengan lanskap alam yang hangat dan hijau di musim semi, daun-daun berguguran dan terasa sejuk di musim gugur, matahari bersinar cerah di musim panas dan salju putih menutupi bangunan-bangunan tua sehingga nampak begitu magis di musim dingin. Jika kamu berkunjung ke Skotlandia yang menjadi bagian dari Britania Raya, maka semua hal tersebut akan kamu rasakan. Akan lebih berkesan jika kamu mengunjungi kastil-kastil yang tersebar di seluruh penjuru negara yang terletak di utara Inggris ini.

Dibangun mulai dari abad 11, kastil-kastil di Skotlandia memiliki cerita yang menarik. Bangunannya juga klasik dan benar-benar menggambarkan nuansa berkelasnya keluarga kerajaan. Bayangkan jika kamu tinggal di sana, dengan gaun mengembang dan tatanan rambut yang menawan. Mengunjunginya saja, kamu akan merasa 'terlempar' ke adegan-adegan pesta dansa, jamuan makan malam dan menikmati matahari terbenam dari balkon kastil. Sudah tidak sabar? Saya punya daftar kastil yang wajib kamu datangi jika ke Skotlandia.

1. Edinburgh Castle

Edinburgh Castle

Edinburgh Castle via https://t1.daumcdn.net

Kastil ini memiliki sejarah yang panjang dan sudah berdiri selama seribu tahun lebih! Awalnya merupakan tempat tinggal keluarga kerjaan, kemudian berubah menjadi pusat militer dan penjara. Wah ngeri juga ya! Tapi jangan salah, semua citra seram dan kaku tidak akan kamu temukan di sini. Justru semakin berwarna, karena ada meriam di depannya, lalu ada kapel di salah satu bangunannya dan juga ada ruang-ruang yang khas seperti main hall, ruang jamuan dan masih banyak lagi.

Lokasinya berada di atas bukit, setiap hari ramai dikunjungi wisatawan yang berkunjung. Dari pusat kota juga dekat sekali, apalagi sistem transportasi di Britania Raya juga mumpuni. Sisihkan waktu di pagi hari untuk mengunjunginya, atau sore mendekati senja. Dapatkan foto-foto lanskap yang luar biasa, dan sensasi mengelilingi kastil tua yang memesona!

2. Urquhart Castle

Urquhart Castle

Urquhart Castle via http://www.jolireve.fr

Advertisement

Kamu pernah mendengar kisah misteri Danau Lochness? Mitosnya, di dalam danau tersebut ada monster Lochness yang terkadang menampakkan diri ke permukaan. Bentuk dari monster tersebut seperti Dinosaurus. Ternyata, Danau ini benar-benar ada meskipun kisah mengenai monster di dalamnya masih menjadi misteri.

Lokasi danau ini ada di Skotlandia, dan ada sebuah kastil cantik berada di tebingnya. Meski sudah hancur dan tidak bisa ditempati lagi namun tetap terawat dengan baik. Berdiri di area yang dipenuhi rumput hijau dan teduh, Urquhart Castle menjadi spot foto yang keren abis! Apalagi saat musim semi, udara tidak begitu dingin dan salju sudah tidak turun. Lanskap area ini terlihat jelas, air danaunya jernih dan bisa berjalan-jalan sepuasnya di sana.

3. Stirling Castle

Stirling Castle

Stirling Castle via https://commons.wikimedia.org

Stirling bisa dibilang merupakan kastil paling megah dan terpenting di Skotlandia. Berada di atas bukit, satu kompleks berdiri bangunan-bangunan megah dengan arsitektur yang luar biasa. Sebagai tempat tinggal para bangsawan, kamu harus masuk ke dalamnya untuk melihat betapa indah dan berkelasnya semua elemen di kastil ini.

Advertisement

Kalau mau, kamu bisa memakai baju yang bertema klasik untuk berfoto di sana. Kapanlagi merasakan berjalan mengelilingi kastil bak keluarga kerajaan dan suasananya begitu mendukung? Oh iya lokasi dari Kastil Stirling juga mudah dijangkau.

4. Dunnottar Castle

Dunnottar Castle

Dunnottar Castle via https://ih0.redbubble.net

Satu lagi kastil yang juga menjadi benteng berada di tebing. Tapi kali ini di tepi lautan, wah seperti di film-film ya! Memang benar, karena kebanyakan film yang bertema fiksi sejarah itu terinspirasi dan juga mengambil lokasi syuting di kastil seperti Dunnottar Castle ini.

Letaknya di pantai timur laut Skotlandia. Pemandangannya luas, kombinasi dari hijaunya tebing dan birunya air laut. Meski bangunan tidak lagi utuh atau ditinggali, namun kamu tidak akan menemukan di tempat lain ada kastil dengan lanskap istimewa seperti ini.

5. Dunrobin Castle

Ini bukan kastil tempat Belle atau Snow White tinggal, tapi benar-benar ada di dunia nyata lho! Namanya Dunrobin Castle, tempat tinggal dari klan bangsawan Sutherland. Sempat digunakan untuk sekolah asrama, sekarang sudah dibuka untuk umum.

Tamannya begitu luas dan ditata rapi, rasanya ingin mencoba untuk tinggal di sana! Apalagi saat musim semi dan panas tiba, cuaca cerah dan bunga-bunga bermekaran. Kamu wajib membawa lensa yang jangkauannya lebar agar bisa memotret bangunan ini secara keseluruhan.

Menarik sekali bukan? Skotlandia ternyata begitu memesona, dan membuat siapapun yang datang tak ingin cepat-cepat pulang. Jangan tunggu lama, segera traveling ke UK ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya