5 Keunikan Tradisi Imlek yang Wajib Kamu Tahu

im

Pergantian tahun dalam kalender China menjadi moment yang paling ditunggu – tunggu bagi kebanyakan orang China. Pergantian tahun yang sering disebut dengan tahun baru imlek atau Chinese New Year yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu ini, menjadi suatu tradisi yang tidak bisa ditinggalkan bagi orang – orang China dan Tionghoa. Yang sering menjadi pertanyaan adalah sebenarnya apa saja tradisi – tradisi yang unik pada saat perayaan tahun baru China atau tahun baru imlek?. Buat yang penasaran, yuk disimak !

Advertisement

1. Makanan khas Imlek

Makanan khas Imlek/Photo by jinsoo jang

Makanan khas Imlek/Photo by jinsoo jang via https://pixabay.com

Apa pun hari rayanya jika tak ada makanan akan terasa kurang lengkap. Sama halnya pada saat perayaan tahun baru Imlek, hidangan berupa kue keranjang dan jeruk sudah menjadi makanan yang harus ada pada saat hari raya Imlek. Uniknya lagi, pada saat hari raya Imlek jumlah makanan yang disajikan minimal harus 12 jenis yang melambangkan 12 macam shio.

Selain itu, makanan yang disajikan dalam perayaan imlek, masing – masing memilki makna tersendiri. Misanya mie panjang yang kalau dimakan tidak boleh dipotong, karena mie melambangkan panjang umur, dan masih ada banyak makanan lain yang memiliki makna berbeda – beda.

Advertisement

2. Pertunjukan Liong dan Barongsai

Barongsai/Photo by Ratna Fitry

Barongsai/Photo by Ratna Fitry via https://pixabay.com

Orang China memiliki kepercayaan Liong (naga) dan barongsai yang merupakan sebuah lambang dari kebahagiaan dan kesenangan. Pertunjukan naga dan barongsai dipercaya dapat membawa keberuntungan serta dapat menghilangkan roh jahat yang mungkin akan mengganggu manusia. Oleh karena itu, pertunjukan liong dan barongsai selalu ada dalam perayaan tahun baru imlek.

3. Berbagi Angpao

Kalender China/Photo by Phuong Luu

Kalender China/Photo by Phuong Luu via https://pixabay.com

Bagi – bagi Angpao merupakan suatu hal yang tidak boleh ketinggalan di perayaan imlek. Tradisi bagi – bagi angpao biasanya dilakukan oleh seseorang yang sudah berkeluarga kepada anak – anak orang tuanya.

Konon, uang yang ada pada angpao tidak boleh mengandung unsur angka 4, karena orang – orang China meyakini bahwa angka 4 adalah angka yang membawa malapetaka atau kesialan. Selain itu, jumlah uang yang diisikan pada angpao tidak boleh ganjil dikarenakan berhubungan dengan pemakaman.

Advertisement

4. Pesta Petasan dan Kembang Api

Kembang api/ Photo by Kohji Asakawa

Kembang api/ Photo by Kohji Asakawa via https://pixabay.com

Pesta petasan dan kembang api merupakan sebuah kegiatan yang sangat identik pada saat malam pergantian tahun atau pun pada saat perayaan hari – hari besar lainnya. Pada saat tahun baru imlek, pesta petasan dan kembang api dilakukan dengan tujuan untuk memeriahkan perayaan tersebut.

Selain itu, pesta petasan dan kembang api dipercaya oleh orang – orang China dan Tionghoa sebagai pengusir nasib – nasib buruk pada tahun sebelumnya dan mengharapkan tahun berikutnya akan lebih baik dan bahagia lagi.

5. Melakukan Sembahyang terhadap para leluhurnya

Peralatan sembahyang/ Photo by Engin Akyurt

Peralatan sembahyang/ Photo by Engin Akyurt via https://pixabay.com

Tradisi yang juga tidak boleh ketinggalan pada saat melakukan perayaan imlek adalah melakukan sembahyang terhadap para leluhur mereka. Pada perayaan imlek, orang – orang China biasanya melakukan sembahyang di rumah, yang dilakukan satu hari menjelang tahun baru imlek.

Peralatan sembahyang yang perlu dipersiapkan anatara lain, dupa, lilin yang dinyalakan, serta menyajikan persembahan berupa makanan berupa kue, buah – buahan dan minuman seperti teh dan arak.

Itu dia 5 keuinikan perayaan tradisi imlek yang wajib kamu tahu. Tradisi diatas merupakan tradisi yang tidak dapat terpisahkan ketika perayaan tahun baru imlek. Dari berbagai teradisi tersebut terdapat nilai sejarah dan mengambarkan filosofi adanya hari raya imlek bagi orang – orang China dan Tionghoa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hobi memasak, membaca, menulis dan olahraga

CLOSE