Banyak wanita yang memutuskan resign dengan alasan ingin fokus ke keluarga. Memang hal tersebut tidaklah salah. Tetapi jika bisa menjadi wanita karir juga ibu rumah tangga, kenapa tidak?

FYI, ketika kamu sudah terbiasa bekerja di kantor, lalu memutuskan untuk sepenuhnya mengurus rumah tangga, hal tersebut bukan perkara yang mudah. Bayangkan saja, kamu terbiasa bekerja bersama teman-teman di kantor, lalu kamu 24 jam penuh mengurus rumah. Tentu, rasa bosan akan menghantuimu.

Untuk itu, selagi masih bisa bekerja sambi mengurus rumah tangga, kenapa tidak lakukan saja. Toh, uang yang kamu hasilkan akan sangat membantu keuangan rumah tanggamu. Nah, biar kamu lebih yakin lagi dengan keputusan mengurus rumah tangga sambi bekerja, berikut 5 tipsnya!

1. Gunakan Waktu di Rumah Untuk Bercengkrama dengan Keluarga

Waktu Keluarga

Waktu Keluarga via https://www.pexels.com

Tips yang pertama adalah menggunakan waktu sepulang kerja untuk urusan rumah. Ketika sudah di rumah dan bertemu keluarga, manfaatkanlah hal tersebut sebaik mungkin,

Jangan bawa urusan kantor ke rumah kamu ya. Se-simple membaca grup Whatsapp kerjaan pun, lebih baik dihindari. Agar kamu nggak kepikiran sama kerjaan lagi. Jadi waktu di rumah gunakanlah untuk bercengkrama dengan suami dan anak-anakmu.

2. Manfaatkan Waktu Senggang Untuk Berlibur Bersama Keluarga

Advertisement

Sesekali, atur dengan suami untuk mengambil cuti pada hari yang sama. Lalu, pergilah berlibur untuk menenangkan hati dan pikiran.

Pastinya, kamu akan merasa sangat penat dengan segala urusan, baik perihal kantor maupun rumah tangga. Untuk itu, sekali-kali berliburlah untuk melepaskan penat. Niscaya, keharmonisanmu dengan keluarga akan tetap terjaga.

3. Jangan Membawa Masalah Keluarga ke Lingkungan Kerja

Tips yang ketiga adalah menjaga masalah keluarga menjadi rahasia pribadi. Jangan sampai kamu menceritakannya ke rekan kerjamu. Meskipun kalian sudah menjalin persahabatan sekalipun.

Advertisement

Apa yang jadi masalahmu dan keluarga, biarkan itu jadi urusan kalian. Jangan libatkan orang lain apalagi teman kerja dalam masalahmu. Hal tersebut untuk menghindari gosip dan fitnah yang mungkin disebarkan oleh rekan kerjamu.

4. Luangkan Waktu Untuk "Me Time"

Nah, yang ini penting banget nih, luangkan waktu untuk "Me time". Pastinya kamu udah tidak asing lagi dong, sama istilah me time. Istilah ini berarti meluangkan waktu untuk dirimu sendiri. Tanpa melibatkan keluarga ataupun rekan kerja. Kamu bisa menghabiskan waktu itu untuk pergi ke salon, belanja, nonton, atau apapun hal yang kamu senangi.

Urusan anak, serahkan dulu kepada ayah atau neneknya. Bukan bermaksud egois, tetapi me time memang sangat diperlukan para wanita yang memiliki peran ganda alias menjadi ibu rumah tangga juga pegawai kantoran. Berikan reward untuk dirimu sendiri, dengan belanja hal-hal yang kamu sukai atau melakukan yang kamu sukai dengan hasil kerjamu.

5. Atur Pola Hidup dan Emosi

Atur Pola Hidup dan Emosi

Atur Pola Hidup dan Emosi via https://www.cantikbijak.com

Tips yang terakhir adalah mengatur pola hidup dan emosimu. Sebagai wanita dengan dua peran sekaligus, pastinya kamu juga membutuhkan ekstra tenaga. Untuk itu, alangkah lebih baik jika kamu mengatur pola hidupmu. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan cara rutin berolah raga, makan makanan yang sehat, dan jangan lupa beribadah sesuai keyakinanmu.

Selain membuatmu tetap sehat juga menstabilkan emosimu. Percaya atau tidak. Melakukan hal-hal yang postitif mampu merangsang emosi agar tetap stabil.

Percayalah, jika kamu berhasil melakukan 5 hal tersebut, kamu tidak hanya sukses dalam urusan pekerjaan tapi juga rumah tangga. Pastinya, hal itu akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya