5 Kuliner Ini Wajib Dicoba Pas Liburan Ke Padang. Kuliner Padang Nggak Cuma Rendang kok~

jenis kuliner padang

Masakan padang sudah tidak asing lagi kan? Kuliner satu ini sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Salah satu masakan Padang yang terkenal adalah rendang. Rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia lo. Selain rendang, terdapat banyak kuliner Padang lainnya yang tidak kalah enak dengan rendang lo. Yuk, langsung cek aja!

Advertisement

1. Dendeng batokok

Selerasa.com

Selerasa.com via https://www.google.com

Dendeng dengan daging yang gurih dan tiada duanya ini dapat menjadi salah satu daftar kulinermu ketika berkunjung ke Padang. Dendeng batakok ini seperti namanya daging yang dipukul hingga mendapat tekstur yang tipis dan di tambah dengan sambal yang melengkapi kuliner satu ini.  

2. Nasi Kapau

Haluan.co

Haluan.co via https://www.google.com

Nasi Kapau ini masakan khas Bukittinggi yang berbeda dengan Nasi Padang dan Nasi Ampera lainnya ya. Kuliner ini memiliki keunikan tersendiri yang selalu menyajikan menu makanannya di dalam panci besar yang disusun bertingkat. Ketika melayani pembeli penjualnya akan menggunakan sendok yang sangat Panjang untuk menjangkau lauknya. Menu yang di tawarkan pun sangat beragam bisa sampai 20 jenis lo.

Advertisement

Salah satu menu popular dari nasi kapau yaitu gulai tambusu. Gulai ini berkuah kental dengan usus sapi yang di isi telur kocok dan tahu yang dimasukkan kedalam usus. Mirip seperti sosis melingkar dengan kuah gulai kuning dan tekstur yang empuk sekaligus kenyal.

3. Sate Danguang-Danguang Payakumbuh

Rizki perdana-blogger

Rizki perdana-blogger via https://www.google.com

Salah satu kuliner padang yang dapat menjanjikan lidah. Dibuat dengan daging dan lidah sapi yang berkuah kuning. Dihidangkan dengan ketupat dan keripik balado, rasa pedas gurih dan aroma yang sangat harum memancing rasa lapar yang telah menunggu untuk sajikan. Umumnya sate padang yang sering anda jumpai dengan kuah kental dan berwarna coklat adalah sate padang khas pariaman. Berbeda dengan sate padang khas payukumbuh ini. Perbedaan sate padang khas payakumbuh ini terlihat pada kuah yang berwarna kuning dan ukuran daging yang besar dan tebal.

4. Ikan Asam Padeh

CABE DUO - Blogger

CABE DUO – Blogger via https://www.google.com

Rasa yang pedas dan asam yang menyegarkan. Paling nikmat di santap dengan seporsi nasi hangat. Asam Padeh ini biasanya bahan utamanya ikan yang diolah dengan berbagai macam rempah. Jika tidak ada ikan dapat diganti dengan daging ayam atau sapi.

Advertisement

5. Kopi Kawa

IDN Times

IDN Times via https://www.google.com

Kopi Kawa sangat unik lo. Kopi ini mengekstak daun tanaman kopi dari pada biji kopinya. Rasa pait yang didapatkan dari daun menjadi ciri khas tersendiri. Penyajiannya pun juga unik, tidak menggunakan gelas ataupun cangkir tapi menggunakan batok kelapa dan bambu sebagai dudukan agar tidak tumpah. Menambahkan susu menjadikan kopi ini semakin sedap. Menikmati kopi sambil menikmati pemandangan sawah yang menyegarkan mata. Gimana, mantap bukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi Jurusan Marketing Communication di Universitas Bina Nusantara

CLOSE