Dari data pengguna yang sebanyak itu bisnis online menjadi alternatif yang sangat menjanjikan untuk ditekuni menjadi sebuah bisnis sampingan dengan income yang menarik bahkan pemasukannya mungkin bisa melebihi dari pekerjaan utama kita. Sangat menarik kalau kita membahas mencari uang di dunia maya.

Pengguna jejaring sosial media Twitter dan Facebook dari negara Indonesia jauh melesat dibandingkan dengan jumlah pengguna dari negara lain. Pengguna sosial media berbasis foto seperti Instagram juga terus menjulang, hal ini acap membuat mereka bisa menguasai panggung jagat sosial media sosial nusantara bahkan dunia.

Fenomena demam internet di tanah air dari kasta atas sampai bawah diprediksi akan terus meningkat dengan signifikan. Di balik pertumbuhan pengguna internet yang begitu hebat, terselip beberapa peluang bisnis yang bisa kita manfaatkan, para pelaku bisnis online harus bisa mengambil momentum ini untuk memaksimalkan income.

Untuk itu ada beberapa langkah yang perlu dijalankan untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis online.

1. Manfaatkan Social Media

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah pentingnya sosial media untuk mempromosikan produk anda, salah satunya dengan membuat akun sosial media sesuai dengan segmen pasar produk yang dijual.

Bisa dengan Facebook, Instagram, Twitter kemudian anda bisa mempromosikan produk jualan anda secara masif di akun sosial media tersebut. Jangan lupa juga membuat fans page Facebook supaya semua orang tahu produk yang anda jual.

Advertisement

Berbicara mengenai fans page Facebok kita juga wajib harus menggunakan fitur Facebook Ads, layanan premium dari Facebook ini sangat power full untuk menjaring pengguna sesuai market produk dagangan anda, karena Facebook Ads akan menggiring atau membidik sesuai dengan target audience dengan sangat tepat.

Oleh karena itu pastikan dahulu anda sudah benar-benar mengerti kemana produk anda ini akan anda jual.

Misalnya : Produk yang saya jual adalah gaun pengantin untuk calon pengantin perempuan, harga pembuatan gaun berkisar di range harga Rp 6 – 10 juta dan lokasi pembuatan di Denpasar dan Solo.

Advertisement

Berdasar deskripsi bisnis diatas, maka anda dapat membuat deskripsi sesuai dengan karakter audience yang ingin anda bidik di Facebook Ads sebagai berikut


  • Usia 20 – 30 Tahun

  • Gender : Perempuan

  • Lokasi : Denpasar dan Solo

  • Interest : Wedding, Wedding Magazine, Wedding Photograph, Princess Wedding

  • Conection : Teman-teman dari fans page anda

  • Behavior : Pengguna smartphone berbasis android dan ios saja.

2. Buat Website yang mudah di akses

Langkah kedua adalah dengan membangun sebuah blog atau web yang friendly user atau nyaman diakses dengan menggunakan smartphone karena lebih dari 70 persen pengguna internet di Indonesia mereka mengakses internet dengan menggunakan smartphone, serta konsisten memberikan konten artikel yang sesuai target market produk anda web tersebut.

Yang kemudian bisa menarik banyak pengunjung fanatik, serta berharap ada beberapa sponsor yang bersedia beriklan di web anda.

Bagi web berbahasa Indonesia untuk mendatangkan sponsor memang tidak mudah karena sangat jarang sekali ada sponsor besar yang mau memasang sebuah iklan di web atau blog personal.

Misalkan ada yang bersedia beriklan, cenderung lebih banyak datang dari penyedia layanan iklan seperti klik saya(dot)com. Hasil pemasukan dari iklan seperti itu tidaklah menggembirakan, karena rata-rata web yang power full hanya mendapat income antara Rp 1 s/d 4 juta per bulan, sedangkan web/blog yang apa adanya atau bisa disebut blog abal-abal hanya mendapat mungkin tidak sampai satu juta rupiah per bulan.

3. Buat Website Khusus Jualan atau e-Commerce

Langkah ketiga mungkin lebih menarik: yaitu membangun sebuah web atau blog khusus untuk berjualan sebuah produk. Produk yang bersifat digital atau intangible (Sebuah produk yang bisa di kirim dengan internet, misal produk e-book, activate key sebuah software, dll) dan bisa juga membuat web khusus untuk berjualan produk fisik seperti kaos, t-shirt, sambal, atau berjualan obat kuat untuk pria dewasa.

Berjualan produk berbentuk digital seperti e-book di internet sangat lah simpel dan praktis, anda tidaklah perlu memiliki gudang untuk menyimpan persediaan stock barang dagangan. Karena semua file tersimpan rapi di hardisk komputer.

Apabila ada buyer yang bertransaksi kita tinggal intruksikan perintah mesin dengan coding untuk mengirimnya ke alamat e-mail yang dituju secara otomatis, anda tidak perlu capek mengirimnya di tempat pengiriman barang semacam JNE atau Pos. Sangat praktis bukan.

Tak jauh beda dengan produk fisik, berjualan produk fisik di internet tetap menyenangkan. Anda tidak perlu bersusah-payah menyewa ruko yang harga nya sangat mahal, anda juga tidak perlu standby di toko dari pagi sampai malam, membayar karyawan yang tiap akhir bulan harus digaji.

Yang anda perlukan hanyalah smartphone dan e-mail untuk menerima notifikasi pemesanan dari calon pembeli. Toko anda bisa selalu buka dalam 24 jam, serta berpotensi mendapat pembeli dari seluruh Indonesia bahkan dunia apabila di eksekusi dengan tepat.

Tak dapat dipungkiri menjual produk fisik di internet membutuhkan dana yang tidak sedikit. Modal awal untuk memulai dengan serius di kisaran angka modal sebesar Rp 15 juta rupiah atau bahkan bisa lebih, sesuai dengan jenis produk yang dijual di web anda.

Tetapi jika tekun dan sukses akan bisa mendapatkan income Rp 20 – 40 juta per bulan. Jikalau margin profit saya hitung 15 persen s/d 20 persen, lumayan pendapatannya ya.

4. Endorse

Langkah keempat yaitu dengan endorsement, bekerja samalah dengan beberapa selebgram, selebtwit, atau influencer yang mana konten akun mereka sangat potensial sesuai dengan produk yang anda jual.

Misal produk yang anda jual adalah hijab syar’i anda bisa mencari selebgram yang memang sedang concern dalam busana syar’i, ajak bekerjasama supaya kita bisa mendapatkan keuntungan dari postingan konten yang berasal dari akun instagram orang tersebut.

Misal produk yang anda jual sepatu bola, bekerja samalah dengan akun-akun yang sering posting konten tentang sepak bola, jangan sampai salah memilih siapa yang akan endorse ya.

5. Selalu Berdoa & berserah pada NYA

Langkah terakhir yaitu selalu berserah kepada yang diatas. Kita semua percaya bahwa rezeki tidak datang begitu saja tanpa seizin-NYA. Usaha keras kita juga harus diimbangi dengan selalu beribadah dan berdoa kepada Sang Khalik.

Serahkan semua kepada yang diatas serta kita tetap berusaha dengan sungguh-sungguh menjalankannya. Karena semua usaha tidak akan pernah menghianati hasil.

Demikian, 5 Langkah sukses menjalankan bisnis online yang bisa diterapkan. Masing-masing memberikan karakteristik yang berbeda, akan tetapi jika di eksekusi dengan sungguh-sungguh semua memberikan dampak potensi income yang bagus.

Saya rasa sudah waktunya kita semua untuk memulai menjajaki dunia maya untuk mendapatkan income. Ini lebih baik jika dibandingkan dengan sekadar browsing berjam-jam yang tidak memberikan hasil yang produktif.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya