Bogor, adalah kota kecil yang sekarang menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan. Banyak tempat asyik yang bisa dijadikan tempat untuk hangout bersama keluarga, sahabat dan kerabat. Wiskul menjadi agenda yang wajib jika berkunjung ke kota Hujan itu. Ada banyak cafe dan restoran yang bertebaran di sana untuk yang berkocek tebal, tak usah khawatir untuk Anda yang berkantong tipis, masih sangat bisa menikmati weekend menyenangkan di sana dengan makanan yang terjangkau sesuai kedalaman kantong kita. Yuk, kita cek satu-satu ada makanan khas apa saja yang wajib di cicipi:

1. Doclang makanan terpopuler di kota hujan.

Doclang Bogor

Doclang Bogor via http://emakpintar.org

Terbuat dari lontong atau ketupat, pelengkap lainnya yaitu irisan tahu, kentang rebus dan telur rebus kemudian di siram dengan saus kacang yang khas. Saus kacang ini berbeda dengan saus kacang siomay atau batagor. Dibubuhi sedikit kecap lalu ditaburi bawang goreng dan kerupuk. Jika ingin pedas bisa ditambahkan sambal yang selalu siap tersaji. Kalau di Bandung ada yang namanya Kupat Tahu, hampir mirip penampilannya tapi berbeda cita rasanya. Makanan ini awalnya dahulu banyak tersedia pagi hari, karena memang disajikan sebagai salah satu alternatif menu sarapan.

Advertisement

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, Doclang sekarang ini bisa dinikmati kapan saja selama 24 jam. Tentu saja para pedagang ini tidak semua buka di jam yang sama, jika ingin menikmati Doclang yang siap selalu dalam 24 jam kita bisa sambangi area wilayah jembatan merah, disana ada tukang doclang yang lezat dan sudah terkenal ke mana-mana buka selama 24 jam, bahkan sudah pernah ditayangkan di salah satu acara kuliner sebuah TV swasta. Harganya gimana? Sangat terjangkau, hanya saja tempat makannya kecil kadang harus antri jika ingin langsung menikmati di sana.

2. Taoge Goreng, si legendaris yang selalu jadi favorit

Toge Goreng Khas Bogor

Toge Goreng Khas Bogor via https://travelingyuk.com

Taoge goreng sangat identik dengan kota Hujan. Isinya terdiri dari taoge yang direbus bersama mie basah. Dimasak di atas nampan kaleng bulat di atas tungku dengan kayu bakar, setelah matang toge dan mie basah dipindahkan ke piring atau daun papat (jika dibungkus untuk dibawa pulang). Lalu itu ditambah irisan tahu dan ketupat lalu disiram dengan kuah tauco yang khas sedikit agak pedas. Jika ingin lebih pedas lagi bisa ditambah lagi dengan sambal khusus untuk toge goreng. Ada beberapa tempat yang terkenal, di daerah jl. Pengadilan dekat pasar Anyar Bogor, ada juga di Jalan Suryakencana dan di sekitar Jalan Jendral Sudirman Bogor, tepatnya di sebelah Gedung Wanita Bogor.

3. Laksa

Laksa Bogor

Laksa Bogor via http://www.opensnap.com

Makanan jadul yang tetap lezat dan khas, menjadi salah satu menu wiskul yang wajib dicoba. Penjual Laksa mulai langka, jika ingin mencicipi makanan ini bisa di temui di beberapa tempat di Bogor, yang terkenal adalah laksa Pak Inin lokasinya jauh di dari pusat kota yaitu di Cijeruk Bogor. Kalau mau makan di tempat ini, sebaiknya pagi jam 8 sudah mulai buka menjelang makan siang warung sederhana ini sudah tutup karena dipastikan sudah habis diburu para wiskuler. Selain di warung ini, masih ada lokasi lain yaitu di Gang Aut, Tajur dan Jalan Jendral Sudirman (sebelah Restoran Bogor Permai).

Advertisement

Makanan ini terbuat dari rebusan bihun dengan taoge yang disiram dengan kuah kental kuning yang khas sedikit ditambah daun kemangi menambah lezat cita rasanya dan harum. Dilengkapi sedikit oncom merah juga irisan tahu dan telur rebus. Taburan serundeng menambah gurihnya makanan ini.

4. Soto Kuning

Teman makan nasi yang asyik

Teman makan nasi yang asyik via https://www.kompasiana.com

Salah satu menu andalan sarapan atau makan malam. Soto yang berisi potongan daging atau jeroan sapi ini sangat lezat dengan kuah kentalnya yang berwarna kuning. Kuah yang terbuat dari santan kental ini menjadi ciri khasnya. Banyak warung Soto kuning terkenal di Bogor, seperti soto santan Bang Ali di daerah Tanah Sareal, Soto Kuning Gang Aut, Sukasari dan di beberapa wilayah lain. Sekarang ini soto kuning bisa ditemukan kapan saja tidak hanya pagi atau malam hari, siang pun dengan mudah bisa kita temukan menu nan lezat ini.

5. Es Pala

Penyegar di siang hari

Penyegar di siang hari via http://bogor.net

Minuman penyegar sebagai pelepas dahaga setelah menikmati aneka menu jajanan khas Bogor di atas tadi, es pala adalah pilihan yang tepat. Di daerah Gang Aut es pala ini yang sangat terkenal, selain di gang Aut di wilayah lain pun ada, seperti di Sukasari dan jalan Pahlawan. Pala yang diserut tipis direndam dalam sirup gula menghasilkan cita rasa asam manis yang segar, dilengkapi dengan es batu benar-benar membuat mata melek dan badan segar setelah lelah berkeliling Bogor.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya