Setiap provinsi mempunyai makanan khusus sebagai ciri khas provinsi tersebut. Begitu pun di Aceh, provinsi paling barat di Indonesia. Keanekaragaman makanan di Aceh membuat wisatawan menjadikan wisata kuliner juga sebagai opsi saat berada di daerah yang di tahun 2014 silam dilanda tsunami ini.

1. Leumang

Leumang adalah kudapan khas Aceh yang terbuat dari beras ketan dan dimasak dalam bambu.

2. Jamuah Keumamah

Advertisement

Masakan olahan ikan di Aeh disebut Keumamah. Makanan ini juga biasa disebut sebagai ikan kayu. Makanan yang dijadikan lauk pauk ini praktis dan tahan lama

3. Mie Aceh

Tak lengkap rasanya jika ke Aceh jika tak menyantap Mie Aceh. Masakan mie di tanah rencong ini pedas. Terbuat dari mie kuning dan biasanya dipermantap dengan daging sapi atau daging kambing ataupun kepiting serta bumbu khas yang membuat pengunjung berselera.

4. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong

Kuah Beulangong via https://www.google.co.id

Kuah beulangong ini adalah masakan khas Aceh sejenis kari. Daging sapi atau daging kambing menjadi bahan utamanya, tentu saja dilengkapi dengan olahan rempah-rempah khas.

Advertisement

Kuah Beulangong berarti kuah dalam belanga atau wajan besar karena proses pembuatan kuliner khas ini dibuat dalam wajan/kuali besar.

5. Kue Timpan

Kuliner khas Aceh yang satu ini adalah peganan atau sejenis lepat. Bahan dasarnya adalah pisang, santan dan tepung yang kemudian diaduk lalu dibungkus dengan daun. Sangat nikmat disantap, apalagi dengan teh hangat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya