Bandung merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang banyak dikunjungi. Bandung terkenal sebagai "Kota Kembang" dan juga "Paris Van Java". Selain  terkenal sebagai pusat Fashion di Indonesia, Bandung ternyata memiliki banyak kenangan indah bagi para pecinta Kuliner atau Foodee. Kamu yang sedang kangen kota Bandung saat ditanya makanan apa saja yang khas dengan Bandung pasti langsung tahu.

1. Surabi

Surabi Bandung via http://www.foody.id

Surabi merupakan salah satu makanan khas Kota Bandung. Makanan yang terbuat dari santan kelapa dengan campuran tepung beras ini memiliki banyak varian. Menu nya mulai dari Surabi Keju, Coklat, Durian, Ice cream, Oreo, dan masih banyak lagi.

Lantas kenangan indah apa yang terbersit ketika kamu mengingat dengan surabi Bandung?

Semoga bukan kenangan indah bersama mantan ya guys… 🙂

2. Peuyeum

Advertisement

Ini bukan Peuyeum…Puan…?!

Siapa yang tak tahu Peuyeum? Makanan yang satu ini merupakan hasil olahan singkong. Tahukah kamu Peuyeum kota Bandung memiliki ciri khas ukuran singkong yang besar dan pulen.

Itulah sebabnya Peuyeum khas Bandung sulit untuk di duakan dari peuyeum-peuyeum KW yang ada di kota lain. Jika ditanya kerabat oleh-oleh ketika travelling ke Bandung tentu peuyeum menjadi salah satu yang paling banyak diminta.

3. Batagor

Batagor Bandung via http://www.foody.id

Jangan bilang sudah pernah ke bandung jika kamu belum coba batagor. Batagor atau singkatan dari Bakso Tahu Goreng merupakan makanan khas kota bandung. Batagor disajikan dengan bumbu kacang ditambah sedikit saus, kecap dan perasan jeruk purut. Inilah salah satu makanan khas Bandung yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan kamu sangat mudah menemukan penjual Batagor yang melabelkan jualanannya dengan label "Batagor Bandung".

Mengapa demikian?

Karena "Batagor Bandung" mengindikasikan makanan khas Bandung (Batagor) dan Label bandung mengindikasikan batagor tersebut tentu saja enak seperti batagor aslinya di Bandung.

4. Seblak

Seblak Bandung via http://www.foody.id

Meskipun Seblak merupakan salah satu varian makanan yang masih baru, tetapi seblak menjadi terkenal hampir di seluruh Indonesia. Makanan yang terbuat dari kerupuk udang/ikan yang direbus ini disajikan bersama dengan sosis, ceker, siomay, dan kuah yang khas. Karena Seblak berasal dari kota Bandung, maka tak heran kita melihat penjual Seblak Bandung di kota-kota kita.

5. Cilok

Cilok Bandung via http://www.foody.id

Cilok menjadi salah satu dari 5 makanan yang melekat dengan kata "Bandung". Cilok atau asal katanya dari "Aci di Colok" merupakan salah satu varian makanan yang menggunakan saus kacang atau Saus Cabai.

Rasanya yang kenyal, enak, dan gurih merupakan ciri khas dari Cilok Bandung.

Nah itulah beberapa makanan khas Bnadung yang membuat kita selalu kangen dengan Kota Bandung. Mungkin Bandung bisa disebut sebagai Kota Kuliner karena Kota ini banyak menelurkan varian kuliner-kuliner enak yang begitu terkenal di Indonesia.

*Note: Salam Hangat Foodee. Sebuah realita hidup dari sudut pandang makanan.