5 Makanan yang Wajib Banget Kamu Cobain Ketika Berlibur di Kota Banjarmasin

Kuliner Khas Kota Banjarmasin

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dengan keanekaragaman. Baik itu dari hasil alam, budaya, sejarah dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak heran kalau Indonesia memiliki kuliner Nusantara yang begitu beragam. Mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri khas makanan tersendiri, salah satunya di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Apabila kamu sedang berlibur di kota Banjarmasin belum lengkap rasanya kalau belum menjajal makanan khas dari kota Banjarmasin. Kota yang akrab disebut dengan Kota Seribu Sungai ini memiliki makanan – makanan khas yang bisa kamu nikmati. Berikut rekomendasi kuliner kuliner khas kota Banjarmasin yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Kota Seribu sungai ini.

Advertisement

1. Soto Banjar

Soto Banjar by Resepkoki

Soto Banjar by Resepkoki via https://resepkoki.id

Makanan berkuah khas Banjarmasin satu ini merupakan makanan yang sangat tersohor buat warga banjar bahkan luar daerah sekalipun. Terdapat banyak rempah yang ada di soto banjar sehingga memberikan aroma wangi dengan di tambah suiran daging ayam, perkedel dan juga irisan telur setengah matang sehingga menambah keunikan dari makanan satu ini. Nah bagi kamu yang ingin berkunjung ke kota Banjarmasin sangat disarankan untuk menjajal makanan satu ini.

2. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan by Pinterest

Ketupat Kandangan by Pinterest via https://id.pinterest.com

Nah kalau makanan yang satu ini pada dasarnya sama seperti sajian ketupat pada umumnya. Namun yang membedakan dari ketupat lainnya ketupat kandangan menggunakan ikan gabus asap atau orang Banjar kerap menyebutnya ikan haruan. Ketupat kandangan juga bisa disajikan dengan lauk telur, ikan patin dan ikan gurame.

Advertisement

Tekstur dari ketupat ini agak kasar dan gampang pecah sehingga penyajiannya sangat enak dinikmati menggunakan tangan langsung. Agar lebih nikmat jangan lupa untuk menambahkan  taburan bawang goreng dan sambel sehingga menambah cita rasa pada makanan kamu.

3. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut by Traveloka

Nasi Itik Gambut by Traveloka via https://www.traveloka.com

Makanan yang berikutnya,ada nasi itik gambut. Nasi yang dibungkus daun pisang khas Banjarmasin ini menggunakan itik yang sebagai lauknya ini ditaburi bumbu merah yang bercita rasa gurih dan pastinya akan membuat kamu pengin lagi dan lagi. Seperti namanya nasi itik gambut yang berasal dari daerah Banjarasin yaitu Gambut. Di Gambut, kamu bisa menemukan cukup banyak warung yang menjual nasi itik gambut. Untuk menambah selera makan biasanya disediakan kerupuk untuk menemani makan kamu.

4. Lontong Orari

Lontong orari by Pinterest

Lontong orari by Pinterest via https://id.pinterest.com

Lontong orari ini tidak seperti kebanyakan lontong pada umumnya. Lontong yang dihidangkan oleh orang Banjar ini disajikan dengan kuah nangka bersama lauk ikan gabus dan ayam atau juga bisa dengan telur yang mana lauknya dibumbu merah. Lontong orari memiliki citarasa yang gurih dan pedas karena biasanya ditemani sambal khas Banjarmasin.

Advertisement

5. Cacapan Asam

Cacapan Asam by Cookpad

Cacapan Asam by Cookpad via https://cookpad.com

Nah kalau yang ini adalah makanan pendamping ala rumahan khas dari warga Banjarmasin. Cocolan asam atau yang biasa dikenal oleh warga Banjarmasin sebagai cacapan asam. Makanan ini menjadi menu favorit bagi warga Banjar yang mana disajikan sebagai makanan pendamping untuk berbagai kuliner khas dari Banjarmasin.

Biasanya cacapan asam ini dihidangkan dengan makanan yang diproses dengan cara dibakar, direbus, digoreng, dan diasinkan. Makanan tersebut nantinya akan dicocol ke cacapan asam dan disantap bersama nasi yang hangat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE