5 Manfaat Donor Darah. Jangan Lagi Takut Jarum Suntik Ya!

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan setelah donor darah.

Darah merupakan bagian penting dalam tubuh kita. Jutaan sel darah mengalir dalam diri kita. Untuk membawa oksigen, mengangkut bahan makanan, metabolisme dan fungsi penting lainnya. Dilansir dari laman Tempo, bahwa Indonesia masih membutuhkan 5,1 juta kantong darah per tahun. Sedangkan yang terpenuhi hanya sekitar 4,2 juta kantong darah. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan setelah donor darah. Tenang saja, tidak sakit kok. Lebih sakit digigit semut. Manfaatnya tak hanya segi kesehatan, tapi juga bagi kejiwaan.

1. Menurunkan resiko kanker

Advertisement

Ketika kamu mendonorkan darah, berbagai zat yang terkandung di dalam darah pada tubuhmu juga ikut berkurang. Salah satunya adalah zat besi. Kelebihan zat besi merupakan pemicu terjadinya kanker karena menyebabkan peningkatakan radikal bebas dalam tubuh.

2. Menurunkan resiko penyakit jantung

jantung

jantung via http://pexels.com

Kekentalan darah merupakan faktor yang dapat meningkatkan penyakit jantung. Ketika darah terlalu kental, maka akan mengakibatkan gesekan antar pembuluh darah dan merusak sel-sel dinding pembuluh darah. Hal ini dapat menjadi penyumbatan pembuluh darah dan berakibat pada jantung.

3. Melancarkan aliran darah

Donor darah teratur dapat melancarkan aliran darah. Dengan lancarnya aliran darah pada tubuh maka mencegah penyumbatan arteri yang bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (seperti penyakit jantung, stroke, dan hipertensi). Donor darah juga membantu menstabilkan kadar zat besi dalam tubuh. Zat besi berperan penting mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan.

Advertisement

4. Mendeteksi penyakit dan kesehatan tubuh

deteksi dini

deteksi dini via http://pexels.com

Darah yang kamu donorkan akan diperiksa lebih dulu di laboratorium. Hal tersebut dilakukan agar mengetahui apakah pada saat donor kamu mengidap suatu penyakit atau tidak. Selain itu, sebelum donor kamu akan diperiksa terlebih dahulu kadar Hb, berat badan dan tensi. Disini kamu dapat mengetahui kesehatan tubuhmu, apakah normal atau justru sebaliknya.

5. Pastinya membuat kamu lebih bahagia

bahagia

bahagia via http://pexels.com

Seringkali kita dengar tagline “setetes darah menyelamatkan satu kehidupan”. Niat untuk membantu sesama tentunya dapat membuat kamu lebih bahagia. Dari darah yang mengalir dalam tubuhmu, kemudian diberikan kepada mereka yang membutuhkan, kamu menyelamatkan satu kehidupan. Bayangkan saja sebuah senyuman yang tercipta dari seorang yang di dalam tubuhnya mengalir darahmu. Jadi, tunggu apa lagi. Mari berbagi kebaikan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang yang menatap langit yang sama denganmu

CLOSE