Selama Ramadan kemarin, kamu pasti sering melihat pedagang yang menjual menu berbuka olahan dari kolang kaling. Kolang kaling memiliki tekstur kenyal seperti agar-agar dan banyak yang mengira kolang kaling terbuat dari bahan yang sama seperti makanan jeli, menggunakan bubuk yang dimasak hingga mengembang. Faktanya, kolang kaling berasal dari buah yang dihasilkan pohon aren yang dikenal dengan nama latin Arecaceae.

Juga sama seperti buah-buahan lainnya, kolang kaling mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C serta mineral yaitu zat besi, potasium, dan kalsium yang tentu saja baik bagi tubuh manusia. Wajar apabila kolang kaling dijadikan salah satu hidangan takjil, makanan ini mengembalikan nutrisi tubuh yang hilang dan membuat tubuh kembali segar.

Tidak perlu menunggu momen bulan Ramadan, saat ini ada minuman kolang kaling dalam kemasan dari Mustika Ratu yang bisa kamu beli di pusat perbelanjaan maupun minimarket.

Selain kandungan nutrisinya, ada berbagai manfaat kolang kaling lainnya yang harus kamu ketahui. Penasaran apa saja? Simak terus listikel ini!

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Ada dua jenis serat yang dihasilkan oleh buah dan sayuran, yaitu serat kasar (crude fiber) dan serat makanan (dietary fiber). Serat kasar sendiri memiliki manfaat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan serat kasar kolang kaling cukup tinggi yaitu sekitar 39 persen sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan.

2. Mencegah Obesitas dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Advertisement

Makanan yang kaya serat seperti oat membuat perut merasa kenyang lebih lama dan menyerap air dengan baik. Selain oat, kolang kaling juga kaya akan serat. Mengonsumsi kolang kaling membuat kamu merasa kenyang lebih lama tanpa harus makan banyak.

Kalau kamu sedang menjalankan program diet dan bosan dengan makanan yang itu-itu saja, kolang kaling bisa menjadi alternatif makanan tanpa merusak pola dietmu.

3. Sehat Bagi Tulang

Zat besi sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Makanan seperti keju dan susu mengandung kalsium yang tinggi, akan tetapi kadar kalori makanan tersebut juga tinggi. Tidak perlu khawatir, karena kolang kaling adalah solusi makanan kaya akan zat besi dengan rendah kalori.

Advertisement

Setiap 100 gram kolang kaling, terdapat 9 mg kalsium dan 33 mg fosfor, sedangkan kalorinya hanya 27 kcal. Tulang sehat tanpa harus takut berat badan meningkat dengan kolang kaling.

4. Sumber Energi Instan

Hesty Kitchen

Hesty Kitchen via http://tips4h.blogspot.com

Tidak heran kalau kolang kaling dijadikan hidangan pembuka puasa. Setiap 100 gram kolang kaling mengandung 21 gram karbohidrat. Kadar karbohidrat pada kolang kaling akan mengembalikan energi yang terbuang selama berpuasa. Mengonsumsi kolang kaling setelah berolahraga juga akan mengembalikan energi serta cairan yang hilang selama beraktivitas.

5. Memulihkan Anemia

Zat besi tidak hanya bermanfaat bagi tulang, namun juga memiliki khasiat bagi sel darah. Kolang kaling dapat membantu penderita anemia memulihkan kembali kondisi tubuh dan juga sebagai pencegah anemia, tidak perlu lagi khawatir akan serangan anemia karena kolang kaling siap membantu.

Ajaib, bukan begitu? Kolang kaling yang selama ini hanya eksis di bulan Ramadan ternyata menyimpan segudang khasiat yang baik untuk tubuh, tidak hanya di bulan Ramadan, juga dalam beraktivitas sehari-hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya