5 Manfaat Menggunakan Moisturizer Agar Wajahmu Tetap Sehat

Rutin Gunakan Moisturizer Agar Kulit Wajahmu Tetap Terjaga Kelembabannya

Bagi wanita yang telah beranjak remaja maupun wanita dewasa, skincare merupakan sebuah hal wajib yang harus digunakan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit wajah agar terbebas dari berbagai permasalahan kulit seperti berjerawat, kulit kering dan masih banyak lagi.

Sebelum kita menggunakan skincare dengan rangkaian yang cukup panjang, penting bagi siapapun untuk mengetahui penggunaan basic skincare bagi wajah. 

Salah satu produk yang sudah pasti ada dalam rangkaian penggunaan basic skincare adalah moisturizer. Moisturizer alias pelembab merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan dalam penggunaan basic skincare mengingat produk ini dibutuhkan oleh segala jenis kulit karena memiliki segudang manfaat.

Kira-kira, apa aja sih manfaat moisturizer?

Berikut manfaat yang didapatkan dalam penggunaan moisturizer bagi kulit wajah yang udah Hipwee rangkum. Simak ya!

Advertisement

1. Menjaga Kelembaban Kulit Wajah Agar Tetap Terhidrasi

Ilustrasi Kulit Lembab

Ilustrasi Kulit Lembab via https://www.freepik.com

Ketika skin barrier atau pelindung kulit kita rusak, kulit mudah kehilangan kadar air. Salah satu penyebab skin barrier rusak adalah banyaknya orang terlebih yang memiliki kulit berminyak menganggap tidak perlu menggunakan moisturizer.

Nyatanya, penggunaan moisturizer dapat membantu menjaga hidrasi serta kelembababan kulit sehingga kulit wajah tidak kekurangan air serta memulihkan skin barrier yang rusak secara alami.

Advertisement

2. Mengendalikan Produksi Sebum yang Berlebih

Ilustrasi Kulit Memproduksi Sebum Berlebih

Ilustrasi Kulit Memproduksi Sebum Berlebih via https://www.freepik.com

Moisturizer penting digunakan untuk mencegah kondisi ekstrem pada kulit wajak yaitu terlalu kering atau terlalu berminyak. Namun, bagi pemilik kulit berminyak, penggunaan serta pemilihan moisturizer yang tepat dapat membantu untuk mengendalikan sebum sehingga sebum yang diproduksi oleh kulit wajah dapat terkontrol dan tidak memicu kulit wajah untuk memproduksi sebum dalam jumlah banyak.

Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam moisturizer dapat mencegah timbulnya jerawat serta pori-pori mudah tersumbat yang diakibatkan oleh produksi sebum berlebih.

3. Membantu Mencukupi Nutrisi yang Diperlukan Kulit Wajah

Advertisement
Ilustrasi Kulit Ternutrisi

Ilustrasi Kulit Ternutrisi via https://www.freepik.com

Selain berfungsi untuk melembabkan kulit, moisturizer juga berfungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit karena mengandung berbagai macam vitamin yang diperlukan kulit supaya tetap sehat contohnya seperti vitamin A dan vitamin B5. Kedua vitamin ini berfungsi untuk menjaga kelembaban, mengencangkan serta memberikan efek cerah bagi kulit wajah.

Selain kedua vitamin tersebut, moisturizer juga mengandung antioksidan, vitamin C dan juga vitamin E yang mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi. Bahkan, terdapat moisturizer yang mengandung SPF yangmana bagus untuk diaplikasikan di kulit wajah baik pagi maupun malam hari karena SPF mampu menghalau sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit.

4. Mencegah Terjadinya Kekusaman Pada Kulit Wajah

Ilustrasi Mencegah Kulit Kusam

Ilustrasi Mencegah Kulit Kusam via https://www.freepik.com

Ketika kelembaban pada kulit berkurang, maka kulit wajah akan menjadi kering. Selain itu, kulit wajah akan terlihat kusam karena menumpuknya sel kulit mati. Dengan menggunakan moisturizer secara rutin, maka akan tercipta kulit yang lebih segar, lembab serta cerah.

Penggunaan moisturizer juga dapat meratakan warna kulit wajah agar tidak terlihat belang. Selain itu, kulit wajah yang terhidrasi dengan cukup juga dapat meningkatkan proses peredaran darah sehingga rona wajah akan lebih terpancar.

5. Membantu Mengatasi Jerawat yang Meradang

Ilustrasi Jerawat Meradang

Ilustrasi Jerawat Meradang via https://www.freepik.com

Selain tidak terhidrasi karena tidak adanya moisturizer sebagai pelembab kulit, kurangnya kelembaban pada kulit juga menyebabkan kulit mudah iritasi bahkan membuat kondisi jerawat semakin memburuk.

Padahal, penggunaan moisturizer dapar lebih cepat meredakan jerawat yang sedang meradang yang disebabkan oleh sebum yang dihasilkan kelenjar minyak. Maka dari itu, penggunaan moisturizer sangat penting agar kelembaban kulit tetap terjaga dan juga proses pergantian kulit yang lebih lancar, sehingga sel mati tidak akan menumpuk yang juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Nah, sekarang Sobat Hipwee udah tau kan manfaat penggunaan moisturizer bagi kulit wajah. Jadi, jangan malas untuk menggunakan moisturizer secara rutin ya agar kulit wajah terlihat semakin cantik dan juga sehat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

kebanyakan ide kadang bingung mau nulis apa

CLOSE