Berawal dari keisengan semata untuk mengisi waktu luang, saya mulai membaca novel, membaca cerpen-cerpen dan buku-buku koleksi teman. Disitu saya mulai merasa mungkin dengan menulis saya bisa mengekspresikan diri saya dengan lebih baik sehingga saya memantabkan niat untuk dapat melakukan perubahan. Setidaknya perubahan pada diri saya sendiri, atau akan lebih baik juga apabila dapat membuat perubahan pada diri orang lain. Maka saya mulai berfikir untuk menulis. Saya menulis apapun yang saya ingin tulis, dari kritik, saran, dan diary sebagai tempat bercerita yang paling “rahasia”. Berawal dari itu semua saya mulai menulis, berekspresi dan bereskperimen secara bebas. Tanggapan baik teman-teman membuat saya lebih giat menulis dan lebih menyukainya. 

“Kau terpelajar, cobalah bersetia pada kata hati.” 
― Pramoedya Ananta ToerBumi Manusia

“Menulis adalah sebuah keberanian...” 
― Pramoedya Ananta Toer

Hal itu membuat saya menjadi lebih berani ketika menulis, sebab menulis tidak sekedar sebuah tulisan saja yang hanya dibaca untuk mengisi waktu luang, namun ada hal yang lebih di dalamnya yang ingin penulis sampaikan lewat karyanya. Seperti pengekspresian jati diri seseorang sebenarnya, pengalaman yang pernah dialami penulis dll. Sebab terkadang didalam diri manusia terdapat hal yang tidak bisa diungkapkan melalui perkataan. Mungkin karena mereka terlalu takut untuk menungkapkanya ataupun faktor lain. Sehingga banyak orang berfikir bahwa dengan menulis mereka dapat bebas berekspresi dan mencurahkan segala isi hatinya dengan baik daripada mereka harus mengucapkanya secara langsung.

"Menulislah sebab tulisan-tulisan akan merefleksikan dirimu dengan lebih baik dibandingkan sebuah cermin yang hanya dapat menggambarkan keadaan luar seseorang saja, bukan apa yang sebenarnya ada di dalam hati orang tersebut."

"Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang."
― Seno Gumira AjidarmaKetika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara

Coba simak, berikut ini adalah manfaat yang akan kamu dapatkan dari kegiatan menulis, baca dengan baik ya Kawan!

1. Berlatih mengungkapkan isi di hati kita

Dengan menulis kita dapat mengungkapkan isi hati kita dengan baik. Menulis juga dapat mengekspresikan apapun yang ingin kita sampaikan tanpa harus merasa takut. Dengan mengungkapkan segala sesuatu, kita juga dapat membantu kita sendiri untuk tidak terlalu tertekan tentang hal-hal yang telah kita lalui. Hal ini tentu dapat membuat hati dan pikiran kita menjadi terasa lebih lega dan nyaman karena kita sudah dapat menungkapkan tentang segala penat yang kita rasakan.

2. Menjadi diri kita sendiri

Be Yourself via https://www.photocase.com

Saat kita menulis kita dapat menjadi diri kita sendiri. Karena kita bebas untuk dapat berekspresi, mengungkapkan apa yang kita mau, apa yang kita inginkan tanpa harus memperhitungkan pendapat orang lain. Kebanyakan hasil karya tulis seseorang menjadi gambaran bagaimana sifat asli dari penulis tersebut. Apakah mereka seorang yang bekerja keras, apakah mereka seorang yang mudah menyerah/ apapun akan tergambar jelas dari tulisan yang telah mereka buat.

3. Terhindar dari gangguan psikis

Advertisement

Screaming Boy via https://www.photocase.com

Kebanyakan orang yang terlalu sering memendam permasalahanya di dalam dirinya cenderung akan depresi dan stress. Karena apabila kita terlalu sering memendam suatu permasalahan tanpa mengungkapkanya itu akan menjadikan kita terganggu psikisnya dan dapat berakibat fatal. Tentu dengan menulis kalian dapat terbantu dalam hal menyampaikan semua permasalahan yang ada, dibandingkan hanya menyimpanya sendiri.

4. Berlatih untuk berkarya

Dengan menulis kita dapat membuat suatu karya yang tentu akan membanggakan apabila sesorang dapat mempunyai karyanya sendiri. Terlebih lagi apabila karya yang kita buat dapat menjadi berarti bagi orang yang ada di sekitar kita. Saat kita mempunyai suatu karya dan diminati oleh banyak orang tentu ini akan menaikan harkat dan martabat kita sebagai penulis. Selain itu kita dapat diakui sebagai manusia yang mempunyai kualitas yang baik dimata orang lain.

5. Menjadi pribadi yang lebih baik

Kebanyakan seseorang yang sudah terbiasa menulis, mereka akan mempunyai kepercayaan yang tinggi, kreatifitas yang baik dll. Hal ini tentu karena mereka sudah terbiasa untuk dapat mengungkapkan suatu hal yang ada di dalam dirinya melalui sebuah tulisan. Dengan menulis mereka tentu juga melatih kreatifitas yang ada pada dirinya agar membuat tulisan yang mereka punyai menjadi menarik dan menarik untuk dibaca oleh orang banyak. Hal ini tentu membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dengan memperbanyak menulis dan memperbanyak wawasan yang kita punyai.

Sudah jelas kan bagaimana pentingnya menulis. Yuk mulai coba lakukan perubahan menjadi lebih baik dengan menulis!