5 Manfaat Self Care yang Dapat Mendukung untuk Mewujudkan #MimpiMasaMuda

Sikap peduli pada diri sendiri itu penting banget, lho!

Generasi muda telah dipercaya sebagai generasi yang kelak akan membawa perubahan besar bagi negara. Hal itu tentunya memerlukan semangat dan tekad yang kuat bagi para pemuda untuk berani mewujudkan apa yang menjadi impiannya. Dengan adanya mimpi, kita menjadi lebih tahu ke mana kita akan melangkah dan menjalani hidup. Nah, buat kita para pemuda yang sedang memperjuangkan mimpi, sudah bukan waktunya lagi nih untuk bermalas-malasan. Saat ini adalah waktu kita untuk mempersiapkan masa depan yang lebih cemerlang. Dalam mewujudkan #MimpiMasaMuda tentunya kita harus berjuang keras untuk menghadapi rintangan yang ada. Namun, di tengah kerasnya perjuangan yang kita lakukan, jangan lupakan tentang satu hal, yaitu self-care. Apa sih self care itu?

Self care adalah sikap kita untuk memedulikan dan merawat diri sendiri, baik secara fisik, pikiran, dan perasaan. Adanya self care akan membuat kita merasa diri kita berharga dan dicintai. Terkadang kita terlalu sibuk dengan banyaknya aktivitas yang kita lakukan sebagai wujud perjuangan meraih mimpi. Alhasil, hal itu membuat kita lupa untuk memedulikan diri kita, misalnya saja seperti lupa makan dan memberikan sedikit waktu untuk beristirahat.  

Tentunya hal itu tidak bagus untuk kesehatan fisik maupun psikis kita. Nah, oleh karena itu kita perlu banget nih memiliki self care  karena self care memiliki manfaat dalam mendukung kita mewujudkan #MimpiMasaMuda. Lalu, apa saja sih manfaatnya? Yuk, simak ulasannya!

Advertisement

1. Menghindarkan diri dari stres

Photo by marymarkevich on Freepik

Photo by marymarkevich on Freepik via http://www.freepik.com

Ketika kita memulai melangkah untuk mewujudkan mimpi berarti kita harus siap berhadapan dengan hambatan yang ada. Dari hambatan itu, tentunya tidak menutup kemungkinan akan membuat kita menjadi stres. Nah, kalau sudah stres berlebihan akan membahayakan banget nih untuk kita ke depannya karena stres bisa memunculkan rasa malas. Wah, biasanya kalau sudah malas gini susah buat ngobatinnya.

Agar kita terhindar dari stres, kita perlu memiliki self care yang baik, misalnya saja dengan berolahraga. Coba luangkan waktu sebentar untuk berolahraga secara rutin. Olahraga tak hanya dapat menyehatkan kita secara fisik namun juga secara psikis, lho. Seperti pedoman ‘Mensana in corpore sano’ yang artinya di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Nah, kalau kita sudah mempunyai jiwa atau mental yang kuat pasti kita tidak akan mudah terkena stres dan kita jadi lebih siap dalam menghadap segala macam hambatan yang ada.

Advertisement

2. Memberikan asupan energi bagi tubuh

Photo by pvproductions on Freepik

Photo by pvproductions on Freepik via http://www.freepik.com

Kita tentunya harus mengeluarkan energi yang besar untuk memperjuangkan mimpi. Hal itu tak jarang membuat kita merasa lelah. Terkadang kalau kita terlalu bersemangat, kita menjadi mengabaikan rasa lelah itu dan memilih untuk melanjutkan aktivitas. Rasa lelah yang diabaikan ini tentunya tidak baik untuk kesehatan. Ditambah lagi apabila kita tidak memberikan energi kepada tubuh melalui asupan makanan bergizi dan seimbang. Hal itu  akan memunculkan berbagai macam penyakit, seperti anemia.

Anemia terjadi karena kadar Hemoglobin (Hb) di dalam tubuh kita rendah. Beberapa waktu yang lalu, aku sempat terserang anemia di saat aku sedang haid. Di tengah kesibukanku, tiba-tiba tubuhku lemas, wajahku pucat, perut nyeri, dan kepala pusing. Rasanya aku benar-benar ingin pingsan pada waktu itu. Seketika aku menyesal karena selama ini aku sering mengabaikan waktu untuk makan dan memberi nutrisi untuk tubuh.

Sejak peristiwa itu, aku tidak mau lagi menganggap remeh rasa lelah yang aku rasakan karena hal itu bisa memicu anemia. Anemia yang dibiarkan saja tentunya akan membawa penyakit yang serius seperti kanker. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, yuk, biasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Dengan mengonsumsi makanan seperti daging, kacang-kacangan, brokoli, bayam, ikan, susu, dan jenis makanan lainnya yang mengandung zat besi dan asam folat.  Dengan memberikan asupan nutrisi bagi tubuh, energi kita pun akan terisi kembali dan kita bisa lebih berjuang lagi untuk meraih mimpi! 

Advertisement

3. Tidak mudah menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang menimpa

Photo by wayhomestudio on Freepik

Photo by wayhomestudio on Freepik via http://www.freepik.com

Kegagalan adalah hal yang akan biasa kita temui dalam proses mewujudkan mimpi. Namun, kalau kita takut gagal, berarti kita masih belum siap untuk meraih kesuksesan kita. Terkadang dalam memperjuangkan mimpi, kita sudah berusaha keras untuk melakukan yang terbaik tetapi hasil yang kita peroleh belum tentu sesuai dengan harapan kita. Nah, biasanya di situasi seperti ini kita bisa menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang kita alami.

Memandang negatif diri sendiri  sama halnya dengan menyakiti diri sendiri. Hal itu tentunya tidak baik secara mental. Oleh karena itu, di sini self care berperan penting dalam membantu kita mengatasi kegagalan yakni dengan tidak mudah menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang kita alami.  Self care membantu kita untuk menyemangati diri sendiri bahwa ‘tidak apa-apa jika kita gagal, kalau kita coba lagi pasti kita bisa’. Nah, dengan penanaman kalimat-kalimat positif seperti itu di pikiran kita, tentunya akan menghadirkan ketenangan dalam diri kita dan kita bisa lebih semangat lagi dalam mewujudkan mimpi.  

4. Memudahkan dalam menjalani aktivitas

Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Photo by Vlada Karpovich on Pexels via http://www.pexels.com

Dalam mewujudkan mimpi, pastinya kita punya segudang aktivitas yang harus kita kerjakan. Nah, biar kita tidak kelelahan dengan banyaknya aktivitas itu, kita bisa melakukan self care berupa membuat daftar rencana aktivitas atau kegiatan yang akan kita lakukan.

Dengan membuat daftar seperti ini maka aktivitas kita akan lebih teratur sehingga memudahkan kita dalam menjalaninya. Hal ini tentunya dapat membawa dampak yang bagus untuk kesehatan fisik dan mental kita karena kita tidak merasa kelelahan akibat beban pekerjaan yang menumpuk.

5. Belajar mengutamakan diri sendiri

Photo by Ava Motive on Pexels

Photo by Ava Motive on Pexels via http://www.pexels.com

Seperti yang sudah aku tulis di poin pertama bahwa hambatan dalam meraih impian kita bisa menghadirkan stres dalam diri kita. Stres adalah hal yang wajar kita alami ketika menghadapi kesulitan. Jadi, kita tidak perlu menyalahkan diri sendiri atas keadaan yang kita alami ini.

Jika kita sedang merasa stres dan ada orang lain yang meminta tolong sesuatu yang kita pikir hal itu hanya membuat kita semakin merasa tertekan, maka tidak ada salahnya kok jika kita menolak. Dengan adanya self care, kita lebih bisa memahami bagaimana kondisi yang terjadi pada diri kita. Self care akan membuat kita belajar untuk lebih mengutamakan kebahagiaan diri kita terlebih dahulu.

Belajar berkata tidak memang hal yang tidak mudah untuk dilakukan bagi orang yang serba tidak enakan untuk menolak. Namun, kalau kita tidak berlatih, maka sama halnya dengan kita membebani diri kita sendiri karena terus-menerus mengiyakan permintaan orang lain dan mengabaikan perasaan kita sendiri. Dengan self care, kita lebih bisa memerhatikan diri kita sendiri sehingga bisa lebih fokus pada impian kita. 

Nah, itu tadi adalah 5 manfaat self care yang dapat mendukung kita untuk mewujudkan mimpi. Berjuang keras dalam meraih mimpi boleh-boleh saja, apalagi jika kita masih muda. Namun, jangan sampai hal itu membuat kita lupa untuk memberikan kasih sayang pada diri sendiri. Kalau sudah sayang pastinya akan membuat kita nyaman, kan?

Yuk, miliki self care agar kita bisa #sehatsamasama ! 

#HipweexNI #MimpiMasaMuda #SehatSamaSama

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seseorang yang gemar berbagi cerita lewat aksara.

CLOSE