5 Manfaat Service Marketing Untuk Kemajuan Bisnismu. Tak Hanya Meningkatkan Penjualan, Juga Bisa Mendapatkan Konsumen yang Loyal

manfaat service marketing

Dilihat dalam perkembangan bisnis di Indonesia, sudah semakin banyak masyarakat yang bekerja sampingan sebagai wirausahawan ataupun yang memang memilih jalan sebagai wirausahawan. Entah itu menawarkan produk kecantikan, makanan, furniture, makanan pokok, fashion, ataupun produk lainnya. Bisnis tersebut tidak akan lancar ketika kita tidak mempunyai ilmu basic dari sebuah bisnis. Salah satu basic yang penting adalah menjalin hubungan yang baik dengan para customer melalui Service Marketing. Lalu, sudahkah anda mengerti peran dari Service Marketing dalam suatu bisnis?

Pengertian Service Marketing sendiri adalah proses dimana para customer akan mendapatkan sebuah produk atau jasa dengan bantuan pelayanan dari perusahaan. Disini para Service Marketer akan membantu customer ketika menghadapi suatu masalah atau memerlukan bimbingan dalam pembeliaan produk atau jasa agar customer mendapatkan kepuasan tersendiri dan tidak merasa kecawa terhadap pelayanan kita.

Manfaat apa saja sih yang akan didapatkan perusahaan jika service marketing diimplementasikan dengan baik?

Advertisement

1. Mendapatkan Good Impression dari Customer

Photo by dribbble

Photo by dribbble via https://dribbble.com

Ketika kita lebih responsive dan helpful terhadap keluhan atau permintaan bantuan dari customer maka mereka menganggap bahwa bisnis kita memang memerhatikan kepuasan pelanggan bukan hanya mencari duit semata. Customer pun tidak ragu lagi untuk meminta bantuan kita apalagi ketika kita meresponnya dengan ramah. So, pertahankan attitude baik kita ke customer ya!

2. Mengetahui Keinginan Customer Secara Spesifik

by dribbble

by dribbble via https://dribbble.com

Customer pasti akan memberikan feedback dengan mengupload testi atas pembelian barang atau jasa dari kita. Customer bisa memberikan feedback dengan memberikan personal direct message di akun bisnis kita ataupun menulis review yang disediakan di kolom e-commerce.

Advertisement

Kritik dan saranpun kita terima, dari feedback inilah kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bisnis kita. Sehingga, kita bisa mengevaluasi dan memperbaiki kualitas bisnis kita ke depannya.

3. Word of Mouth

by freepik

by freepik via https://www.freepik.es

Word of Mouth itu apasih pengertiannnya? Nah, ini merupakan istilah marketing di mana komunikasi bisa tersebar karena adanya proses informasi dari mulut ke mulut. Jika produk kita dan pelayanannya bisa berujung dengan satisfaction consumer maka positive Word of Mouth pun akan menyebar dengan cepat dan begitu pula sebaliknya. Jadi, ketika kita berbuat kesalahan pastikan kita tanggap dalam membuat klarifikasi disertai dengan permohonan maaf kepada customer sehingga negative Word of Mouth bisa diminimalisir.

4. Customer Loyalty

Advertisement
by dribbble

by dribbble via https://dribbble.com

Bisnis siapa yang ingin mendapatkan kesetiaan dari para customer? Siapa yang tidak mau kalau customer akan membeli atau menggunakan produk dan layanan jasa kita dalam jangka waktu yang panjang? Pasti semua pelaku bisnis menginginkan ini agar profit tetap didapatkan. Nah, service marketing yang bagus akan berakhir dengan customer loyalty dan membuat customer merasa betah untuk menggunakan produk dan service dari kita. Caranya bagaimana sih untuk menciptakan customer loyalty?

a. Treat Customer Sebagai Raja

Maksud di sini adalah  dengarkan keinginan mereka seperti apa selagi itu masuk akal, dahulukan keinginan customer daripada ego kita dalam menjalankan bisnis karena profit dari bisnis pun didapatkan karena adanya pembelian dari customer bukan karena ego kita yang menginginkan banyak hal perfeksionis. Untuk apa kita melakukan hal yang menurut kita perfeksionis tapi tidak perfeksionis menurut para customer dan berujung dengan customer disatisfaction? Maka dari itu, hilangkan sifat ego kita sebelum membuat suatu bisnis, karena kita berhadapan langsung dengan selera masyarakat yang berbeda-beda dan kita harus bisa mencari jalan tengah atas perbedaan tersebut. Kita tidak harus memenuuhi keinginan mereka juga ketika permintaan mereka tidak masuk akal dan jelaskan alasan kita mengapa tidak bisa memenuhi permintaan tersebut.

 

b. Engage Customer dalam Sebuah Challenge atau Give Away

Challenge dilakukan untuk mendapatkan antusias dari customer serta menambah followers. Para customer lama bisa mengajak masyarakat lainnya untuk mem-follow akun bisnis kita dan mengikuti challenge atau give away dengan syarat dan ketentuan yang sudah dipikirkan oleh kita. Lalu apa yang harus kita berikan ke customer sebagai rasa terima kasih kita? Kita bisa memberikan hadiah dari produk atau jasa kita kepada pemenang. Kita juga bisa mewajibkan kepada para pemenang untuk mereview produk serta layanan kita agar bisnis kita mendapatkan real feedback dan diketahui  oleh masyarakat lebih luas.

 

c. Menyediakan Trending Content

Siapa yang tidak heran dengan istilah ini? Banyak pelaku bisnis yang menerapkan hal seperti ini dalam beberapa waktu terakhir. Seperti penyesuaian feed social media dengan produk kita (vintage, pastel, black and white, retro, dan lain-lain), kita bisa membuat video dengan tampilan visual yang menarik, pengambilan foto yang eye-catching, bisa juga mengikuti tren seperti membuat video di tiktok dengan isi “How to Style your Fashion with (nama produk kita)” atau dengan dance dan lagu yang sedang hits. Selanjutnya, bisa juga membuat video atau foto berisi informasi tips and trick membeli suatu barang atau memposisikan suatu barang agar ruangan terlihat lebih lega dan estetik. Lalu, bisa juga menjelaskan bagaimana cara mendaur ulang kemasan kita jika kemasan kita bisa di recycle karena belakangan ini banyak online shop maupun perusahaan besar melakukan marketing green campaign.

5. Mendapatkan Kepercayaan dari Customer

photo by dribbble

photo by dribbble via https://dribbble.com

Bagaimana jika kita sudah mengimplementasikan Service Marketing dengan baik? Maka konsumen akan merasa bahwa bisnis kita terpercaya karena sudah bersedia untuk membangun good relationship  kepada customer, tidak ada hal yang disembunyikan, serta mendengarkan semua keluhan dan menyelesaikannya dengan baik.

Bagaimana pendapat kalian setelah mengetahui dampak dari service marketing? Sangat menguntungkan kan meskipun harus membutuhkan extra effort? Saya, selaku penulis artikel berharap jika kalian mempunyai bisnis suatu saat nanti bisa mengimplementasikan Service Marketing dengan baik supaya dalam bisnis terjadi win-win solution di mana tidak ada pihak (pelaku bisnis dan customer) yang dirugikan. 

(Raden Roro Ailsa Shafira Maheswari, Mahasiswa Manajemen Kelas Internasional FEB UNSOED 2018)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE