Negara sekuler adalah negara yang memisahkan Pemerintah dengan Agama. Tepatnya Sekularisme atau sekulerisme dalam penggunaan masa kini secara garis besar adalah sebuah ideologi yang menyatakan bahwa sebuah institusi atau badan negara harus berdiri terpisah dari agama atau kepercayaan.

Menjadi negara sekuler bukan berarti menjadi tidak beragama, tetapi mereka hanya ingin agar agama tidak campur tangan dalam hal pemerintahan. Mayoritas negara di dunia ini adalah negara sekuler dan juga ada beberapa negara mayoritas Islam yang sekuler. Maka dari itu saya hari ini akan menulis tentang 5 Negara Mayoritas Islam yang Sekuler.

Biasanya banyak negara mayoritas Islam menjadikan agama dan pemerintahaan bersatu, tetapi ternyata masih banyak negara mayoritas Islam yang menjadi sekuler.

1. Turki

Erdogan

Erdogan via http://google.com

Negara pertama adalah Turki.Turki adalah negara yang terletak di perbatasan Eropa – Asia. Mungkin juga negara ini adalah negara mayoritas Islam yang paling terkenal akan sekularismenya.

Advertisement

Sekularisme di Turki pertama kali diperkenalkan pada tahun 1928 dalam amandemen Konstitusi 1924 yang membuat Turki resmi menjadi negara sekuler yang sebelumnya membuat Islam menjadi agama negara tersebut. Sekitar 98% Penduduk Turki beragama Islam.Meskipun hampir semua penduduk Turki beragama Islam, mereka sangat menghargai minoritas. Dilansir oleh Geotimes.com,Turki melarang pemakaian simbol agama di publik dan juga sekolah seperti Hijab. Mereka juga melarang ibadah di sekolah negeri

2. Tajikistan

Tajik Girls

Tajik Girls via http://google.com

Selanjutnya ada negara Tajikistan.Tajikistan adalah negara yang terletak di Asia Tengah. Tajikistan juga adalah salah satu negara pecahan Uni Soviet. Tajikistan adalah Negara Sekuler. Dilansir oleh Republika Meski Muslim merupakan mayoritas, Tajikistan bukanlah negara Islam.

Tajikistan merupakan negara sekuler dengan jaminan kebebasan beragama dalam konstitusinya. Sebagai negara sekuler, penguasa Tajikistan kerap berlaku "paranoid" terhadap Islam. Bahkan yang cukup mengagetkan saya adalah mereka melarang penggunaan hijab para warganya dan juga melarang warganya untuk berjenggot padahal 96% Penduduk Tajikistan beragama Islam.

3. Niger

Niger Muslims

Niger Muslims via http://google.com

Advertisement

Selanjutnya ada negara Niger. Niger adalah negara yang terletak di Afrika Barat.Niger adalah negara tetangga dari Nigeria. Niger menjadi negara paling religius di dunia menurut Gallup. Meskipun begitu tercatat di Wikipedia bahwa Niger adalah negara Sekuler. Sekitar 80% penduduk Niger beragama Islam.

4. Azerbaijan

Azeri Demo

Azeri Demo via http://google.com

Balik lagi ke tanah perbatasan.Azerbaijan adalah negara yang terletak di daerah Transcaucasia atau Perbatasan Eropa–Asia. Azerbaijan adalah salah satu negara pecahan Uni Soviet. Tercatat bahwa Azerbaijan adalah negara sekuler dan juga gue sempat membaca bahwa Azerbaijan adalah negara mayoritas Islam pertama yang menjadi negara sekuler.

Azerbaijan juga adalah salah satu negara mayoritas Islam paling modern.Sekitar 97% penduduk Azerbaijan beragama Islam.Azerbaijan merupakan negara mayoritas Islam paling sekuler di dunia menurut pakar sejarah Islam, Universitas Baku, Altay Goyuhsov.

5. Albania

Albania

Albania via http://google.com

Selanjutnya ada Albania. Albania adalah negara yang terletak di Eropa Tenggara. Islam merupakan agama terbesar di Albania. Pada 2009, sebuah studi demografi Pew Research Center menyebutkan, jumlah Muslim di Albania sebesar 79,9 persen dari populasi atau sekitar 2,5 juta jiwa.

Laporan Internasional kebebasan beragama yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri AS 2009, yang memuat deklarasi tentang kebebasan beragama di Albania menyebutkan, konstitusi di negara memberikan kebebasan beragama, dan undang-undang serta kebijakan lainnya yang telah berkontribusi secara umum pada praktik kebebasan beragama.

Pemerintah secara umum menghormati praktik kebebasan beragama. Hukum di semua tingkatan secara penuh melindungi hak ini dan terhadap penyalahgunaan, baik dilakukan oleh pihak pemerintah maupun swasta. Sikap pemerintah Albania sudah jelas, yaitu sekuler, tidak ada agama resmi negara, semua berkedudukan sama.

https://en.wikipedia.org/wiki/Secular_state#Asia

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya