5 Olahraga Ini Bisa Bantu Pertumbuhan Tinggi Badan, Lho! Cobain di Rumah Yuk~

Memiliki badan yang tinggi sangat diinginkan banyak remaja di masa pertumbuhan mereka. Faktor genetik berperan penting untuk menentukan tinggi badan. Namun bagi mereka yang tidak memiliki faktor genetik tersebut, jangan merasa khawatir atau kecewa. Dengan rajin berolahraga dan melengkapi pola makan yang sehat dan teratur dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tinggi badan.

Puncak usia pertumbuhan pada pria terjadi pada usia 12 tahun hingga 15 tahun. Lalu masih akan terus bertamabh sedikit hingga usia 18 tahun. Sedangkan pada wanita ada di rentang usia 14 tahun hingga 15 tahun. Puncak pertumbuhan wanita dimulai beberapa tahun setelah masa menstruasi. Tak berbeda jauh dengan pria, wanita pun kebanyakan berhenti tumbuh tinggi badan di usia 18 tahun. Berikut ini ada olahraga yang bisa membantu menambah tinggi badan yang bisa kalian lakukan sendirian maupun bersama sama:

Advertisement

1. Basket

Photo by Liga Olahraga

Photo by Liga Olahraga via https://www.ligaolahraga.com

Yang pertama ada basket, olahraga ini mengutamakan permainan berlari dan melompat. Gerakan yang dilakukan dinilai cukup efektif. Lantaran adanya kombinasi antara lari dan lompat menstimulosasi kerja otot kaki dan tulang belakang. Sehingga memberikan serangkaian guncangan, yang menyebabkan banyanknhya aliran darah yang masuk ke dalam lempeng tersebut.

Ketika bermain basket, seorang atlet harus melompat sepanjang waktu untuk melempar bola, mengambil bola dari lawan, serta slam dunk. Sehingga loncatan konstan ini mebuat anda terbang secara vertikal di udara. Hal inilah yang menyebabkan otot dan tulang tumbuh lebih tinggi.

Advertisement

2. Berenang

Photo by Jim De Ramos from Pexels

Photo by Jim De Ramos from Pexels via https://www.pexels.com

Berenang dapat membantu pembentukan dan memperkuat tulang belakang untuk mencapai postur tubuh yang diinginkan. Ketika berenang seluruh otot akan mengalami banyak pergerakan. Karena bergerak di dalam air akan membutuh tenaga yang lebih ekstra dibandingkan bergerak di udara.

Meski demikian, dari beberapa gerakan tidak ada yang diklaim lebih efektif untuk menambah tinggi badan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal seperti yang diinginkan, berenang dapat dilakukan secara rutin 4 kali dalam sepekan.

3. Bersepeda

Photo by Health Detik

Photo by Health Detik via https://health.detik.com

Selain meningkatkan stamina tubuh dan menambah tinggi badan, bersepeda membuat bagian tubuh bagian bawah dikenakan porsi yang lebih berat. Sehingga hal ini meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang sistem pertumbuhan.

Bersepeda juga membantu paru-paru bekerja keras memasok darah yang kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh melalui syaraf. Gerakan yang fokus pada tulang otot dan tulang kaki, hal ini yang memicu pertumbuhan.

4. Yoga

Photo by IDN Times

Photo by IDN Times via https://www.idntimes.com

Olahraga satu ini dapat mempercepat tinggi badan dengan gerakan sederhana saja. Berbagai gerakan yoga bertujuan untuk memanjangkan dan meregangkan tubuh ketika memutar otot dan tulang.

Sejumlah gerakan yoga berikut membantu postur tubuh tetap ideal, seperti gerakan Cat cow, High plank, Downroad facing dog, Mountain pose, Tree pose, Triangle pose dan masih ada gerakan yoga lainnya yang mampu membetulkan postur tubuh dan menambah tinggi badan.

5. Workout

Photo by Jonathan Borba from Pexels

Photo by Jonathan Borba from Pexels via https://www.pexels.com

Kegiatan workout dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Terdir dari beberapa macam gerakan yang berguna untuk membantu pertambahan tinggi badan. Hampir serupa dengan yoga, namun gerakannya yang membutuhkan keseimbangan tubuh, kekuatan persendian otot dan nafas yang teratur.

Beberapa gerakan yang biasanya dilakukan sebagai berikut :

  • Pull up (Bergelantung), membantu dan memanjangkan tulang belakang. Cara terbaik untuk melakukannya adalah setiap 10 menit per hari sebanyak 10 kali.
  • Skipping (Lompat Tali), cara yang paling mudah untuk mempercepat tambahnhya tinggi badan. Gerakan yang mengharuskan untuk melompat secara terus menerus menggunakan tubuh di udara. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE