5 Pelajaran Finansial Akibat Covid-19, Nampol Bos!

Saat ini pandemic covid-19 sangat membuat ekonomi di Indonesia porak poranda

Sudah tiga bulan lebih Indonesia dihantam oleh virus corona semenjak adanya kasus pertama kali di bulan Maret yang lalu. Dari sisi ekonomi rupiah jebol hingga Rp 15.000,- per dolar, apalagi saham sudah pasti merah, banyak karyawan yang sudah dirumahkan dan bekerja dari rumah, bahkan tak sedikit juga yang terkena PHK dadakan. Sesuatu yang sangat jarang terjadi tiba-tiba datang tak terduga tanpa mengetuk pintu, selain kesehatan tubuh ada juga kesehatan dompet yang perlu dijaga. Berikut pelajaran berharga tentang keuangan akibat corona ini.

Advertisement

1. Tabungan

picture by instagram.com @jouska_id

picture by instagram.com @jouska_id via https://www.instagram.com

​​​​​Dengan adanya covid-19 ini banyak kejadian tak terduga. Salah satu contohnya PHK dadakan, potongan gaji yang tak terduga, dan keadaan ekonomi yang sulit. Sehingga banyak yang baru menyadari bahwa tabungan itu penting sekali, bagi yang memiliki tabungan ceritanya mungkin akan lebih sedikit bahagia berbeda karena tertolong oleh si tabungan ajaib ini, dan dari sisi lain yang tidak memiliki tabungan sama sekali kalian boleh bersedih akan tetapi jangan sampai menyerah. Jadi lain kali alangkah baiknya menyiapkan tabungan dengan menyisihkan gaji ataupun pendapatan lainnya dan menurunkan gaya hidup menjadi lebih sederhana.

2. Hemat

picture by instagram.com @jouska_id

picture by instagram.com @jouska_id via https://www.instagram.com

​​​​​Hemat itu wajib sekali hukumnya, kecuali kamu sudah super tajir! Dengan berhemat kita akan mengurangi pengeluaran yang tidak penting, tanpa disadari kita seringkali membeli barang yang tidak penting dan akhirnya tidak terpakai dan kemudian terbengkalai begitu saja karena memang gak butuh barang tersebut. Ayo coba cek lagi yang suka khilaf beli online shop. Lain kali baiknya kalian membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan dan tidak “di butuh-butuhkan”. Tipsnya mudah yaitu buat list apa saja yang kalian butuhkan lalu prioritaskan yang paling butuh, dengan begitu manajemen pengelolaan barang-barang kalian akan lebih tertata.

Advertisement

3. Membuat Pos-Pos Keuangan

picture by instagram.com @jouska_id

picture by instagram.com @jouska_id via https://instagram.com

Sama halnya dengan budgeting, pos keuangan ini digunakan untuk mempermudah memanjemen uang dari hasil pendapatan kalian. Caranya mudah sekali yaitu bisa menggunakan metode 50:30:20 yaitu 50% pendapatan total kalia gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk tabungan, 20% untuk keinginan dan donasi. Nah dari situ kalian jabarkan lagi 50% tadi kalian bagi untuk pengeluaran makan, listirik, air, dsb. Intinya untuk kebutuhan primer kalian. 30% bisa kalian gunakan untuk menabung emas, reksadana, dan saham ataupun tabungan masa depan. 20% bisa kalian gunakan untuk donasi, memberi orang tua, atau membeli barang yang sudah kalain wishlist tadi.

4. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

picture by instagram.com @jouska_id

picture by instagram.com @jouska_id via https://www.instagram.com

Banyak sekali orang yang belum melakukan hal ini, padahal jika dilakukan juga dampak yang didapat bagus sekali karena kita tahu uang kita digunakan untuk apa saja, dengan mengatahui hal tersebut me-manage uang akan lebih mudah sehingga keuangan tidak mudah bocor kemana-mana. Caranya bagaimana tiap melakukan transaksi jangan lupa untuk dicatat, sekalipun untuk memberi uang parkir tetap dicatat, untuk mencatat kalian bisa gunakan notes dari smartphone atau aplikasi finansial yang bisa kalian dapatkan di Playstore atau Appstore.

5. Kerja lebih keras!

picture by instagram.com @jouska_id

picture by instagram.com @jouska_id via https://www.instagram.com

Tidak hanya bekerja keras akan tetapi juga diikuti kerja tuntas, ikhlas, dan jujur dengan begitu kita akan lebih survive daripada mengeluh tidak jelas. Karena di saat seperti ini kita akan terpepet maka ide-ide kreatif justru bisa muncul dan menjadi peluang bisnis di masa pandemi seperti ini. Selama pandemi ini jalani saja apapun pekerjannya supaya tetap survive nanti setelah keadaan pulih bisa memulai pekerjaan seperti biasanya, kalian tidak akan rugi melakukan ini karena selain mendapat penghasilan akan mendapat pelajaran yang berharga juga.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE