Coworking spaces dapat menjadi suatu tempat yang menginspirasi untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Beberapa startup juga diketahui berkembang melalui coworking spaces hingga menjadi perusahaan besar dan terkenal. (Menariknya, banyak dari perusahaan yang sudah mapan juga memasukkan beberapa tim ke fasilitas coworking spaces untuk menikmati keuntungan seperti yang didapatkan oleh startup.)

Berikut lima perusahaan ternama yang dimulai dari coworking spaces. Semoga kisah mereka dapat menginspirasi Anda untuk untuk berkembang menjadi lebih baik.

1. Uber

Hampir semua orang pernah mendengar Uber, sebuah startup dengan konsep ridesharing yang saat ini dihargai 70 juta dollar. Namun, mungkin Anda belum pernah mendengar bahwa perkembangan Uber, sebagian besar dimulai dari The Yard, sebuah coworking space di New York, dan RocketSpace, fasilitas coworking di San Fransisco.

2. Instagram

Instagram dimulai dari Dogpatch Labs, coworking space di San Fransisco. Walaupun pada akhirnya perusahaan tersebut menjadi terlalu besar bagi fasilitas coworking dengan sangat cepat, semangat dan energi yang dihasilkan oleh komunitas Dogpatch menginspirasi Instagram hingga Instagram menjadi bagian dari Facebook

3. Zip Recruiter

Advertisement

Zip Recruiter via https://www.ziprecruiter.com

ZipRecruiter memulai dari Coloft, sebuah coworking space di California yang berhenti beroperasi pada 2016. Sejak saat itu, ZipRecruiter terus berkembang dengan sangat cepat hingga memiliki tempatnya sendiri di Santa Monica.

4. Timehop

Timehop via https://timehop.com

Jika Anda salah satu pengguna Facebook, maka besar kemungkinan Anda sudah menggunakan Timehop, salah satu aplikasi nostalgia yang membuat user dapat membagikan memori lama, status, gambar, dan update lainnya kepada jaringan yang dimiliki user. Perjalanan Timehop dimulai dari New York City, sebuah coworking space yang sebelumnya terletak di jantung Manhattan.

5. Indiegogo

Situs pengumpul dana Indiegogo adalah salah satu perusahaan yang diketahui berasal dari fasilitas coworking. Di tahun 2014, Indiegogo menutup ronde Series B-nya dengan total dana 40 juta dollar. Saat ini, Indiegogo adalah salah satu platform crowdfunding terbesar di dunia. Ironisnya, situs ini digunakan untuk membiayai beberapa perusahaan yang ada di fasilitas coworking itu sendiri.