5 Rekomendasi Desain Taman Rooftop

ide desain taman rooftop

Sebelum terkenal di Indonesia seperti sekarang, bangunan atau hunian yang punya rooftop biasanya banyak di negara-negara yang warganya tinggal di apartemen atau bangunan tinggi. Kota New York di Amerika Serikat adalah salah satu daerah yang terkenal dengan rooftop-nya. 

Kalau kalian sering nonton film yang berlatar di New York dan karakternya tinggal di apartemen yang keren dan ada rooftop-nya. Di rooftop itu dia seru-seruan bareng teman-temannya atau menghabiskan malam romantis sama pasangannya, so sweet! 

Nah, dengan tren desain yang berkembang dan referensi kultur pop itu, masyarakat Indonesia yang tinggal di kota besar mulai ingin bisa punya rooftop juga. Emang nggak bisa bohong, punya rooftop, tuh, seru banget soalnya. 

Kalian bisa duduk-duduk santai dan ngobrol bareng keluarga, teman, atau pasangan. Nikmatin ademnya sore hari atau lampu-lampu kota waktu malam, bikin taman buat nyalurin hobi berkebun, atau bahkan jadi spot buat barbeque-an rame-rame. 

Sayangnya, nggak semua rumah atau apartemen bisa punya area buat taman rooftop. Buat kamu yang cukup beruntung dan lagi mau menyulap area kosong di lantai dua atau tiga rumahmu buat jadi rooftop, Dekoruma punya lima rekomendasi desain taman rooftop yang menarik.

Advertisement

1. Serasa sultan di rumah sendiri! Punya fasilitas ala hotel bintang lima di rumah dengan pasang jacuzzi di Rooftop

Sumber: Time Out

Sumber: Time Out via https://www.timeout.com

Kamu pernah menginap di hotel bintang lima yang punya fasilitas jacuzzi di rooftop-nya, kenapa nggak bawa pengalaman itu ke rumah? Kamu dan keluarga bisa me-time dan relaksasi di rooftop jacuzzi kalian sendiri. Kalian juga bisa pasang lounge chair dan payung buat jadi area duduk-duduk sebelum atau sesudah berendam.

Kalau rooftop rumahmu berdempetan sama tetangga dan bisa kelihatan dari rumah mereka, jangan lupa untuk kasih penutup supaya lebih privat, ya. Bisa pakai partisi atau dinding tanaman supaya lebih asri. 

Advertisement

2. Dikelilingi Beragam Tanaman yang Asri Waktu di Rooftop. Taman Rooftop Jadi Spot Me-Time Favorit di Rumah

Sumber: Pandubb

Sumber: Pandubb via https://pandubb.com

Beberapa orang bilang kalau rooftop itu pada dasarnya adalah halaman buat mereka yang tidak punya halaman di rumahnya. Jadi, kamu bisa banget menyalurkan hobi berkebun di rooftop. Karena masih dapat sinar matahari langsung, kamu punya lebih banyak pilihan buat menanam bunga atau tanaman yang paling disukai.

Waktu tanamannya udah tumbuh subur, kamu bisa pasang bangku atau outdoor sofa minimalis yang nyaman, beserta meja juga. Di situ bisa jadi spot kamu buat me-time, deh, buat belajar, kerja, cari suasana baru, olahraga, atau ngapain aja. 

3. Tempat spesial untuk kumpul bareng keluarga. Spot barbeque akhir pekan di dapur rooftop

Advertisement
Sumber: Northern Virginia Mag

Sumber: Northern Virginia Mag via https://northernvirginiamag.com

Bagi keluarga yang tinggal di rumah dengan halaman belakang yang luas, halaman belakang jadi tempat mereka buat barbeque-an dan makan-makan. Nah, buat kamu yang punya rooftop, area ini bisa juga dijadikan outdoor kitchen untuk acara-acara spesial.

Kamu bisa pasang mesin pemanggang, kitchen set mini, kulkas, meja makan, kursi, atau bar kalau ada anggota keluarga yang minum minuman beralkohol. Spot ini bakal jadi tempat favorit buat kumpul keluarga di akhir pekan.

4. Nggak punya halaman di rumah? Bukan masalah! Sulap rooftop rumah jadi vertical garden

Sumber: Architecturein

Sumber: Architecturein via https://architecturein.com

Area taman rooftop nggak bisa dibikin terlalu luas? Bukan masalah! Isu soal kurangnya lahan atau ruang di rooftop untuk menanam tanaman bisa diakali dengan vertical garden. Pada dasarnya, kamu cuma perlu satu dinding buat membangun vertical garden idaman. 

Posisinya yang berada di luar ruangan dan bagian atas juga bikin tanaman yang dipelihara bisa dapat cahaya matahari yang optimal. Buat vertical garden, perbanyak tanaman merambat untuk dapat suasana daun-daun yang menjuntai dengan indah.

5. Serasa di film-film dan romantis banget! Nonton film kesukaanmu di suasana terbuka dengan rooftop theatre di rumah

Sumber: Home My Design

Sumber: Home My Design via https://homemydesign.com

Buat kamu pecinta film komedi romantis, pasti udah nggak asing lagi sama peruntukan rooftop yang satu ini. Mungkin ini salah satu bucket list kamu yang sebenarnya relatif gampang buat direalisasikan. 

Kamu tinggal pasang proyektor dan layar, taruh karpet,  beberapa bangku, bantal sofa, dan bean bag yang empuk, dan mungkin kanopi supaya enggak basah ketika hujan. Setelah sudah jadi, kamu tinggal setel film favoritmu di Netflix dan nikmatin suasananya bareng teman-teman, pasangan, orangtua, atau orang-orang terdekat lainnya. 

Itulah lima rekomendasi desain taman rooftop yang bisa kalian realisasikan buat membangun rooftop di rumah. Membangun rooftop sendiri gampang-gampang susah dan sebaiknya diserahkan ke tangan profesional jasa desain rumah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE