5 Rekomendasi Gunung di Jawa Timur yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Wajib coba buat kamu yang punya hobi naik gunung!

Provinsi dengan ibukota Surabaya ini memang menjadi destinasi yang selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki. Tidak heran, karena hampir disetiap kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur memiliki gunung-gunung yang gagah memesona. Gunung yang terkenal diantaranya Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Mahameru atau Gunung Lawu yang selalu padat pendaki setiap harinya.

Selain gunung-gunung yang tinggi, juga terdapat gunung dengan ketinggian kurang dari 3.000 mdpl yang tidak kalah menarik dan indah. Buat kalian para pendaki pemula atau pendaki yang sekedar tektok, beberapa rekomendasi gunung dibawah ini patut buat dikunjungi.

Advertisement

1. Gunung Ijen

 Photo by Maxime LEVREL from Pexels

Photo by Maxime LEVREL from Pexels via https://www.pexels.com

Gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini memiliki ketinggian 2.368 mdpl. Gunung yang memiliki daya tarik berupa blue fire ini sudah sangat terkenal hingga mancanegara. Bukan hanya menyaksikan blue fire, di gunung ini kamu juga bisa memikmati indahnya  sunrise dari puncaknya.

Untuk kalian yang penasaran untuk melihat blue fire Gunung Ijen, sebaiknya kalian mendaki pada malam hari. Karena blue fire hanya dapat dilihat sebelum matahari terbit.

Advertisement

2. Gunung Kelud

Photo by Tusik Only on Unsplash

Photo by Tusik Only on Unsplash via https://unsplash.com

Gunung ini berada di perbatasan Malang, Kediri dan Blitar. Gunung Kelud termasuk memiliki ketinggian rendah hanya 1.731 mdpl. Meski begitu, gunung ini menawarkan pemandangan kawah yang berwarna hijau toska yang menawan. Selain itu, juga terdapat pemandian air panas yang patut banget buat dicoba, lho.

3. Gunung Penaggungan

Photo by Harman Abiwardani on Unsplash

Photo by Harman Abiwardani on Unsplash via https://unsplash.com

Gunung Penanggungan masih satu klaster dengan Gunung Arjuno Welirang. Meski tingginya hanya 1.653 mdpl, gunung ini cukup popular dikalangan para pendaki. Sepanjang lereng gunung ini dapat ditemukan situs bersejarah berupa candi-candi. Selain itu, di kaki gunung juga terdapat pemandian Raja Airlangga yang patut dikunjungi karena airnya yang jernih dan segar.

4. Gunung Butak

Photo by Dimas Arya on Unsplash

Photo by Dimas Arya on Unsplash via https://unsplash.com

Gunung dengan ketinggian 2.868 mdpl ini memiliki padang savana yang indah. Dari puncaknya kamu juga bisa memandang tiga gunung populer di Jawa Timur, seperti Arjuno, Mahameru dan Welirang. Gunung Butak berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Blitar.

Advertisement

5. Gunung Widodaren

Photo by azhar galih on Unsplash

Photo by azhar galih on Unsplash via https://unsplash.com

Gunung ini terletak berdekatan dengan Gunung Bromo dan semeru. Gunung dengan ketinggian 2.614 mdpl ini cocok untuk didaki bagi para fotografer karena menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Nah, kira-kira dari kelima gunung diatas, gunung mana saja yang ingin kalian daki atau sudah pernah kalian kunjungi? Tentunya jika kalian pergi mendaki ke gunung manapun, jangan lupa untuk membawa turun kembali sampah kalian.

Ingat mantra naik gunung “Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak. Jangan mengambil apapun kecuali foto”

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Afifah Iftah merupakan sarjana psikologi yang juga menyukai membaca berbagai genre buku dan saat ini sedang mempelajari content writing.

CLOSE