5 Rekomendasi Kuliner Selera Bali di Jogja yang Enak dan Pastinya Halal!

Tiap orang pasti punya selera makan atau kesukaan masing-masing. Ada yang suka pedas, manis, atau cenderung asin. Salah satunya seperti masakan Bali yang memiliki cita rasa pedas dan gurih yang mendominasi. Dengan cita rasa seperti itu, banyak orang yang menjadikan masakan Bali seleranya.

Tak perlu jauh-jauh ke Bali, Yogyakarta juga punya kuliner selera Bali yang menjadi favorit banyak orang. Baik berupa masakan Bali asli hingga perpaduan masakan selera Bali yang lezat. Penasaran kuliner mana saja? Yuk, simak 5 rekomendasi kuliner selera Bali di Jogja yang enak dan halal!

ADVERTISEMENT

1. Ikan Bakar Legian Khas Bali

Photo by @ikanbakarlegian on Instagram

Photo by @ikanbakarlegian on Instagram via https://www.instagram.com

Daerah Bali terkenal dengan olahan ikannya yang mengugah selera. Di Yogyakarta, kamu bisa mencicipi olahan ikan lezat di Ikan Bakar Legian Khas Bali. Restoran seafood khas Bali ini menyediakan berbagai olahan ikan laut, kerang, cumi, dan udang dengan bumbu bakaran pilihan. Yang menjadi unggulan restoran ini adalah ikan bakarnya yang fresh dengan bumbu yang meresap dan benar-benar khas Bali.

Ikan Bakar Legian Khas Bali terletak di Jalan Magelang No.100, Kota Yogyakarta, dan buka dari pukul 11.00 hingga 21.00.

ADVERTISEMENT

2. Sate Ratu

Photo by @sateratu on Instagram

Photo by @sateratu on Instagram via https://www.instagram.com

Berbeda dengan sate yang lain, Sate Ratu menyajikan Sate Ayam Merah dengan cita rasa pedas, manis dan gurih yang sesuai dengan selera Bali. Tidak hanya itu, restoran sate yang selalu ramai pengunjung ini punya menu Lilit Basah. Terinspirasi dari sate lilit asal Bali, Lilit Basah dari Sate Ratu ini diolah dari daging ayam dan dimasak dengan cara dikukus. Penyajiian Lilit Basah bersamaan dengan kuah, irisan mentimun dan bawang goreng yang membuat rasanya semakin enak.

Sate Ratu menempati lokasi Jalan Sidomukti, Tiyasan, Condong catur, Sleman dan buka dari pukul 11.00 hingga 21.00

ADVERTISEMENT

3. Iga Sapi Bali

Photo by @igasapibaliyogyakarta on Instagram

Photo by @igasapibaliyogyakarta on Instagram via https://www.instagram.com

Iga Sapi Bali menyajikan iga bakar sapi dengan bumbu Bali pertama di Yogyakarta. Bumbunya yang meresap dan rasanya yang lezat, membuat restoran ini digemari banyak orang. Tidak hanya iga bakar, restoran ini juga menyajikan aneka masakan khas Bali seperti ayam betutu, bebek goreng Bali hingga plecing kangkong. Porsi sajiannya terbilang besar dan cocok dimakan beramai-ramai dengan keluarga maupun teman.

Iga Sapi Bali terletak di Jalan Umbul Permai, Sariharjo, Ngaglik, dan buka dari pukul 10.00 hingga 21.00

ADVERTISEMENT

4. Warung Makan Khas Bali Putra Mande Jogja

Photo by @javafoodie on Instagram

Photo by @javafoodie on Instagram via https://www.instagram.com

Siapa bilang Jogja tidak punya warung nasi khas Bali? Kamu harus mencoba ke Warung Makan Khas Bali Putra Mande Jogja. Pemilik warung makan ini merupakan orang Bali asli, sehingga cita rasa yang dihasilkan sama dengan selera Bali. Di warung makan ini, kamu bisa mencicipi nasi jinggo, nasi campur Bali, ayam betutu, sate lilit hingga rujak kuah pindang. Selalu ramai dengan anak muda, harga yang ditawarkan pun terjangkau.

Warung Makan Khas Bali Putra Mande Jogja berlokasi di Jalan Namburan Kidul No.10, Kraton, dan buka dari pukul 06.00 hinga 19.00

ADVERTISEMENT

5. Nasi Campur Bali Sakanti

Photo by @nasicampurbalisakanti on Instagram

Photo by @nasicampurbalisakanti on Instagram via https://www.instagram.com

Satu lagi kuliner selera Bali yang harus kamu coba, yaitu Nasi Campur Bali Sakanti. Dijamin halal, warung makan ini menyediakan nasi campur, nasi bongkot, nasi ayam betutu hingga nasi jinggo. Untuk tambahan lauk, kamu bisa mencoba sate sapi, sate lilit ataupun plecing kangkong. Walaupun tempatnya kecil dan sederhana, namun rasa yang disajikan otentik dan lezat. Cocok bagi kamu yang suka dengan masakan khas Bali.

Nasi Campur Bali Sakanti menempati lokasi di Jalan Jaran No.Rt. 03, Tridadi, Sleman, dan buka pukul 08.00 hingga 16.00.

Nah, itu dia 5 rekomendasi kuliner selera Bali yang ada di Jogja! 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Chemistry graduated, content writer freelance

Editor

Penikmat buku dan perjalanan