Siapa yang disini anak kost? Teriaknya mana? Jadwal kuliah lagi padat ya? Sering begadang buat ngerjain tugas? Baru tidur bentar, eh udah subuh aja, jadi nggak makan sahur kan? Sebenarnya sih nyiapin makan sahur itu nggak ribet kok. Bukan masak mie instan lho ya. Kalian akan menghabiskan seharian di kampus, untuk persentasi, kerja di lab, atau sedang menahan emosi saat nunggu dosen. Butuh tenaga banyak tuh. Kalau cuma mie instan mah kurang bisa menghadapi itu semua.

Tenang saja, untuk anak kost yang ingin lepas dengan mie instan dan sedang hijrah untuk melakukan kebiasan baik. Yuk simak menu sederhana ini. Eits.. kalian juga bisa memasaknya di rice cooker loh. Punya kan?

1. Sup Sayur. Masaknya Praktis, Cepat dan Sehat

simple soup sayur

simple soup sayur via https://i.ytimg.com

Di tempat kost kalian ada warung sayur kan? Kalau ada pasti menjaul sayur soup yang sudah dijual dalam satu bungkus plastik. Kalau ada beli aja gih. Murah lagi. Kalo nggak ada tenang simak resep yang satu ini

Advertisement


Bahan

2 buah wortel yang sudah dipotong

3 buah kentang ukuran kecil potong jadi 2

Advertisement

3 buah buncis potong memanjang

5 lembar daun kubis

1 batang seledri iris kecil

1 sendok teh penyedap rasa

Cara membuat :


  • Siapkan sejumlah air di dalam panci, lalu kemudian panaskan, tunggu air mendidih dan masukkan sayur-sayur yang sudah di potong.

  • Masukkan daun seledridan penyedap rasa. Untuk memperkaya isi sayur sop , kalian bisa menambahkan potongan sosis atau bakso


Gampang kan? Soup sayur diatas bisa kalian buat menggunakan rice cooker yang ada dalam kamar kalian. Jadi nggak ada alasan buat males keluar kamar kan?

2. Bubur Manado. Tinggal Masukkan Semua Bahan Di Dalam Rice Cooker

bubur manado

bubur manado via https://resepkoki.id

Resep selanjutnya bisa juga kalian masak menggunakan rice cooker. Siapain dulu yuk bahan-bahannya


Bahan-bahan

Beras 100 gram

Labu potong dadu

Jagung ukuran kecil, serut jagung

Daun bayak 1 mangkok kecil

Duun kangkung 1 mangkuk kecil

jahe 1 cm memarkan

Serai 2 batang memarkan

Bawang putih 2 siung cincang halus

Bawang merah 3 siung cincang halus

Lada halus

Gula Garam

Cara membuat:


  • Maukkan sedikit minyak dalam rice cooker yang telah panas

  • Masukkan Bawang putih, bawang merah, aduk-aduk hingga wangi

  • Masukkan beras, jahe dan serai

  • Masukkan Air dalam rice cooker dalam jumlah banyak

  • Tutup rice cooker, sesekali buka dan aduk

  • Saat setengah jadi bubur masukka labu kuning dan jagung, aduk rata

  • Tutup rice cooker dan tunggu menjadi bubur dan labu menjadi empuk

  • Masukkan gula, garam, dan lada secukupnya, Aduk rata

  • Masukkan bayam dan kangkung tunggu sebentar hingga layu

  • Siap disajikan


Bubur Manado akan menemani sahur kalian dengan kehangatannya.

3. Bibimbap Ala Anak Kost. Berasa Sahur Di Korea

Anak kost yang suka nonton korea pastti tahu makanan ini kan? Dari pada kalian menelan ludah terus waktu melhat drama Korea, mending bikin saja menu Korea ini untuk sahur kalian


Bahan-bahan

Nasi Hangat sesuai selera

Wortel dipotong korek api

Mentimun Potong korek api

Daging kornet secukupnya

Toge sesuai selera

Sambal instan 1 bungkus

telur 1 buah

Cara membuat:


  • Taruh nasi hangat dalam mangkok

  • Susun sayur-sayur dan kornet di atas

  • Tambahkan telur mentah ditenga (selera)

  • Letakkan 1 bungkus sambal, atau sedikit sambal bagi yang tak suka pedas

  • Sajikan

  • Santan bibimbap dengan mengaduk semuanya


Bukannya bibimbap itu nasi campur? Nggak masalah kan kalau nggak punya saus gochujang, minyak wijen, kecap asin dan sebagainya. Kreasi menu ala Korea akan membuat kalian semangat untuk bangun sahur. Kalau digoreng sih bakal jadi nasi goreng. Hihihi

4. Oat Smoothie. Segelas Tapi Nggak Bikin Lapar

Avocado Chocolate Oat Smoothie

Avocado Chocolate Oat Smoothie via http://healingsmoothies.com

Resep yang satu ini bisa kalian buat bagi yang punya blender.


Bahan-bahan

3 sdm Oatmeal

150 ml susu cair low fat

½ buah alpukat

1 sdm cokelat parut

Madu secukupnya

Cara membuat:


  • Masukkan semua bahan dalam blender

  • Sajikan


Mudah banget, kan?

5. Manu Sahur Ala Bule yang Sangat Praktis

Kalau menurut kalian menu-menu sebelumnya masih ribet, nih menu super praktis.


Bahan-bahan

2 lembar selada

3 potong mentimun

2 potong tomat

1 lembar daging asap

1 lembar keju

Cara membuat:


  • Letakkan 1 lembar roti diatas piring

  • Susun selada, mentimun, tomat, daging asap, keju kemudian tutup dengan i lembar roti lagi

  • Sajikan


Teruntuk kalian yang sedang jauh dari rumah, apapun yang sedang kalian lakukan, bagaimanapun kondisinya. Tetap semangat ya.. Selamat berpuasa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya